Tidak Ribet! Inilah Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Tokopedia

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Tokopedia

Tidak Ribet! Inilah Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Tokopedia – Kesehatan memang selalu diperhitungkan yang utama. Anda bisa memanfaatkan penggunaan BPJS kesehatan jika ingin berobat. Namun, jangan lupa cara bayar BPJS kesehatan lewat Tokopedia.

Zaman sekarang apa-apa sudah jauh lebih canggih. Sehingga Anda bisa membayar BPJS kesehatan melalui online. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pembayaran BPJS kesehatan via online.

Salah satunya dengan memanfaatkan penggunaan Tokopedia. Namun, masih banyak yang bertanya-tanya cara bayar BPJS kesehatan lewat Tokopedia, terutama mereka yang masih awam menggunakan aplikasi e-comerce ini.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Tokopedia Paling Mudah

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Tokopedia

Sejatinya jika Anda sudah terbiasa mengolah aplikasi belanja yang satu inii maka tidak akan merasa kesulitan meski membayar tagihan BPJS. Hal ini sudah dipastikan Anda begitu familiar dengan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya.

Akan tetapi, bagi beberapa yang masih bingung tidak perlu khawatir. Kami merekomendasikan artikel ini sebab ada bahasan bagaimana cara bayar BPJS kesehatan lewat Tokopedia. Pastinya mudah, aman, dan cepat.

Apa itu BPJS Kesehatan?

BPJS Kesehatan atau yang biasa kita kenal dengan Badan Pelayanan Jaminan Sosial Kesehatan ini termasuk dalam layanan social yang akan menjamin kesehatan pemiliknya melalui pemerintah Indonesia.

Seperti yang kita tahu, kesehatan merupakan segala-galanya yang utama. Sehingga pemerintah Indonesia memastikan rakyatnya agar tetap sehat, salah satunya melalui program BPJS. Semakin canggihnya teknologi, kini Anda bisa tau cara bayar BPJS kesehatan lewat tokopedia.

Hal ini supaya rakyat Indonesia patuh akan aturannya dan kondisi BPJS kesehatannya tetap aktif sehingga di kala sakit bisa digunakan untuk berobat. Pastinya tanpa perlu mengeluarkan uang. Hal yang unik dari BPJS ini bukan hanya diperuntukan bagi warga negara Indonesia.

Warga negara asing yang sudah menetap di wilayah Indonesia pun ajib memilikinya. Menimbang kewajiban tersebut, tak heran akan dikenakan bayar pajak BPJS yang dilakukan secara rutin per bulannya. Kini Anda bisa tau cara bayar BPJS kesehatan lewat tokopedia.

Tentu saja agar kondisinya tetap aktif dan bisa digunakan sewaktu-waktu. Layanan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah ini sangat wajib dibayarkan setiap bulannya. Harganya yang murah jelas tidak akan memberatkan para penggunanya.

Dari segi transaksi yang berlaku, kini Anda sudah bisa memanfaatkan media online untuk cara bayar BPJS kesehatan lewat tokopedia. Pastinya bukan hanya berlaku bagi para pengguna Merchant, melainkan bisa di internet banking sampai aplikasi belanja online.

Alasan Harus Bayar BPJS Kesehatan

Anda yang memiliki kondisi tubuh sehat-sehat saja setiap bulannya, mungkin akan bertanya, kenapa harus bayar BPJS kesehatan. Alasanya? Sangat banyak. Terutama jika Anda membayarnya secara online, maka alasan di bawah inilah yang bisa Anda terima.

  1. Bayar BPJS Kesehatan Online Jauh Lebih Murah dan Efisien

Patut saja banyak yang menanyakan cara bayar BPJS Kesehatan lewat Tokopedia, sebab caranya yang terbilang Online memang jauh lebih murah. Yups! Anda tidak perlu capek-capek keluar rumah, menyiapkan kendaraan, kemudian bayar biaya parkir.

Bayar BPJS kesehatan bisa sambil rebahan di rumah saja. Di samping itu, Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk perjalanan sampai ke lokasi pembayaran, ditambah lama lagi dengan antrean panjang.

Cukup di rumah saja, pelajarai cara bayar BPJS kesehatan lewat Tokopedia Anda menghemat waktu dan tenaga. Namun, pastikan Tokopedia Anda tersedia saldonya, ya!

  1. Rincian Pembayaran Jelas

Anda yang bayar BPJS kesehatan via online pasti setelah melakukan pembayaran akan muncul notifikasi apa saja yang telah dibayarkan. Nah! Hal seperti ini ternyata sangat membantu Anda yang suka uring-uringan tidak jelas lantaran bayar BPJS offline beda.

Adapun catatan pengeluaran Anda jadi terlihat lebih rinci, sehingga tahu apa saja yang sudah dibayarkan melalui cara bayar BPJS kesehatan lewat Tokopedia ini.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Tokopedia Mudah

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Tokopedia

Jika sudah tahu keuntungan apa saja yang akan didapatkan dengan bayar BPJS kesehatan lewat online, kini saatnya Anda tahu bagaimana cara membayarnya. So pasti cara bayarnya terbilang mudah, aman, cepat dan efisien.

Salah satu cara bayar BPJS kesehatan lewat Tokopedia bisa Anda ikuti langkah-langkahnya di bawah ini. Catatan kami, pastikan Anda melakukannya dengan teliti agar tidak ada yang terlewat satu pun. Namun, sebelum membayarnya baiknya Anda tahu syarat dan ketentuannya.

1. BPJS Kesehatan akan dinonaktifkan secara otomatis jika melewati masa pembayaran lebih dari 30 hari tidak membayar (setelah tanggal 10 bulan pembayaran).

2.Lakukan pembayaran BPJS selain pukul 23.00 – 01.00 WIB selagi system tidak cut off

3. Misal kartu terlanjur non-aktif karena terlambat bayar BPJS kesehatan, untuk mengaktifkannya kembali Anda bisa re-aktivasi. Caranya dengan bayar seluruh tagihan denda tunggakannya.

4. Jika menjalani rawat inap selama 45 hari pasca re-aktivasi BPJS, Anda akan dikenakan denda sebesar 2,5% dari total biaya pelayanan kesehatan. Dengan ketentuan:

a. Nunggak maksimal 12 bulan

b. Denda mencapai maksimum 30 juta

5. Bayar BPJS bisa via saldo refund, virtual account, kartu kredit/debit, dan bayar instan.

6. Bayar BPJS kesehatan akan dikenakan Biaya admin Rp 2.500, berlaku untuk pembayaran di Alfamart dan Indomaret

7. Untuk Komplain, hubungi Care Centre BPJS Kesehatan di 1500400.

Sudah mengetahu syarat dan ketentuan yang berlaku, lantas bagaimana cara melakukan pembayaran BPJS lewat Tokopedia? Silakan perhatikan dengan cermat langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka Aplikasi Tokopedia, pastikan sudah terinstall dan Anda login di dalamnya
  2. Kemudian inputkan nomor peserta BPJS kesehatan yang ada di dalam kartu BPJS Kesehatan
  3. Akan muncul notifikasi berupa rincian yang harus Anda bayarkan
  4. Tekan icon bayar
  5. Pilih metode pembayaran yang diinginkan
  6. Sistem akan memproses pembayaran BPJS kesehatan Anda, tunggu beberapa saat
  7. Akan masuk notifikasi pembayaran yang sudah dilakukan, kemudian akan masuk invoice pembayaran yang sudah dilakukan.

Cara Cek Sudah Bayar BPJS Kesehatan Atau Belum

Anda sudah tahu cara bayar BPJS Kesehatan lewat Tokopedia, tetapi suatu waktu merasa lupa sudah bayar atau belum? Nah! Ternyata Anda tidak perlu menggunakan insting untuk meyakinkan diri apakah sudah melakukan pembayaran atau belum.

Anda bisa mengeceknya di system sehingga mendapatkan penjelasan yang sejelas-jelasnya apakah sudah bayar atau belum. Ada beberapa cara mengecek status Anda sudah bayar BPJS kesehatan atau belum. Namun, di bawah ini kami tampilkan cara via Situs Web BPJS.

  1. Kunjungi situs resmi Bpjs kesehatan
  2. Klik bagian “cek iuran BPJS kesehatan” di sebelah kanan sidebar
  3. Inputkan nomor kartu BPJS kesehatan
  4. Inputkan tanggal lahir
  5. Inputkan angka validasi yang tampak pada situs
  6. Tekan icon cek untuk mengetahui apakah Anda sudah bayar tagihan BPJS atau belum.

Nah! Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek apakan sudah bayar BPJS kesehatan atau belum. Sekarang jadi sudah tahu cara bayar BPJS kesehatan lewat tokopedia, bukan?

Baca Juga : Canggih! Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Gojek Sekarang Sudah Bisa!

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × 3 =