Emulator PS4 Untuk PC

Emulator PS4 Untuk PC

Emulator PS4 Untuk PC

Sebagian besar software cenderung dibuat secara spesifik untuk platform atau sistem operasi tertentu. Hal ini yang menyebabkan beberapa developer membuat perangkat atau aplikasi yang terpisah atau berbeda antara Android, iOS, Windows, maupun Mac. Perbedaan ini terkadang berakibat pada fitur-fitur atau fungsi yang berbeda di setiap sistemnya. Untuk itu, Emulator hadir dan menjadi tools andalan bagi para developer.

Saat ini, emulator serng digunakan untuk berbagai hal. Misalnya, kamu ingin membuka aplikasi HP di PC agar tampilannya lebih besar, maka emulator ini bisa digunakan. Namun, saat ini  emulator paling banyak digunakan untuk kegiatan video games. Apalagi sekarang ini ada banyak video games, termasuk e-sport. Emulator juga sudah menjadi bagian penting dalam dunia digital, terutama e-sport yang sering menggunakan emulator untuk dapat memainkan konsol game lama pada pc atau laptop.

Apa itu Emulator?

Berdasarkan info dari Techopedia, emulator merupakan software atau perangkat lunak yang memungkinkan sebuah sistem komputer (host) dapat meniru fungsi-fungsi dari sistem komputer lain (guest). Dengan kata lain, software ini dapat membuat pc host menjalankan software, hardware, dan komponen-komponen lain yang dibuat untuk sistem guest.

Kamu dapat mengakes berbagai aplikasi di sistem yang diemulasi dan software dapat beroperasi di sistem host jika emulator telah selesai. Intinya, jika menggunakan emulator, kamu tidak perlu membeli perangkat khusus untuk dapat menjalankan aplikasi tertentu yang hanya dibuat untuk sistem operasi tertentu.

Sekarang ini, emulator lebih banyak digunakan dalam game.

5 Emulator Terbaik PS4 Untuk PC

  1. PCSX4

Emulator PS4 Untuk PC

Emulator PS4 untuk PC yang pertama adalah PCSX4. Emulator ini dapat berjalan dengan baik di laptop atau PC 64 bit Windows 7, 8, hingga yang paling terbaru, Windows 10. Namun, untuk pc 32 bit, software emulator PCSX2 ini belum dapat berjalan dengan baik.

Performa dari PCSX4 ini dapat dibilang sangat baik. Hal ini karena, ia mampu bekerja di 60 frame per second/ fps. Karena jumlah fpsnya cukup baik, kualitas gambar yang dihasilkan pun tidak mengalami penurunan dan pergerakannya juga sangat halus.

Spesifikasi minimal untuk dapat mengoperasikan emulator ini adalah GPU harus AXV dan SSE-4.2 GPU. GPU yang digunakan adalah AMD Radeon 780 dan GTX 60 supaya dapat mendukung 60 fps. Selain itu, yang harus diingat adalah jumlah Ram dan memori yang available di PC. Jangan sampai terlalu sedikit atau mepet, ya!

  1. Emulator PS4 Untuk PC, PS4Emus

Emulator PS4 Untuk PC

Emulator yang satu ini memang cukup terkenal dikalangan para pengguna PS sejak tahun 2013. Pada tahun ini, era emulator PS untuk PC baru dimulai. Oleh karena itu, software emulator untuk PC yang satu ini selalu dimasukkan menjadi top emulator.

Bagi kamu yang mencari kemudahan dalam menggunakan emulator, PS4Emus ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Kemudahan dalam menginstall dan penggunaannya pun tidak ribet, tentu saja cocok jika dikatakan sebagai emulator PS terbaik untuk PC. Selain itu, kemampuan emulator ini dapat digunakan secara offline maupun online.

Bagi kamu yang hobi bermain berbagai macam game, PS4Emus ini sangat cocok karena akan memudahkan kamu dalam menginstall banyak game tanpa kesulitan yang berarti sebab interface yang mudah dipahami.

Agar PC kamu tidak nge-lag, disarankan untuk menggunakan PC high end supaya dapat memainkan game dengan lancar tanpa lag.

