15 Cara Gadai Emas di Pegadaian Beserta Syarat dan Bunganya

Cara Gadai Emas di Pegadaian Beserta Syaratnya – Jika Anda sedang membutuhkan sejumlah dana segar dan memiliki simpanan berupa emas, alangkah baiknya jika memanfaatkan cara gadai emas di pegadaian beserta syaratnya. Sebab akan lebih mudah proses pencairannya dibandingkan dengan lembaga perbankan yang lainnya.

Cara Gadai Emas di Pegadaian

Syarat Gadai Emas

Walaupun mendapatkan pinjaman uang dari Pegadaian sangatlah mudah karena adanya jaminan berupa emas. Namun, bukan berarti tidak ada persyaratannya.  Tetap wajib memiliki seluruh ketentuan telah ditetapkan olehnya. Tetapi jika diperhatikan semua dokumen yang dibutuhkan tidaklah terlalu sulit.

Anda dapat memanfaatkan salah satu produk Pegadaian yang berkaitan dengan emas tersebut yang dikenal dengan Pegadaian Gadai Emas. Jenis pinjaman ini merupakan pemberian kredit dengan sistem gadai yang dapat dinikmati oleh seluruh golongan nasabah untuk kebutuhan apapun.

Syarat utama untuk menikmati pinjaman Pegadaian gadai emas adalah pemohon wajib memiliki jaminan berupa emas.  Bisa dalam bentuk batangan ataupun perhiasan.  Jenis emasnya pun bisa emas kuning ataupun emas putih. Hasil pinjamannya pun dapat dipergunakan untuk kepentingan nasabah secara bebas.

Agar anda mendapatkan dana segar dari Pegadaian gadai emas, maka harus memenuhi ketentuan di bawah ini yaitu:

  1. Wajib berusia minimal 18 tahun
  2. Sudah memiliki e-KTP
  3. Menyerahkan fotokopi e-KTP
  4. Mengisi surat bukti gadai secara lengkap sesuai dengan tanda pengenal serta keterangan barang jaminan
  5. Menyerahkan barang jaminan emas dalam bentuk batangan atau perhiasan

Cara Menggadaikan emas di Pegadaian

Setelah Anda memastikan memiliki barang jaminan dan e-KTP, maka selanjutnya datangilah Pegadaian terdekat domisili.  Lalu Ikutilah tata cara yang ditetapkan oleh lembaga tersebut untuk mendapatkan uang. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Bawalah fotokopi KTP serta barang jaminan yang dimaksud.
  2. Datanglah Kantor Pegadaian umum yang terdekat dengan domisili.
  3. Isilah dengan lengkap surat permohonan pengajuan kredit yang harus disediakan pada kantor tersebut.
  4. Selanjutnya berikanlah barang jaminan beserta formulir pengajuan kredit tersebut ke petugas penaksir emas.
  5. Setelahnya petugas penaksir emas akan menampilkan berapa gram serta berapa karat barang jaminan yang anda serahkan.
  6. Lalu petugas akan memperkirakan besaran pinjaman yang akan diberikan kepada Anda.
  7. Selanjutnya setelah mengetahui besaran pinjaman, maka ia akan mengatakan kepada pemohon apakah menyetujui nominal tersebut.
  8. Jika menyetujui maka proses administrasi peminjaman dilakukan oleh petugas kasir.
  9. Selesai maka nasabah akan diberikan surat bukti gadai yang harus ditandatangani rangkap 2.
  10. Pemohon dapat menerima uang pinjaman tersebut secara cash ataupun dengan transfer ke bank yang bekerjasama dengan Pegadaian.

Besaran Bunga dan Biaya  Pegadaian Gadai Emas

Walaupun memberikan uang jaminan ketika mengajukan permohonan Pegadaian Gadai Emas tetap saja akan dibebankan biaya serta beban bunga. Namun, di lembaga ini bunga disebut dengan sewa modal. Besarnya bervariasi bergantung pada kategori pinjaman Anda.

Perhitungan sewa modal atau beban bunga yang ditetapkan oleh Pegadaian gadai emas berbeda dibandingkan dengan lembaga pinjaman lainnya. Perhitungannya adalah per 15 hari efektif pinjaman yang besarnya mulai 1% sampai 1,2%.  Sehingga jika ditotal perbulan yang efektif dengan 30 hari berkisar 2% sampai 2,4%.

Biaya administrasi yang dibebankan kepada pemohon pun bervariasi sesuai dengan Pagu pinjaman yang diberikan oleh Pegadaian.  Besarnya mulai dari Rp2.000 sampai Rp125.000.  Anda dapat memilih dengan membayarnya secara cash atau dipotong dari uang pinjaman langsung.  sehingga tidak perlu mengeluarkan dana apapun.

