Inilah Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Kotor

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan untuk melakukan pekerjaan seperti pencatatan dokumen, membuat presentasi, dan lainnya. Seringnya penggunaan laptop iniĀ  mungkin membuatnya sedikit kotor, terutama di bagian keyboard yang sering tersentuh oleh tangan. Berikut ini adalah penjelasan cara membersihkan keyboard laptop yang kotor dengan mudah dan aman, antara lain:

1. Buat Laptop dalam Keadaan Mati

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Langkah pertama ini harus menjadi sebuah keharusan, tidak hanya dalam membersihkan laptop tetapi dengan semua perangkat elektronik atau apa pun yang terlibat dalam listrik. Cabut pengisi daya dari stopkontak dan dari laptop. Matikan laptop dan lepas juga baterainya. Sebelum melakukan hal lain, keselamatan adalah prioritas nomor satu yang wajib diutamakan.

Pengguna pasti tidak ingin secara tidak sengaja menekan kombinasi tombol pintas yang menyebabkan bencana. Laptop merupakan perangkat elektronik yang mengandung listrik. Gesekan dengan benda tertentu dapat menyebabkan percikan listrik yang bisa berakibat fatal. Selain bisa menyebabkan kerusakan, hal ini mungkin akan melukai pengguna.

2. Singkirkan Remah-Remah

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Untuk membersihkan remah-remah, debu, atau kotoran terbesar lainnya yang masuk ke dalam kunci, bisa balikkan laptop dan biarkan terlepas. Goyangkan keyboard dengan lembut untuk menghilangkan partikel yang membandel. Pengguna juga dapat menggunakan slime pembersih ke ruang di antara keyboard yang menempel.

Ada kotoran besar dan partikel makanan yang tidak menempel terlalu dalam yang bisa dikeluarkan hanya dengan menggoyangkan laptop. Untuk melakukan ini, pegang laptop secara terbalik dan ketuk bagian belakang secara perlahan. Periksa secara fisik dan ketuk terus menerus sampai tidak ada remah yang jatuh. Berhati-hatilah saat melakukan ini, karena tangan pengguna mungkin bisa tergelincir

3. Bersihkan Debu-Debu Halus

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Sekarang, beberapa kotoran dan debu-debu halus tidak dapat dengan mudah copot hanya dengan menggoyangkannya. Disinilah pengguna akan menggunakan hair dryer untuk membersihkan debu. Tiup debu dan kotoran yang menempel pada tombol keyboard menggunakan hair dryer sampai benar-benar bersih. Semprotkan udara dalam pola zig-zag, sehingga tidak ada sudut dan celah yang terlewat.

Jika pengguna tidak memiliki hair dryer, pengguna dapat menggunakan penyedot debu kecil untuk menghilangkan debu dan dari keyboard. Berhati-hatilah, karena beberapa key mungkin juga terhisap jika vakum terlalu kuat. Pengguna dapat menggunakan penyedot debu bertenaga USB yang aman untuk penggunaan keyboard.

4. Singkirkan Noda Membandel

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Cara membersihkan keyboard laptop yang selanjutnya adalah dengan menyingkirkan noda yang membandel. Bersihkan permukaan keyboard untuk menghilangkan kuman, noda, dan bercak. Pertama, bersihkan semuanya dengan lap disinfektan. Hindari tisu yang mengandung pemutih. Jika pengguna tidak memiliki tisu, kain lembut dengan sedikit alkohol juga bisa digunakan.

Bersihkan penutup tombol satu per satu, serta area di antaranya, untuk memastikan tidak ada noda yang tertinggal. Jangan menyemprotkan air atau cairan pembersih apa pun langsung ke keyboard. Bila perlu, peras kain agar tidak terlalu basah. Terakhir, bersihkan kembali area keyboard dengan tisu lembab atau kain microfiber dan tunggu hingga kering.

5. Lakukan Pembersihan Mendalam Jika Dibutuhkan

Terkadang, pembersihan eksterior mungkin tidak memberikan dampak yang besar. Seiring waktu, kotoran dan kotoran lainnya dapat masuk di bawah bagian keyboard laptop dan mulai berkumpul di papan sirkuit dan konektor kunci. Pengguna mungkin juga pernah mengalami kecelakaan dan menumpahkan cairan pada keyboard.

Masalah semacam itu memerlukan pembersihan ekstra untuk memastikan laptop tetap dalam kondisi yang baik. Cabut satu-persatu key yang ada dan bersihkan bagian bawah. Jika perlu, bawa ke service center untuk pembersihan yang lebih aman.

Demikian tadi uraian cara membersihkan keyboard laptop yang kotor dan berdebu. Keyboard yang kotor memang dapat mengganggu pekerjaan. Bila keyboard bersih, pengguna bisa melakukan pekerjaan dengan lebih tenang dan nyaman.

 

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *