Jangan Panik! Ternyata Inilah Penyebab Hardisk Tidak Terbaca

Penyebab Hardisk Tidak Terbaca

Jangan Panik! Ternyata Inilah Penyebab Hardisk Tidak Terbaca – Hardisk merupakan sebuah komponen yang berguna untuk menyimpan data yang terdiri dari dua macam yakni hardisk internal dan eksternal. Akan menjadi masalah jika semua data yang berada dalam hardisk tidak terbaca atau bahkan mengalami rusak, bukan? Jangan panik terlebih dahulu, penting untuk mengetahui penyebab HDD tidak terbaca, sehingga dapat mengetahui solusi untuk mengatasinya. Berikut pembahasan selengkapnya:

Jangan Panik! Ternyata Inilah Penyebab Hardisk Tidak Terbaca

1. Umur Hardisk

Penyebab Hardisk Tidak Terbaca

Salah satu hal yang sangat memungkinkan mengapa hardisk ini tidak bisa terbaca oleh perangkat adalah lantaran umur hardisk. Ini dapat terjadi lantaran semakin lama umur harddisk maka performa yang dimiliki semakin menurun pula. Serupa dengan perangkat lainnya, jika umur yang dimiliki sudah terhitung lama maka tidak ada solusi untuk meningkatkan kembali performanya seperti awal. Jalan satu-satunya hanyalah dengan membeli hardisk baru.

2. Kesalahan pada BIOS

Penyebab berikutnya yang menjadi sumber permasalahan mengapa hardisk tidak terbaca pada perangkat yakni kesalahan pada pengaturan BIOS. Untuk mengatasi hal ini maka dianjurkan untuk masuk ke dalam pengaturan pada perangkat dan masuk ke dalam BIOS. Jika menemukan pengaturan pada BIOS menunjukkan “Disable” maka lebih baik untuk mengubahnya menjadi “Enable“.

3. Jarang Membersihkan “Sampah” pada Perangkat

Penyebab Hardisk Tidak Terbaca

Diantara penyebab lainnya adalah pengguna jarang membersihkan sampah atau cache pada perangkat. Selain membuat hardisk menjadi tidak terbaca, cache yang ada pada perangkat juga akan menyebabkan perangkat menjadi lemot. Bukan hanya membersihkan cache pada perangkat saja, namun penting juga untuk membersihkan cache pada hardisk.

Tujuannya tentu agar dapat menghasilkan performa yang optimal. Tidak mau kan mendapatkan masalah seperti itu? Oleh karena itu, cobalah untuk rutin membersihkan cache yang ada pada perangkat dan hardisk. Dengan begitu, perangkat akan lebih ringan dan tidak lemot lagi.

4. Penyebab Hardisk Tidak Terbaca, Terdapat Virus

Penyebab Hardisk Tidak Terbaca

Salah satu penyebab yang sangat berbahaya dan sangat mungkin terjadi adalah karena hardisk diserang oleh virus. Jika terdapat virus di dalam komputer atau laptop, dapat dipastikan perangkat akan lemot. Penyebab HDD tidak terbaca ini bukan hanya menjadikan hardisk tidak terbaca, melainkan juga akan merusak komponen lain dalam komputer. Cobalah untuk memakai aplikasi pendeteksi virus dan lakukan install ulang.

5. Sering Mematikan dengan Paksa

Penyebab lain yang dapat membuat hardisk tidak dapat terbaca adalah karena seringnya pengguna mematikan komputer mereka dengan paksa. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen di komputer. Jika pada awal-awal dampak yang dirasakan tidak akan terasa atau bahkan sama sekali tidak ada. Apabila sudah sering melakukannya bahkan berulang-ulang, maka dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada komponen komputer.

6. Penyebab Hardisk Tidak Terbaca, Memori Hardisk yang Penuh

Salah satu penyebab lain yang dapat menyebabkan hardisk tidak bisa dibaca oleh perangkat adalah memori hardisk yang sudah penuh. Saat hardisk akan penuh, maka akan ada pemberitahuan. Jika pengguna mengabaikan pemberitahuan itu, maka hardisk akan mengalami kerusakan.

Bahkan mungkin akan terjadi resiko terburuk yakni crash file. Hal itu membuat hardisk tidak dapat dipergunakan kembali. Untuk mencegah hal ini terjadi maka lebih baik untuk membersihkan cache hardisk secara rutin.

Itulah beberapa penyebab HDD tidak terbaca yang perlu diketahui agar mengetahui langkah atau cara apa yang harus pengguna lakukan. Bukan hanya itu saja, rangkaian penyebab tersebut juga dapat dijadikan pengetahuan agar pengguna menghindari hal-hal di atas. Pengguna juga harus lebih berhati-hati dalam menjaga perangkat laptop maupun komputer untuk menghindari beberapa resiko buruk hardisk tidak terbaca atau mungkin kerusakan lainnya.

Baca Juga : 5 Cara Memperbaiki Hardisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × five =