5 Cara Membersihkan Memori Internal di Hp, Mudah Dilakukan!

Cara Membersihkan Memori Internal di Hp

5 Cara Membersihkan Memori Internal di Hp, Mudah Dilakukan! – Salah satu pertimbangan dalam membeli Hp yaitu kapasitas memori. Memori internal yang besar bisa banyak menyimpan berbagai file. Namun sebesar apapun memorinya, kalau tidak tahu cara membersihkan memori internal, maka akan tetap merasa kalau memori internal tersebut tidak cukup. Berikut ini 5 cara untuk membersihkan memori internal yang bisa dicoba, antara lain:

5 Cara Membersihkan Memori Internal di Hp, Mudah Dilakukan!

1. Hapus Cache

Cara Membersihkan Memori Internal di Hp

Cache bisa disebut juga penyimpanan sementara pada Hp. Banyaknya data cache bisa membuat memori internal menjadi cepat penuh. Salah satu penyebabnya yaitu pengguna sering membuka banyak aplikasi dan aplikasi tersebut membuka banyak data.

Contohnya seperti aplikasi instagram. Saat membuka Instagram pengguna akan membuka foto dan video menggunakan internet. Foto dan video tersebut akan tersimpan dalam data cache. Itulah penyebab pada saat pengguna tidak menyalakan internet, foto maupun video yang dibuka di Instagram masih bisa nampak. Namun saat pengguna menghapus cache maka akan hilang.

Cara menghapus data cache ini bisa dilakukan melalui menu pengaturan. Buka pengaturan, lalu pilih pengelola aplikasi, hapus cache di masing-masing aplikasi atau aplikasi tertentu saja. Kalau tidak mau repot, pengguna bisa menggunakan aplikasi pembersih otomatis untuk menghapus cache.

2. Lakukan Streaming Online

Cara Membersihkan Memori Internal di Hp

Salah satu cara membersihkan memori internal yang sudah penuh yaitu dengan tidak mendownload data yang sekali pakai. Contohnya video, musik, dan gambar. Hal ini karena kalau sering mendownload, tentu akan banyak menghabiskan memori internal. Untuk menyiasatinya, maka bisa melakukan streaming online saja.

Saat ingin menonton video, gunakan streaming di Youtube. Kalau ingin mendengarkan lagu, gunakan aplikasi streaming seperti JOOX, Spotify, dan lain-lain. Namun apabila pengguna ingin menontonnya atau ingin mendengar lagu lagi. Maka bisa di download saja karena lebih menghemat kuota. Setelah tidak ditonton, maka bisa dihapus supaya memori tidak penuh.

3. Hapus Data Tidak Penting

Memori internal bisa cepat penuh, jika pengguna sering menyimpan data yang tidak penting. Data yang tidak penting bisa berupa foto-foto selfie yang terlalu banyak dan sudah tidak dipakai lagi. Bisa juga berupa video dan musik yang sudah tidak lagi ditonton dan didengarkan.

Supaya tidak cepat penuh, pengguna harus rutin menghapus data-data tersebut. Kalau sudah selesai menonton video, hapus saja videonya. Biasanya video dalam bentuk film yang sering menghabiskan memori, karena ukurannya yang sangat besar. Begitu juga dengan foto-foto yang jelek atau blur dan tidak jadi di upload di sosmed lebih baik dihapus saja.

4. Menggunakan Memori Eksternal

Memori internal yang sudah dipakai sebanyak 90% dari kapasitas yang tersedia. Bisa membuat kinerja Hp menjadi lemot dan not responding. Supaya tidak terjadi seperti itu, salah satu cara membersihkan memori internal yaitu dengan menambah atau menggunakan memori eksternal. Apalagi pada saat ini, kapasitas memori eksternal lebih besar dari memori internal.

Perlu diingat, setiap Hp memiliki batasannya. Ada yang memiliki kapasitas pemasangan memori eksternal hingga 256GB, namun ada juga yang diatasnya atau dibawahnya. Selain itu, jangan sampai salah membeli memori eksternal karena banyak penjual yang menjual produk tidak original. Produk tidak original tentu tidak awet dan bisa membuat data hilang.

5. Cara Membersihkan Memori Internal di Hp, Pindahkan Memori Internal Ke PC

Data-data yang sudah di download melalui hp dan tersimpan di memori internal, bisa dipindah ke PC. Jauh lebih efisien kalau data-data seperti video, musik, dan foto dipindahkan ke PC. Hal ini karena memori di PC jauh lebih besar daripada Hp. Cara ini bisa membuat membersihkan memori internal tanpa harus membuat data penggunanya menjadi hilang.

Demikian informasi mengenai 5 cara membersihkan memori internal pada Hp. Gunakan cara yang sesuai dengan pengguna. Lebih disarankan apabila datanya masih penting, lebih baik dipindahkan saja. Namun apabila data itu sudah tidak penting, maka bisa dihapus saja.

Baca Juga : Ketahui 5 Cara Menghilangkan Goresan di Layar HP yang Paling Mudah

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − twelve =