Kerugian dan Keuntungan Root Pada Android

Kerugian dan Keuntungan Root

Kerugian dan Keuntungan Root Pada Android – Perangkat berbasis Android baik itu smartphone ataupun tablet memang sangatlah populer dan telah digunakan oleh hampir semua orang. Hal tersebut tidaklah mengherankan dikarenakan perangkat berbasis sistem operasi Android merupakan perangkat serbaguna yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam hal yang sangat beragam mulai dari sebagai alat komunikasi, sebagai sarana hiburan, hingga untuk menunjang produktivitas. Smartphone sendiri kini sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat.

Para pengguna perangkat berbasis Android tentu saja sudah sangat familiar dengan istilah root, pasalnya ada banyak pengguna Android yang melakukan root. Perlu Anda ketahui bahwa proses root akan memungkinkan Anda untuk bisa mengakses sistem Android secara penuh yang mana tentu saja akan menguntungkan karena Anda akan bisa melakukan berbagai macam hal. Namun di balik itu, ternyata ada juga kerugian jika Anda melakukan proses root. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini akan kami ulas kerugian dan keuntungan root pada Android.

Kerugian dan Keuntungan Root Pada Android

Kerugian Root Pada Android

Kerugian dan Keuntungan Root

1. Menghilangkan Garansi

Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa proses root akan bisa menghilangkan garansi smartphone sehingga Anda harus benar-benar memikirkannya sebelum melakukan proses root. Ya, semua vendor memang tidak menganjurkan proses root pada smartphone buatannya karena proses root tersebut akan bisa membuat sistem menjadi tidak stabil sehingga menyebabkan berbagai masalah.

2. Membuka Celah Keamanan Yang Berbahaya

Kerugian kedua yang juga bisa dialami apabila Anda melakukan root pada perangkat Android adalah terbukanya celah keamanan pada smartphone tersebut. Seperti yang Anda ketahui bahwa proses root akan memungkinkan para pengguna Android untuk mendapatkan akses yang penuh terhadap seluruh sistemnya sehingga secara otomatis juga akan membuka celah keamanan.

Keuntungan Root Android

Kerugian dan Keuntungan Root

1. Optimasi RAM Agar Lebih Lega

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika melakukan root adalah bisa mengoptimasi RAM agar lebih lega, optimasi RAM sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara di mana ada banyak aplikasi di Google Play Store yang berfungsi untuk membersihkan RAM. Namun proses pembersihan ini biasanya dilakukan secara manual, Anda bisa melakukannya secara otomatis setelah melakukan root.

2. Kerugian dan Keuntungan Root, Menghemat Baterai

Keuntungan kedua yang juga akan bisa Anda dapatkan dari proses root adalah baterai menjadi lebih hemat. Perlu Anda ketahui bahwa perangkat Android yang telah diroot akan bisa menghemat pemakaian baterainya hingga 40 persen, hal ini bisa terjadi karena Anda akan bisa melakukan berbagai macam optimasi pada perangkat Android yang telah diroot, salah satunya adalah manajemen RAM.

3. Tweaking Performa

Keuntungan selanjutnya apabila Anda melakukan root adalah bisa melakukan tweaking guna meningkatkan performa smartphone. Kebebasan tweaking memang menjadi salah satu alasan mengapa sebagian besar pengguna Android melakukan root, tweaking yang dimaksudkan di sini pada umumnya dilakukan dengan mengedit seting sistem yang terdapat pada direktori root.

Bagi Anda yang ingin melakukan root terhadap perangkat Android kesayangan, sebaiknya Anda mengetahui kerugian dan keuntungannya terlebih dahulu.

Baca Juga : Alasan Smartphone Android Perlu Diroot

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 × one =