Besaran tenor pinjaman Pegadaian gadai emas adalah 1 sampai 120 hari atau efektif sampai 4 bulan. Selanjutnya Anda bisa menebus kembali dengan membayar pokok beserta bunganya. Jika memang belum memiliki dana, maka dapat mengajukan kembali permohonan pinjaman ulang.

Besaran Pinjaman yang Diberikan

Besaran pinjaman yang diberikan oleh Pegadaian gadai emas berbeda-beda setiap harinya. Karena ditentukan oleh harga emas yang memang berfluktuatif.  Sehingga antara hari ini dengan esok kemungkinan akan terjadi perbedaan nominal yang signifikan.  Jika harga emas turun maka taksiran pun akan turun dan sebaliknya.

Oleh karena itu Anda disarankan untuk selalu menyimpan emas dengan kualitas yang terbaiknya agar memiliki taksiran yang cukup tinggi.  Misalnya membeli emas batangan dengan ukuran yang kecil hingga harganya pun terjangkau. Dengan demikian pada saat membutuhkan uang tetap dihargai tinggi sesuai dengan harga emas saat itu.

Keunggulan Pegadaian Gadai Emas

Produk Pegadaian Gadai Emas termasuk salah satu jenis pinjaman yang sangat mudah.  Karena saat prinsipnya hanyalah mempunyai agunan berupa emas.  Namun keuntungannya tidak hanya dalam bentuk jaminan itu saja. Beberapa benefit yang dapat masyarakat nikmati adalah sebagai berikut:

  1. Jaminan yang dibutuhkan sangat ringan yaitu hanyalah berupa emas dalam bentuk perhiasan ataupun batangan.
  2. Jaminan yang diminta pun tidak ada batasan minimalnya
  3. Prosedurnya sangat mudah hanya mengisi formulir pengajuan gadai yang tersedia di kantor cabang
  4. Tidak sulit untuk menemukan outlet Pegadaian karena tersedia lebih dari Rp4.000 kantor
  5. Anda juga dapat memaksimalkan aplikasi Pegadaian digital untuk berbagai macam transaksi gadai
  6. Dapat digunakan untuk produk konsumtif maupun produktif
  7. Jangka waktu pinjaman maksimal 120 hari dan dapat diperpanjang dengan membayar sewa modal saja atau bunga.
  8. Ketika sudah mencapai waktu pinjaman maksimal 120 hari Anda dapat membayar sebagian  modal  saja untuk memperpanjangnya
  9. Pemohon tidak terikat waktu pelunasan.  Artinya setiap saat memiliki uang sejumlah pinjaman maka Pegadaian gadai emas tersebutlah dapat langsung dilunasi.
  10. Plafon pinjaman yang ditawarkan oleh Pegadaian bervariasi bergantung pada nilai taksiran emas nama calon nasabah. Namun, umumnya berkisar dari Rp50.000 sampai Rp500 juta
  11. Seluruh barang jaminan yang disimpan oleh Pegadaian aman karena berada pada tempat yang security sistemnya sangat baik serta diasuransikan.
  12. Nasabah Pegadaian dapat menerima pinjaman uang dalam bentuk tunai atau ditransfer ke rekening bank yang bekerjasama dengan lembaga tersebut. Namun pastikanlah bahwa rekening tersebut atas nama  pemohon sendiri.

Agar barang jaminan tidak hilang ketika sudah melewati batas maksimal tenor pinjaman maka anda segeralah hubungi Pegadaian agar proses lelang tidak terjadi.  Selanjutnya akan dikenakan biaya lain sebagai administrasi untuk perpanjangan dan pengertian proses lelang.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Umumnya Pegadaian akan memberitahukan bahwa barang sudah melewati batas waktu 120 hari sehingga dapat terhindar dari proses lelang.  Oleh karena itu usahakan ada nomor kontak berupa WA atau SMS tetap aktif untuk berjaga-jaga menerima pemberitahuan tersebut.

Jika Anda masih ingin memiliki barang perhiasan tersebut, maka ada biaya administrasi Untuk menghentikan prosesnya. Besarannya bergantung pada sampai di mana tahapan tersebut. Staf pegadaian akan memberitahukan jumlah nominalnya agar Anda dapat membayarnya.

Namun, jika sudah beberapa kali dihubungi dan pemohon tidak memberikan reaksi, maka selanjutnya dengan terpaksa proses pelelangan tersebut akan dilanjutkan oleh Pegadaian.

Baca Juga: 25 Cara Pinjam Uang di Pegadaian Terbaru 2022

Uang yang terkumpul dari lelang tersebut umumnya akan digunakan untuk melunasi utang nasabah. Jika ada sisa maka akan diberitahukan kepada nasabah untuk segera mengambilnya.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin