Inilah Cara Cek Ongkir di Raja Ongkir Dengan Mudah

Cara Cek Ongkir di Raja Ongkir

Inilah Cara Cek Ongkir di Raja Ongkir Dengan Mudah – Berbelanja lewat online menjadi suatu kebiasaan yang biasa di masyarakat apalagi di tengah pandemi Covid-19. Hanya saja terkadang beberapa orang masih memilih berbelanja langsung karena dianggap menambah pengeluaran baru untuk ongkos kirim. Pembeli tidak perlu khawatir lagi kini terdapat cara cek ongkos kirim di raja ongkir yang mudah dan praktis sehingga mengetahui biaya tambahan yang akan dikeluarkan. Berikut langkah-langkahnya:

Inilah Cara Cek Ongkir di Raja Ongkir Dengan Mudah

1. Masuk ke Web RajaOngkir

 Cara Cek Ongkir di Raja Ongkir

Langkah pertama cara cek ongkos kirim adalah menelusuri web rajaongkir atau mencari raja ongkir di pencarian Google. Telusuri web http://rajaongkir.com atau ketikan raja ongkir di Google/Chrome/browser. Akan muncul hasil pencarian lalu klik pencarian yang berada paling atas. Otomatis langsung akan diarahkan masuk ke halaman web raja ongkir.

2. Buat Akun

Membuat akun sangat penting untuk mengetahui cara cek ongkos kirim di raja ongkir. Pada halaman Rajaongkir akan ada tulisan menu lalu klik, muncul beberapa pilihan menu seperti beranda, integrasi, download, bantuan dan akun. Untuk membuat akun klik menu akun akan ada pilihan daftar atau masuk. Pilih daftar jika belum pernah memiliki akun di raja ongkir sedangkan pilih masuk jika sudah pernah membuat akun.

Tuliskan username, email, password dan konfirmasikan password di kolom yang sudah disediakan. Centang pada kotak tulisan ‘saya bukan robot’ lalu klik daftar. Masuk ke akun yang sudah pernah dibuat sangat mudah, masukkan username dan password ke kotak yang disediakan. Kotak ‘ingat saya’ di centang lalu klik masuk. Tulisan dibawah ‘lupa password’ bisa di klik kalau memang pengguna ternyata lupa password, maka akan diminta memasukkan email untuk meminta password baru.

3. Tentukan Jenis Akun

Tentukan jenis akun yang akan dipakai di rajaongkir karena perbedaan akun akan membedakan cara cek ongkir . Ada tiga akun di raja ongkir yaitu starter, basic dan pro. Akun starter adalah akun gratis dimana berbeda fitur-fitur di dalamnya dengan akun basic dan pro. Ini karena setiap akun memiliki fitur-fitur yang berbeda karena basic dan pro adalah akun premium.

Starter hanya dapat memeriksa ongkos kirim JNE, Pos Indonesia, dan TIKI. Basic digunakan untuk mengecek ongkos kirim JNE, Pos Indonesia, TIKI, PCP, ESL, RPX, internasional dan melacak paket JNE. Keunggulan akun pro dari starter/basic yaitu, melacak paket selain dari JNE, periksa ongkir lebih dari 30 kg, server terpisah dan memiliki fitur tambahan yang lain.

4. Periksa Ongkos Kirim

 Cara Cek Ongkir di Raja Ongkir

Memeriksa ongkos kirim bisa dengan memilih menu integritas lalu akan muncul pilihan dokumentasi API dan widget. Tekan widget, lalu muncul laman untuk mengecek ongkos kirim baik domestik maupun internasional. Ketikkan kota asal, kota tujuan, berat kirim dalam gram di kotak yang disediakan, lalu tekan periksa ongkir untuk mengecek yang domestik. Pengecekan internasional sama caranya dengan mengetikkan kota asal, negara tujuan, berat kiriman dalam gram di kotak yang tersedia baru klik periksa ongkir.

5. Cara Cek Ongkir di Raja Ongkir, Upgrade Akun

Upgrade akun dapat dilakukan jika dirasa ingin mengakses fitur-fitur yang lebih lengkap. Proses mengupgrade akun bisa dilakukan di web maupun di aplikasi secara langsung. Pengguna tidak diwajibkan untuk mengupgrade akun karena bersifat opsional.

Itulah bagaimana cek ongkos kirim di raja ongkir yang dapat dijadikan referensi agar mudah melakukan pengecekan. Jangan takut akan memenuhi kapasitas penyimpanan ponsel karena rajaongkir tersedia dalam bentuk aplikasi ataupun web. Pengecekkan lewat web juga praktis tidak perlu mendownload aplikasi dan dapat diakses melalui Google.

Baca Juga : 5 Aplikasi Cek Ongkir Semua Ekspedisi Android Terpopuler

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

13 + six =