  1. PS4 EMX

Emulator PS4 Untuk PC

PS4 EMX bukan merupakan pemain baru dalam emulator PS walaupun software ini belum diluncurkan dan masih dalam tahap pengembangan. Namun, tentu saja emulator ini membuat para pecinta game penasaran mengingat sepak tejangnya di dunia emulator.

Emulator ini digadang-gadang akan hadir di akhir tahun 2021 dan ikut meramaikan pasar emulator PS4. Fitur dan berbagai macam kelebihan dari PS4 EMX ini tentu akan memanjakan para pecinta game.

Dari beberapa bocoran info, emulator ini akan bisa dijalankan di PC atau laptop yang memiliki spesifikasi sedang. Dengan RAM minimal 2 GB dan AMD Nvidia dan 50 GHZ processorsaja,  PS4 EMX ini sudah bisa dijalankan di PC kamu.

  1. Orbital PS4 Emulator

Bagi kamu pengguna Linux, ada kabar gembira dari dunia emulator. Orbital PS4 emulator telah hadir dan dapat dijalankan di PC atau laptop berbasis Linux. Emulator ini sudah hadir di pasaran sejak Februari 2021. Dengan Emulator PS4 untuk PC ini, kamu bisa merasakan sensai bermain PS4 di sistem Linux.

Orbital dianggap lebih unggul dibandingkan dengan emulator lain, jika dilihat dari segi kontrol joystick dan mapping. Ditambah lagi dengan penawaran resolusi gambar yang cukup bagus dan tentunya tidak pecah. Tidak hanya itu, Orbital juga masih mengembangkan kemampuan dan performanya sehingga dapat membuat penggunanya semakin nyaman dan dapat bermain dengan kualitas tampilan yang bagus.

Namun, untuk dapat menjalankan emulator ini, kamu membutuhkan PC atau laptop dengan minimal RAM 16 GB dan ditambah dengan ekstensi AVX.  Sedikit merepotkan memang, tetapi hal ini akan terbayar dengan kualitas dan kepuasaan kamu saat bermain nanti.

  1. Emulator PS4 Untuk PC, SNES Station Emulator

SNES Station Emulator in imerupakan legenda emulator yang sudah ada sejak jaman emulator PS1. Emulator yang satu ini bisa digunakan di sistem Windows maupun Mac tanpa hambatan berarti.

Cara penggunaan dari emulator ini cukup mudah dengan tampilan yang baik.

Cara penginstallan yang agak sulit dan cukup memakan waktu lama membuat developer SNES Station mencoba untuk mengatasinya dengan menyediakan tutorial cara mengingstall emulator yang satu ini. Tutorial instalasinya bisa kamu lihat di official media sosial SNES Station Emulator.

Bila kamu memperhatikan dan mengikuti langkah-langkah instalasi dari SNES Station, tentu tidak akan gagal dalam mengakses dan menjalankan emulator ini.

Spesifikasi PC untuk Menjalankan Emulator

Untuk dapat menjalankan emulator tanpa kendala dan tentunya bisa digunakan bemain berbagai macam game, ada spesifikasi minimal yang harus kamu miliki di dalam laptop atau PC.

Berikut ini detail spesifikasi yang bisa kamu perhatikan ketika akan menjalankan emulator.

  1. Pastikan Directx12 terpasang dan frameworknya 3.5 VC+ +2015
  2. PC dan laptop harus sudah termasuk 4 core dengan AVX dan SSE-4.2 GPU.
  3. Pastikan Cache image harus dienkripsi 256 bit.
  4. Prosesor minimal x86-64 dengan AVX ekstensi.
  5. Harus memiliki OpenGL.
  6. Minimal Ram 2-16 GB (tergantung pada jenis emulator)
  7. PC atau laptop sudah minimal 64 bit.

Jika detail spesfikasi di atas belum ada di dalam PC atau laptop kamu, itu artinya beberapa emulator belum bisa dijalankan. Walaupun bisa dijalankan, biasanya kualitas penggunaan, tampilan, dan fitur lainnya akan sulit berjalan dan mudah membuat PC atau laptop menjadi nge-lag. Jika dipaksakan, tampilan bisa menjadi pecah dan macet dan membuat program harus force closed atau ditutup paksa.

Baca Juga : 6 emulator android ringan untuk PC & Laptop 2021.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eleven + 3 =