Inilah Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro – Melihat reputasi dari produk Xiaomi sebagai salah satu brand yang cukup terkenal, banyak sekali penggiat gawai yang yakin bahwa Xiaomi Pad 5 Pro mempunyai value for money yang juga tinggi. Namun, bukan hanya kelebihan, produk ini pun memiliki kelemahan. Dibawah ini terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro yang wajib Anda ketahui.

 Berikut Ini Kelebihan Dari Xiaomi Pad 5 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro

  1. Kemampuan Kamera yang Baik

Apabila membicarakan kelebihan dan kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro, maka tidak afdol jika tidak membahas kualitas kamera yang dimilikinya. Produk ini dihadirkan dengan kamera utama sebesar 50 MP yang ukuran sensornya 1/2.5 inci. Sementara pada varian wifi, lensa utamanya hanya menawarkan resolusi sebesar 13 MP di bukaan f/2.4.

Bagi Anda yang ingin coba membuat konten video memakai tablet ini, maka akan didukung dengan resolusi perekaman 1080p dan 4K di 30 FPS. Selain itu, pada bagian depan tablet pun tersemat kamera depan yang berkekuatan 8 MP di bukaan f/2.0. Didukung juga dengan resolusi perekaman 1080p di 30 FPS dalam fitur rekam video.

  1. Dukungan Keyboard dan Stylus

Sebagai produk tablet yang berasal dari perusahaan terkenal di dunia, telah jelas bahwa Xiaomi Pad  5 Pro akan dibekali dengan dukungan berupa aksesoris tambahan yang bisa menunjang produktivitas. Tablet tersebut dilengkapi oleh magnet yang ada di atas bodi yang bisa menampung dan juga mengisikan daya stylus.

Selain itu, terdapat pula aksesoris tambahan berupa papan ketik atau keyboard yang dapat membuat pengalaman Anda dalam mengetik menjadi lebih mudah. Keyboard tersebut tidak didukung dengan kapabilitas Bluetooth, sehingga harus terus disambungkan ke tablet secara fisik supaya bisa berfungsi. Namun sayang kedua aksesoris tambahan tersebut dijual secara terpisah.

  1. Kualitas Layar Terbaik Pada Kelasnya

Tidak membahas tentang kualitas layar merupakan hal yang tidak afdol apabila ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro. Tablet yang digunakan memiliki bentangan layar diagonal sebesar 11 inci ini mempunyai resolusi 2K atau lebih tepatnya yaitu 2560 x 1600 piksel.

Untuk bisa menyuguhkan tampilan yang sangat bagus ketika bermain game dan bermain film, perangkat tersebut telah menyediakan teknologi HDR10 dan standar Dolby Vision. Dengan begitu, pengguna  akan dapat menikmati gamut DCI-P3 yang dilengkapi oleh satu milyar warna. Ada pula teknologi MEMC yang bisa menambah tambahan frame diantara frame asli secara artifisial ketika menonton film.

Sehingga, yang pada awal film hanya berjalan di 24 ataupun 30 FPS saja, maka Anda bisa menontonnya dengan frame rate hingga 6 FPS. Ketika dipakai di bawah teriknya matahari, maka Anda bisa mengaktifkan mode sunlight supaya kecerahan layar bisa didongkrak hingga melebihi 600 nit.

  1. Ketahanan Baterai Unggul dan Fast Charging

Kebanyakan tablet yang beredar pada pasaran hanya akan menawarkan fast charging yang seadanya saja. Hal tersebut mungkin dilihat dari segi penggunaan tablet sendiri yang tidak seintens hp, serta pengguna juga tidak harus terburu-buru dalam menyalakan tablet sebab mereka telah mempunyai hp utama guna melakukan banyak kegiatan penting.

Akan tetapi, hal yang satu ini tidak akan mencegah brand Xiaomi untuk memberikan yang terbaik. Bahkan tidak tanggung-tanggung karena daya fast charging yang ditawarkan oleh Xiaomi Pad 5 Pro yaitu 67 W dalam kapasitas baterai berupa Li-Po sebesar 8600 mAh. Penggunaan nyata tablet ini dapat bertahan antara 10 sampai 11 jam dalam keadaan refresh rate 120 Hz.

