22 Cara Mengetahui WA Disadap, Penyebab dan Cara Mengatasi

Cara Mengetahui WA Yang Disadap Dengan Mudah 2022 Beserta Penyebab dan Cara Mengatasinya – Seiring kemajuan teknologi yang memanjakan manusia tentunya tindak kejahatan dan kriminalitas akan semakin banyak juga, tidak hanya kejahatan di dunia nyata, melainkan tindak kejahatan di dunia maya kerap terjadi. Banyak oknum yang memanfaatkan teknologi untuk melakukan tindakan kriminalitas di dunia maya seperti, pencurian data, penipuan, sampai yang heboh belakangan ini skema trading.

Tindak kejahatan dan kriminalitas dunia maya memang tidak bisa kita pungkiri, semua yang berbau media sosial pasti ada saja oknum yang melakukan peretasan dan pencurian data. Contohnya saja aplikasi komunikasi yang sangat populer saat ini yaitu whatsapp. Aplikasi komunikasi ini banyak diretas atau disadap untuk kepentingan pribadi atau kelompok yang sangat merugikan korban.

Cara Mengetahui Whatsapp Yang Disadap Dengan Mudah 2022 Beserta Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pemicu dan Penyebab Sadap WA

Untuk menghindari hal tersebut tentunya kamu harus tau penyebab kenapa WA kamu bisa disadap, ada beberapa penyebab umum yang bisa menjadi pemicu adanya tindakan sadap WA, antara lain:

1. Kurangnya Kewaspadaan

Kurangnya waspada menjadi penyebab utama kemungkinan kamu yang suka lupa menaruh hp sembarangan, hati-hati! Hal ini bisa menjadi penyebab data kamu diketahui orang lain dengan cara sadap WA. jika kamu bepergian usahakan hp selalu kamu taruh di saku atau tas yang kamu bawa.

2. Kurang Pengamanan Pada HP / Smartphone

Yang kedua mungkin hp kamu terlalu polos dan tidak berisi sandi atau PIN yang menguatkan privasi data kamu. Oleh karena itu gunakan sandi atau PIN yang hanya kamu yang mengetahuinya, hindari juga menggunakan PIN atau sandi yang umum seperti, Nama depan, Tanggal lahir, dan lain sebagainya.

3. Tidak Mengaktifkan Fitur Privasi 2 Langkah

Kesalahan berikutnya adalah kamu tidak mengaktifkan fitur privasi 2 langkah, apa itu fitur privasi 2 langkah? Fitur ini memungkinkan kamu untuk men private double WA kamu. Jika ada yang membuka WA kamu secara diam-diam, dia harus memasukan kode privasi 2 langkah yang sudah kamu settings.

4. Sandi atau PIN Pengaman Yang Monoton

Jika kamu menggunakan sandi, pola, PIN sebagai pengaman aplikasi WA kamu, sebaiknya kamu menggantinya secara berkala, misalnya setiap 3 bulan sekali atau bisa langsung ganti jika ada yang mengetahui kode pengaman mu.

5. Menggunakan Sandi Yang Terlalu Mudah

Menggunakan sandi yang gampang diketahui orang lain merupakan kesalahan fatal yang kamu lakukan di aplikasi WA. Semisal kamu menggunakan kode PIN 123456, tentunya akan sangat mudah diketahui orang lain. Oleh karena itu gunakan gabungan huruf, angka, simbol untuk membuat kode atau sandi, agar data-data mu tersimpan dengan aman.

6. Sandi WA Sama Dengan Sandi Media Lainnya

Hal ini merupakan salah satu penyebab paling banyak yang terjadi di kalangan pengguna WA, pasalnya banyak yang menggunakan sandi atau kode masuk WA yang sama dengan sandi aplikasi lain seperti facebook atau instagram. Jika kamu menggunakan media sosial lebih dari satu, usahakan kamu membuat catatan sandi dalam bentuk soft copy atau hard copy yang memungkinkan kamu simpan di dompet, catatan ini kamu buat untuk menghindari lupa password di kemudian hari.

7. Password Buka Hp Sama Dengan Password Buka WA

Kadang saat kita membuka pola atau PIN hp ada yang melihat secara tidak sengaja. Oleh karena itu jika kamu membuat sandi WA, Facebook, Instagram usahakan tidak sama dengan sandi saat pertama kali membuka hp.

Di atas kamu sudah mengetahui penyebab umum adanya kasus sadap WA. Penyebab utama yaitu dalam hal keamanan.

Cara Mengetahui WA Disadap

Lalu bagaimana Cara Kita Mengetahui WA Kita Telah Disadap? Berikut Penjelasannya:

1. Menerima Pesan Kode OTP

Jika kamu secara tiba-tiba menerima kode OTP lewat SMS atau media lainnya, berarti ada oknum yang ingin akses WA kamu. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa melakukan langkah berikut:

  • Pertama, buka aplikasi WA
  • Masuk ke menu pilihan menu di pojok kanan atas
  • Klik “Perangkat yang tertaut”
  • Kemudian jika ada keterangan perangkat yang login tanpa kamu ketahui langsung tekan dan keluarkan
  • Cek perangkat yang tertaut mu secara berkala untuk menghindari kasus sadap WA

2. Konsumsi Baterai Dari WA Meningkat

Kekuatan baterai dari setiap aplikasi juga patut kamu perhatikan. Jika WA menempati urutan paling atas dalam menghabiskan baterai, kamu perlu waspada dan cek WA kamu apakah aman. Cara ceknya kamu bisa cek perangkat yang tertaut.

