Perbedaan iPad 2021 dan iPad Mini 2021

Perbedaan iPad 2021 dan iPad Mini 2021 – Pada tahun ini, persaingan tablet semakin sengit sebab ada begitu banyak tablet baru yang dirilis. Salah satu tablet yang dirilis adalah iPad 2021 dan iPad Mini 2021. Meskipun keduanya memang termasuk produk yang hampir mirip, akan tetapi ada perbedaan yang mencolok diantara kedua tablet itu. Inilah perbedaan iPad 2021 dan iPad Mini 2021 yang bisa kamu ketahui. 

7 Perbedaan iPad 2021 dan iPad Mini 2021

  1. Ukuran Layar

Perbedaan iPad 2021 dan iPad Mini 2021

Perbedaan iPad 2021 dan iPad Mini 2021 yang pertama bisa terlihat dari ukuran layar yang tersedia. Seusai dengan nama produknya, iPad Mini 2021 memiliki ukuran layar yang lebih kecil dibandingkan dengan iPad 2021. Ukuran layar pada iPad Mini 2021 adalah 8,3 inci sehingga bentuknya memang cukup mungil jika disejajarkan dengan tablet lainnya.

Sementara itu, iPad 2021 memiliki ukuran layar sebesar 10,2 inci, sehingga resolusi yang bisa diraih oleh tablet ini pun cukup tinggi. Hal tersebut berbeda dengan iPad Mini 2021 yang hanya mampu meraih resolusi kecil dengan aspek rasio sebesar 3:2 saja.

  1. Kualitas Kamera Belakang

Kamera belakang yang terdapat pada kedua tablet ini juga datang dalam kualitas yang berbeda-beda. Meskipun fotografi bukan termasuk kedalam hal yang dijadikan sebagai prioritas oleh pihak yang memproduksi tablet, namun kualitas gambar yang dihasilkan oleh kedua tablet ini bisa dibilang cukup memuaskan.

Untuk iPad Mini 2021, resolusi kamera yang ada di bagian belakang yakni 12 MP yang mampu memproduksi gambar yang cukup jelas dan bahkan mampu merekam video dengan resolusi 4k. Sedangkan iPad 2021 memiliki kamera belakang dengan resolusi 8 MP yang hanya mampu mengusung fungsi yang standar saja.

  1. Versi Bluetooth

Perbedaan iPad 2021 dan iPad Mini 2021

Perbedaan iPad 2021 dan iPad Mini 2021 yang selanjutnya terletak pada versi bluetooth yang disematkan di antara kedua tablet ini. Pada bagian bluetooth, iPad Mini 2021 jauh lebih unggul dibandingkan dengan iPad 2021 sebab tablet ini sudah mendukung Bluetooth 5.0. Bluetooth versi yang terbaru ini tentu memiliki jarak coverage yang lebih luas.

Sebaliknya, iPad 2021 memiliki bluetooth versi standar dan konektivitasnya pun bisa dikatakan lebih inferior apabila dibandingkan dengan iPad Mini 2021. iPad 2021 menggunakan Bluetooth 4.2, dan kecepatan transfernya jauh lebih rendah dan jarak coverage yang dimilikinya pun cukup sempit apabila dibandingkan dengan Bluetooth 5.0.

  1. Jaringan Seluler

Tidak hanya pada bagian bluetooth saja, namun perbedaan iPad 2021 dan iPad Mini 2021 juga bisa dilihat dari perbedaan jaringan seluler yang didukung oleh kedua tablet ini. Pada jaringan seluler, iPad Mini 2021 selangkah lebih maju dibandingkan dengan iPad 2021 sebab iPad Mini ini sudah mampu mendukung jaringan 5G yang lebih cepat.

Akan tetapi, untuk beberapa alasan tertentu yang belum diketahui, iPad 2021 justru hanya mendukung jaringan 4G atau LTE saja. Hal itu berbanding terbalik dengan iPad Mini yang mampu membantu pengguna untuk merasakan jaringan internet super kencang dan stabil, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai alat untuk melakukan streaming atau mengunduh berbagai file dari internet.

