Inilah Ukuran Kertas A3 Dalam (CM, MM, Pixel, Inch) Yang Sebaiknya Diketahui!

Ukuran Kertas A3

Ukuran kertas A3 dalam CM, MM, Pixel, Inch – Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini ada banyak sekali ukuran kertas khususnya seri A yang bisa anda gunakan. Salah satu ukuran kertas yang tak kalah banyak di gunakan dalam membuat tugas ataupun lainnya yaitu A3.

Ukuran kertas yang satu ini umumnya digunakan oleh kalangan para pelajar serta pekerja kantoran. Biasanya digunakan untuk membuat laporan ataupun mencetak dokumen lainnya. Dalam menggunakan kertas A3, terkadang membuat sebagian orang mengalami kesulitan dalam menyettingnya. Hal ini umumnya dikarenakan banyak diantaranya yang belum tahu tentang ukuran kertas A3 dalam CM, MM, Pixel maupun Inch.

Berikut Ini Ukuran Kertas A3 Dalam (CM, MM, Pixel, Inch) Yang Sebaiknya Diketahui!

Menurut Standar Internasional, ukuran kertas merupakan ukuran dalam satuan milimeter. Hanya saja dalam penggunaannya, ukuran kertas juga dikonversikan kedalam satu lain seperti CM maupun Inch. Selain itu dalam dunia digital juga dibutuhkan ukuran yang spesifik lainnya yaitu pixel. Nah, ukuran pixel biasanya diukur berdasarkan DPI atau Dot Per Inchi maupun PPI atau Pixel Per Inchi. Sebagai contoh berikut ini ukuran yang sebaiknya diketahui:

Ukuran Dalam CM Ukuran Dalam MM Ukuran Dalam Pixel Ukuran Dalam Inch
48,7 cm x 30 cm 483 mm x 320 mm 72 PPI = 1842 x 1191 pixel
200 PPI = 2339 x 3308 pixel
300 PPI = 3508 x 4962 pixel
400 PPI = 4677 x 6616 pixel
600 PPI = 7016 x 9924 pixel
1200 PPI = 14031 x 19848 pixel
12 inch x 19,17 inch

 

Nah itulah ukuran kertas A3 dalam CM, MM, Pixel, Inch yan sebaiknya anda ketahui. Untuk penggunaan kertas tersebut dalam bentuk pixel biasanya digunakan oleh para desainer grafis untuk membuat sebuah karya. Selain itu biasanya kertas ini juga digunakan untuk printer laser berskala bisnis, digunakan sebagai art paper, stiker cromo, art carton, carton bw dan lainnya.

Agar Lebih Jelas, Berikut Penggunaannya Yang Perlu Diketahui!

Setelah anda mengetahui ukuran kertas A3 dalam CM, MM, Pixel, Inch. Sebagian dari anda pasti penasaran bukan kertas ini digunakan untuk apa saja? Jika Ya, berikut penggunakan kertas A3 yang harus diketahui:

  1. Sebagai Kertas Desain

Dikarenakan kertas A3 memiliki ukuran cukup besar dibandingkan ukuran kertas serie A lainnya, kertas ini umumnya digunakan untuk desain oleh  pekerja profesional. Dengan menggunakan kertas ini sebagai kertas utama, desain yang dihasilkan biasanya akan terlihat lebih jelas serta detail. Kertas ini tentu sanggat cocok untuk anda yang memiliki hobi mendesain atau memang bekerja menjadi desain grafis.

  1. Untuk Membuat Berbagai Macam Selebaran

Tak hanya digunakan untuk desain grafis saja, kertas ini juga digunakan untuk bahan membuat berbagai jenis kartu. Misalnya seperti poster, pamflet, kartu undangan, brosur dan lainnya.

  1. Untuk Membuat Sebuah Karya

Kertas ini juga tentu bisa digunakan untuk membuat sebuah karya yang menarik dan unik. Dengan berbagai ketebalan yang berbeda membuat anda akan lebih mudah memilih kertas dengan ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan. Karya yang bisa anda buat seperti origami 3D dengan nilai estetika tinggi.

Nah itulah sekilas ulasan tentang penggunaan kertas A3. Agar tepat dalam penggunaannya, anda tentu perlu tahu juga tentang ukuran kertas A3 dalam CM, MM, Pixel, Inch. Semoga bermanfaat!

4.9/5 - (27 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + five =