Tentu saja hal tersebut merupakan ketahanan yang luar biasa untuk tablet seukuran 11 inci ini. Memakai casan 67 W membuat tablet yang satu ini bisa meraih baterai hingga 100% dari 20% dengan waktu sekitar 49 menitan saja. Pada tablet yang mempunyai baterai sebesar 8600 mAh ini, maka durasi tersebut tentu saja terbilang cepat.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro, Stereo Speaker Nendang

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro tidak dapat lepas dari bahasan mengenai stereo speaker produk tersebut. Tablet tersebut menyajikan stereo speaker yang jumlahnya cukup berbeda di setiap variannya. Pada model yang hanya memakai wifi, disediakan 4 buah speaker sementara pada varian 5G menyediakan 8 speaker.

Kedelapan atau keempat speaker tersebut dirancang menggunakan penyetelan Dolby Atmos demi memastikan bahwa hasil suaranya jelas, lantang, dan jernih ketika menonton berbagai konten video. Letak dari speaker tersebut dibagi di 2 sisi guna memberikan suara yang seimbang dan baik. Baik itu ketika bermain game, menonton film, ataupun sekadar YouTube. 

Berikut Ini Kekurangan Dari Xiaomi Pad 5 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro

  1. Tidak Menyediakan Casan Dalam Box Pembelian

Xiaomi Pad 5 Pro dalam edisi Tiongkok tidak memberikan casan di box pembeliannya. Jika berkaca pada berbagai ponsel flagship lainnya, tampaknya ketersediaan casan di boks pembelian ini juga akan serupa dengan versi globalnya. Hal tersebut sebab tren yang sedang berlangsung diantara produsen ponsel guna mengurangi jejak karbon.

Dengan meniadakan casan pada box, maka kemasan bisa dibuat semakin kecil agar memudahkan dalam proses distribusi. Kemasan yang kecil ini membuat perusahaan bisa memuat produknya ke  mobil kontainer dalam jumlah yang lebih banyak. Dengan begitu akan mengurangi frekuensi dari distribusi yang bisa saja memakan sumber daya terlalu banyak.

Jadi, tidak disediakannya casan ini mewajibkan Anda untuk melakukan pembelian secara terpisah. Oleh karena itu, pengguna pun masih harus mengeluarkan biaya tambahan.

  1. Absennya 3.5mm Jack Audio dan Slot Memori Eksternal

Jika menelisik kelebihan dan kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro dengan Xiaomi Mi Pad 4 Plus, maka ada hal yang terlihat sekali perbedaannya, yakni menghilangnya 3.5mm jack audio port dan slot memori eksternal. Dalam produk Xiaomi Pad 5 Pro ini pengguna tidak akan bisa lagi menyematkan microSD maupun memakai earphone kabel yang tanpa perlu bantuan adapter.

  1. Tidak Mendukung untuk Video Output

Berbagai tablet dari merk lainnya yang juga terkenal mempunyai fitur yang berfungsi untuk urusan pekerjaan, yaitu dukungan untuk video output melewati USB Type-C. Adanya fitur yang satu ini memungkinkan perangkat dapat menduplikasi tampilan dari tablet di monitor eksternal. Misalnya saja dalam produk Samsung Galaxy Tab S Series  yang mempunyai fitur bernama Samsung DeX.

Fitur Samsung DeX tersebut bisa membuat tampilan dari tablet pada monitor eksternal terlihat seperti laptop atau desktop. Sayang sekali berbagai fitur tersebut absen di Xiaomi Pad 5 Pro. Apabila memang ingin melakukan berbagai pekerjaan secara praktis dan seamless, setidaknya pada Xiaomi Pad 5 Pro tersebut mendukung untuk split-screen guna memudahkan multitasking.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi Pad 5 Pro. Kedua hal ini penting sekali Anda perhatikan sebelum membeli produk tersebut.

Baca Juga : Mengenal dan Mengetahui Perbedaan Xiaomi Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

sixteen + six =