  1. Lokasi Fingerprint Sensor

Perbedaan iPad 2021 dan iPad Mini 2021

Lokasi sidik jari yang terdapat pada kedua perangkat ini pun ditaruh pada tempat yang berbeda. Karena bodi iPad 2021 yang lebih besar, maka lokasi sensor sidik jari tentunya diletakkan pada bagian belakang perangkat. Akan tetapi, iPad 2021 ada pula yang menaruh sensor sidik jari tersebut pada tombol Home sehingga pengguna tinggal menyalakan tombol tersebut untuk mengaktifkannya.

Untuk iPad Mini 2021 sendiri, lokasi sensor sidik jari terletak pada samping bodi perangkat. Hal tersebut kemungkinan karena tablet ini memiliki bentuk bodi yang ramping dan mungil, sehingga lokasi sensor sidik jari pun ditaruh pada tempat yang memang gampang dijangkau oleh pengguna. Letak sensor ini berdekatan dengan tombol Power untuk menyalakan perangkat.

  1. Teknologi WiFi

Selain jaringan seluler, kedua tablet ini juga hadir dalam teknologi WiFi yang berbeda. Lagi-lagi, iPad Mini 2021 jauh lebih unggul dalam teknologi WiFi sebab perangkat ini sudah menghadirkan teknologi WiFi 6 yang sangat canggih. iPad 2021 kalah jauh karena tablet ini justru masih menggunakan teknologi WiFi yang cukup jadul yakni WiFi 5 Dual Band.

Karena adanya teknologi WiFi 6, hal itu memungkinkan pengguna iPad Mini 2021 untuk berselancar di internet dengan lebih maksimal. Pengguna dapat melakukan streaming dan mengunduh apapun dalam kecepatan yang gesit dan tidak perlu kesulitan dalam mengatasi masalah tertentu yang dapat mengganggu kelancaran perangkat dalam melakukan kegiatan di internet.

  1. Desain

Perbedaan iPad 2021 dan iPad Mini 2021

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, iPad Mini 2021 memang layak untuk mendapatkan berbagai pujian yang dilayangkan padanya sebab meskipun desainnya yang sederhana dan mungil, perangkat ini tetap mampu menghasilkan berbagai macam kelebihan. Bobot iPad Mini ini bahkan hanya sebesar 293 gram saja untuk varian yang mendukung jaringan WiFi.

iPad 2021 memang memiliki bodi yang jauh lebih besar dan lebar apabila dibandingkan dengan iPad Mini. Diketahui, iPad 2021 memiliki berat 487 gram untuk tablet yang mendukung jaringan WiFi. Dengan ukurannya yang cukup besar, iPad 2021 mampu menghadirkan sensasi menonton video atau film dengan lebih baik lagi seperti sedang menonton di laptop.

iPad 2021 vs iPad Mini 2021, Manakah yang Lebih Bagus?

 

Berdasarkan pembahasan perbedaan iPad 2021 dan iPad Mini 2021 di atas, mungkin kamu merasa kebingungan untuk memilih yang mana. Namun kamu tidak perlu merasa terlalu kebingungan, karena kedua tabel itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini adalah beberapa penjelasan singkat mengenai kelebihan kedua perangkat tersebut.

  1. Kelebihan iPad Mini 2021

Meskipun beratnya yang cukup mungil, namun iPad Mini 2021 tetap menghasilkan kelebihan yang mengagumkan. Kamu bisa menggunakan tablet ini untuk melakukan berbagai hal, salah satunya adalah memotret dengan hasil jepretan yang indah dan cukup mulus. Selain itu, kamu pun dapat membawa perangkat ini kemanapun dengan mudah karena ukurannya yang kecil.

  1. Kelebihan iPad 2021

Meskipun kualitas kamera yang dimiliki oleh perangkat ini cukup standar, kamu tetap bisa memanfaatkan tablet ini untuk melakukan beberapa kegiatan. Beberapa contohnya yaitu kamu bisa memakai iPad 2021 untuk menonton film dalam kualitas tinggi, dan bermain game yang memang memiliki grafik cukup jernih. Sebab tablet ini memang mendukung resolusi tersebut.

Itulah beberapa perbedaan iPad 2021 dan iPad Mini 2021 yang bisa kamu ketahui. Karena tablet sekarang ini semakin banyak yang dirilis, perlu informasi yang tepat untuk mengetahui apakah tablet yang ingin dibeli memang sudah sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan cari tahu kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Pilihlah tablet yang memang sesuai dengan keinginan kamu.

Baca Juga : Berikut Ini 6 Perbedaan Iphone 13 Series. Cari Tahu Disini

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

two × 5 =