3. Ada Pesan Yang Terbaca atau Dibalas Secara Otomatis

Tanda yang paling kelihatan jika WA disadap adalah terdapat pesan yang dibuka dan dibalas secara otomatis. Jika kamu mengalami hal ini, langkah pertama yang kamu lakukan adalah mengeluarkan perangkat yang berhasil tertaut di hp kamu. Kedua buat pesan siaran di media sosial yang kamu punya untuk menghindari hal yang tidak kamu inginkan.

4. Kamu Tidak Bisa Login.

Kalau sudah ke tahap kamu tidak bisa login, berarti WA kamu sudah secara penuh di kendalikan orang lain tanpa sepengetahuan kamu. Untuk menghindari hal ini kamu bisa membuat pesan siaran di media sosial yang kamu punya.

5. Gagal Melakukan Berbagai Aktivitas di WA

Karena WA kamu dikendalikan orang lain, secara langsung kamu tidak akan bisa melakukan kegiatan di WA seperti biasanya dengan lancar, seperti video call, panggilan suara, dan lain sebagainya.

6. Mendapat Notifikasi Aneh

Banyak pengguna WA yang mengeluhkan karena menerima notifikasi yang aneh dan tidak jelas seperti, “Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di Whatsapp” Karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Untuk menghindari hal ini, kamu harus rajin cek perangkat yang tertaut di WA kamu serta      perbarui sandi secara berkala.

Itulah beberapa tanda-tanda jika WhatsApp mu dengan disadap oleh seseorang atau pacarmu. Jika sudah terlanjur dibajak atau sadap ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Cara Mengetahui dan Mengatasi WA Disadap

Untuk mengatasi WA disadap ada beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan antara lain:

1. Buat Sandi Dengan Gabungan Huruf, Angka, Simbol

Hal yang pertama kamu bisa lakukan adalah dengan membuat sandi yang rumit dan hanya kau yang tahu. Untuk membuat sandi WA kamu harus menggabungkan angka, huruf, atau simbol agar sandi yang kamu gunakan susah ditebak orang lain.

2. Selalu Waspada dan Perbarui Sandi Secara Berkala

Pencegahan selanjutnya adalah, pastikan selalu waspada saat membuka WA di keramaian bisa saja ada orang yang tidak sengaja mengetahui sandi masuk WA kamu. Disamping itu juga lakukan pembaruan sandi secara berkala misalnya setiap 3-4 bulan sekali.

3. Hindari Membuat Sandi Yang Sama

Agar sandi yang kamu gunakan tidak mudah diketahui, hindari menggunakan sandi yang sama dengan sandi media sosial lain. Misalnya sandi facebook, sandi facebook bisa saja diketahui orang lain melalui virus yang dibawa iklan, oleh karena itu hindari menggunakan  sandi yang sama.

4. Gunakan Verifikasi Dua Langkah

Untuk menjaga privasi dan keamanan WA kamu, kamu bisa memanfaatkan fitur privasi dua langkah yang telah disediakan WA dengan cara:

  • Langkah pertama, Buka WA
  • Tekan tanda titik 3 di sebelah kanan atas
  • Klik “Pengaturan”
  • Kemudian klik “Akun”
  • Enable dan masukkan enam kode rahasia yang kamu yang tahu

5. Gunakan Sidik Jari

Jika kamu menggunakan hp yang berisi sidik jari kemungkinan untuk meretas WA kamu sangat susah, karena akses masuk WA harus menggunakan sidik jari yang sesuai dengan pengaturan awal. Berikut cara yang bisa kamu ikuti:

  • Langkah pertama, Buka WA
  • Tekan tanda titik tiga di sebelah kanan atas
  • Klik “Pengaturan”
  • Pilih “privasi” kemudian klik “Sidik Jari” dan langsung aktifkan

6. Keluar Dari WA Web

Cara berikutnya adalah dengan keluar dari perangkat yang tertaut kamu bisa melakukannya langsung di WA dengan cara:

  • Langkah pertama, Buka WA
  • Tekan tanda titik tiga disebelah kanan atas
  • Klik “Perangkat yang tertaut”
  • Kemudian jika ada keterangan perangkat yang login tanpa kamu ketahui langsung tekan dan keluarkan

7. Nonaktifkan Akun WA

Cara ini bisa kamu gunakan jika WA kamu sudah tidak bisa kamu pakai lagi atau sudah dalam kendali oknum lain. Kamu bisa menonaktifkannya secara permanen atau sementara sesuai dengan kondisi WA mu saat ini.

8. Hindari Memasukkan Data Pribadi Ke Link Yang Tidak Jelas

Mungkin kamu sering melakukan aktivitas download software yang ilegal, biasanya akan diminta memasukkan data pribadi, hindari memasukkan data seperti nomor WA, password media sosial, NIK, atau data penting lainnya.

9. Install Ulang WA

Jika WA yang kamu gunakan telah di sadap kamu bisa langsung install ulang WA mu, dengan catatan semua data WA kamu akan hilang. Caranya cukup mudah yaitu:

  • Masuk ke menu pengaturan hp kamu
  • Klik “Aplikasi terinstal”
  • Scroll sampai ketemu WA
  • Kemudian tekan lama sampai dibawa ke halaman berikutnya
  • Kemudian hapus ruang
  • Secara otomatis data WA kamu akan hilang dan kembali seperti pertama di download
  • Sebelum melakukan langkah ini pastikan kamu sudah mencadangkan chat agar pesan bisa kamu pulihkan.

Baca Juga : 10 Cara Hapus Akun WhatsApp Permanen Terbaru 2022

Demikian beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi WA yang disadap, pastikan semua data media sosial kamu selalu terjaga untuk menghindari pencurian data diri atau data penting yang kamu punya.

Rata-rata sadap menyadap terjadi pada orang yang berpacaran, tidak adanya atau berkurang rasa kepercayaan.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin