Cara Transfer Kuota Indosat dengan Beberapa Metode

Cara Transfer Kuota Indosat

Cara Transfer Kuota Indosat dengan Beberapa Metode – Provider di Indonesia ada banyak jenisnya. Salah satu yang sering dipakai masyarakat adalah Indosat. Alasan Indosat banyak dipakai adalah karena harganya sangat terjangkau. Karena hal ini tidak sedikit orang yang merasa kuotanya terlalu banyak. Karena sayang jika tidak digunakan, maka harus tahu cara transfer kuota Indosat dengan berbagai langkah mudah.

Cara Transfer Kuota Indosat dengan Beberapa Metode

Cara Transfer Kuota Indosat

Jika kuota yang berlebih ditransfer, maka tidak akan hangus dan bisa dimanfaatkan. Ada tiga metode berbeda yang bisa dimanfaatkan pengguna. Mulai dari menggunakan SMS, kotak telepon, hingga aplikasi dari Indosat. Semua metode ini akan dijelaskan di bawah ini dengan lengkap. Simak pembahasannya di bawah ini:

Memanfaatkan SMS

Cara transfer kuota Indosat pertama adalah dengan memanfaatkan SMS. Cara pertama ini tergolong sangat mudah karena tidak membutuhkan jaringan internet untuk melakukannya. Selain itu, pemanfaatannya juga tidak memerlukan bantuan aplikasi lain yang harus diunduh terlebih dahulu sebelum digunakan.

Apabila memanfaatkan metode ini, ada beberapa langkah mudah yang bisa diaplikasikan. Semua langkah akan diberikan secara sistematis dan sesuai dengan urutan. Ikuti saja setiap langkah yang ada agar proses transfer bisa berjalan dengan lancar. Berikut adalah urutan langkah transfer menggunakan SMS yang tepat:

1. Masuk ke Aplikasi Pesan

Mulai dengan membuka aplikasi “Pesan” yang sudah terpasang secara default di ponsel. Dengan aplikasi ini proses SMS akan dilakukan. Masukkan kode yang digunakan untuk transfer. Kombinasinya dimulai dengan GIFT (nomor ponsel lain) extra (jumlah yang ditransfer). Misalnya saja GIFT 081864892756 extra 40K. Kombinasikan saja sesuai dengan kebutuhan.

2. Kirim Pesan

Lakukan pengiriman ke nomor 363. Nomor ini sudah paten dan tidak bisa diubah-ubah. Jika salah memasukkan nomor ini, maka prosesnya tidak akan bisa dilakukan. Setelah selesai dikirim, tunggu beberapa waktu sampai pihak Indosat memberi pesan konfirmasi. Asal sinyal bagus, maka tidak akan terlalu lama.

3. Lakukan Konfirmasi

Jika sudah ada pesan masuk, baca dan pahami pesannya. Isi pesan ada dua macam, ada yang memberi tahu proses bisa dilanjutkan, ada yang memberi tahu proses tidak bisa dilanjutkan. Jika proses bisa dilanjutkan, ketik “YA” untuk membalas pesannya. Apabila sudah, maka proses transfer sudah selesai.

Jika ternyata ada notifikasi proses gagal, kemungkinan ada proses yang salah. Atau bisa jadi permasalahannya ada pada sinyal Indosat-nya. Maka dari itu, lakukan prosesnya dari awal atau menunggu saat sinyal sudah stabil. Pastikan juga cara yang dilakukan sudah benar agar bisa berhasil dengan mudah.

Transfer Menggunakan Kontak Telepon

Metode atau cara transfer kuota Indosat kedua adalah dengan menggunakan kontak telepon. Cara ini juga tergolong yang praktis karena tidak membutuhkan jaringan internet atau aplikasi tambahan. Jika memanfaatkan metode ini, pengguna hanya perlu memasukkan nomor di kontak dialog untuk memulai prosesnya.

Apabila masih bingung dengan cara menggunakannya, pada kesempatan ini akan diberikan langkahnya secara lengkap. Jika semua proses diikuti dengan baik, maka tidak akan ada kendala saat melakukannya. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa poin yang harus dipraktekkan hingga selesai:

1. Buka Aplikasi Telepon

Buka aplikasi “Telepon” di perangkat masing-masing. Tulis *123# dan tekan panggilan untuk memulai segala prosesnya. Jika sudah, halaman baru akan menampilkan berbagai jenis layanan yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Karena sudah memiliki kuota yang banyak, pilih menu di mana kuota tersebut berada.

2. Cara Transfer Kuota Indosat, Masukkan Nomor

Kemudian pilih nomor 3 untuk melanjutkan proses transfer. Caranya dengan mengetik angka tiga lalu pencet “Ok”. Setelah itu, masukkan nomor yang akan menjadi tujuan transfer. Pastikan memasukkan nomor dengan benar agar kuota yang ditransfer tidak terkirim ke orang lain. Setelah itu lakukan pengiriman.

3. Konfirmasi Prosesnya

Langkah terakhir adalah melakukan konfirmasi. Untuk proses konfirmasi, ketik angka 1 yang ada di sistem. Setelah itu pencet tombol “Ok” di bagian bawah. Tunggu beberapa waktu hingga keinginan transfer diproses. Jika sudah selesai prosesnya, maka akan ada pesan konfirmasi yang menandakan proses sudah berhasil diselesaikan.

Apabila pesan konfirmasi tak kunjung muncul, mungkin masih terkendala dengan sinyal. Maka dari itu diperlukan kesabaran untuk menunggu hingga ada pesan konfirmasi. Jika memang terlalu lama dan tidak segera muncul, coba prosesnya dari awal hingga selesai. Bisa jadi proses yang dilakukan sebelumnya masih gagal.

Pakai Aplikasi MyIM3

Cara Transfer Kuota Indosat

Jika ingin metode yang lain, maka pemanfaatan aplikasinya bisa dilakukan. Cara transfer kuota Indosat ini memang membutuhkan jaringan internet dan aplikasi MyIM3 sebagai aplikasi tambahan. Namun sebenarnya ada banyak manfaat jika menggunakan aplikasi ini. Manfaat tersebut adalah kemudahan dalam segala prosesnya.

Apabila memakai aplikasi ini, maka pengguna tidak perlu menghafal nomor yang akan dikirimi SMS dan digunakan untuk telepon. Semua menu sudah disediakan secara lengkap dalam aplikasi ini. Selain itu, berbagai transaksi juga bisa dilakukan dalam satu aplikasi. Sehingga sangat praktis untuk dimanfaatkan. Berikut adalah urutan penggunaannya:

1. Unduh Aplikasi MyIM3

Unduh aplikasi MyIM3 dan lakukan pemasangan di perangkat yang digunakan. Proses ini tidak akan lama asal jaringan internet terpenuhi. Biasanya, jika sudah terunduh maka akan terpasang secara otomatis di perangkat. Jika masih belum memiliki akun, lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Ikuti saja prosesnya sampai selesai dan sampai akun bisa digunakan.

2. Cara Transfer Kuota Indosat, Tekan Logo Lonceng

Apabila sudah, masuk ke aplikasinya dan lihat pada menu utamanya. Jika sudah memiliki akun, maka bisa masuk secara otomatis. Cari logo lonceng yang ada di bagian bawah kemudian tekan. Menu ini akan berisi beberapa layanan. Maka dari itu, pastikan untuk membacanya dengan teliti agar mudah memilihnya di proses berikutnya.

3. Cara Transfer Kuota Indosat, Pilih Paketnya

Jika muncul halaman baru, pilih paket yang dimiliki dengan kuota yang berlimpah. Pastikan bahwa dalam paket tersebut memang memiliki banyak kuota. Lalu pilih paket untuk ditransfer ke nomor tujuan. Paket ini berisi besaran kuota yang akan diberikan ke nomor lain. Besarannya bisa bermacam-macam tergantung paket yang sedang ditawarkan.

4. Kirim Paket Sebagai Gift

Kemudian pencet “Kirim Gift” untuk melanjutkan. Tombol ini ada di bagian bawah, sehingga mudah untuk ditemukan. Jangan lupa untuk memasukkan nomor tujuan di halaman berikutnya. Pastikan untuk memasukkan nomor dengan benar. Karena jika terselip kesalahan, maka akan sangat berpengaruh di prosesnya hingga bisa terjadi kegagalan.

5. Cara Transfer Kuota Indosat, Pilih Metode Pembayaran

Pilihan metode pembayaran akan ditampilkan di menu selanjutnya. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Bisa menggunakan Gopay, pulsa, Ovo, atau dengan metode pembayaran lainnya. Setelah dipilih, pencet tombol “Bayar” untuk menyelesaikan prosesnya. Jika muncul konfirmasi berhasil dari aplikasi, maka prosesnya sudah selesai.

Itulah semua proses yang dibutuhkan untuk mentransfer kuota. Cara transfer kuota Indosat di atas bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah memilih salah satu metode, pastikan untuk melakukan setiap langkah sesuai dengan cara yang sudah diuraikan. Karena jika ada satu langkah yang salah, maka prosesnya tidak akan bisa selesai.

Baca Juga : Settingan APN Indosat 4G

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

18 + fourteen =