Ketahui Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Ketahui Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy Tab A7 Lite – Samsung tidak hanya menyediakan berbagai produk ponsel pintar dan peralatan elektronik, produsen ini juga memproduksi tablet untuk memudahkan aktivitas daring. Salah satu tablet terbaru Samsung adalah Samsung Galaxy Tab A7 Lite, jika Anda berniat untuk membelinya dalam waktu dekat, berikut adalah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab A7 Lite.

Kelebihan Tablet Samsing Galaxy Tab A7 Lite

Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy Tab A7 Lite

  • Desain Ringan dan Ramping

Tablet biasanya berat dengan bodi yang tebal, berbeda dengan tablet keluaran Samsung yang satu ini, Anda akan mendapatkan bodi yang ramping dan ringan. Untuk desain tabletnya, A7 Lite menggunakan bahan aluminium, di bagian depan layar dibuat menggunakan material gelas.

Di sebelah kanan tablet, terdapat tombol power dan volume, di sebelah kiri Anda akan mendapatkan slot untuk menyematkan sim card dan memori eksternal. Ini tentu standar peletakan fitur yang umum ditemui di ponsel pintar, jika Anda tidak terbiasa dengan fitur tablet, maka desain ini akan memudahkan Anda.

Ukuran tablet ini juga cukup minimalis, beratnya hanya 366 gram dengan dimensi lebar 212,5 x 124,7 x 8 mm. Tersedia dua pilihan warna yang bisa Anda pilih, warna silver dan abu abu, semuanya memiliki desain yang stylish dan memudahkan mobilisasi.

  • Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Baterai Ukuran Besar

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab A7 Lite lain yang harus Anda ketahui adalah kapasitas baterai yang tersedia. Tablet ini menggunakan baterai kapasitas 5.100 mAh, membuat Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Untuk pemakaian normal, Anda bisa menggunakannya selama 13 jam penuh tanpa pengisian daya.

Meski ukuran baterainya jumbo, namun pengisian daya yang dimiliki cukup cepat. Fitur ini memang umum ditemukan di ponsel pintar masa kini, namun belum semua tablet memilikinya. Teknologi isi daya cepat yang dimiliki adalah fast charging 15 watt, untuk menunggu baterai sampai penuh, Anda tidak perlu menunggu lama.

  • Bluetooth 5.0

Penggunaan Bluetooth saat ini memang sudah tidak relevan jika digunakan untuk mengirimkan berbagai file. Bluetooth lebih digunakan untuk mengintegrasikan perangkat tablet dengan perangkat lain, biasanya untuk mendengarkan music atau konektivitas data. Untuk tablet A7 Lite milik Samsung ini, Anda akan mendapatkan fitur Bluetooth 5.0.

Jenis Bluetooth yang satu ini tentu lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya, salah satunya mengenai jangkauannya yang dua kali lebih luas, setara dengan jaringan wifi. Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk melakukan transfer data 4 kali lebih cepat, proses kirim data menjadi makin ringkas dilakukan.

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab A7 Lite terkait dengan perangkat Bluetooth ini juga memberikan keunggulan berupa integrasi dengan IOT atau Internet of Things. Dengan fitur tersebut, integrasi antar tablet ataupun perangkat mobile lain bisa dilakukan lebih mudah.

  • Speaker Unggulan

Bagian audio menjadi bagian yang tidak boleh dilewatkan apabila Anda menggunakan tablet. Untuk tablet A7 Lite keluaran Samsung ini, bagian speaker dan audionya paling unggul di kelasnya. Konsep yang dibawa adalah stereo speaker, pemasangannya juga di empat lokasi yang berbeda, sehingga kualitas suara yang didapat cukup jernih.

Sistem dan teknologi yang juga digunakan oleh perangkat ini adalah Dolby Atmos, fitur ini akan membuat kualitas audio sebaik speaker berkelas. Anda juga bisa mendapatkan tampilan audio yang sinematik jika bermain game ataupun menonton video streaming. mendengarkan musik favorit juga lebih menyenangkan dengan kualitas speaker unggulan ini.

Kekurangan Tablet Samsung Galaxy A7 Lite

Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Meskipun memiliki banyak kelebihan, bukan berarti produk ini tidak memiliki kekurangan sama sekali. Mengetahui kekurangan suatu produk akan membuat Anda lebih paham terkait dengan produk tersebut, kekurangan tablet A7 diantaranya:

  • Kualitas Layar

Hal yang tidak boleh dilupakan ketika membahas kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab A7 Lite adalah kualitas layar dan resolusinya. Untuk tablet ini, ukuran layarnya hanya 8,7 inchi, namun rasio bodinya sekitar 81 persen. Teknologi yang disematkan di layar ini adalah TFT atau thin fim transistor, fitur ini membuat pengguna memiliki sudut pandang yang terbatas.

Selain itu, visibilitas tablet juga tidak maksimal apabila digunakan tepat di bawah cahaya matahari. Meski kualitasnya tidak sebaik ponsel pintar keluaran Samsung, namun tablet ini sudah menggunakan teknologi TFT terbaru, sehingga kualitasnya sama dengan teknologi IPS saat ini.

Resolusi yang dihasilkan oleh layar tablet ini adalah 800 x 1340 piksel, rasio yang didapatkan adalah 5:4. Ketajaman layarnya juga hanya 179 ppi, meski tidak memberikan resolusi yang tajam, namun standarnya masih cukup baik.

  • Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy Tab A7 Lite, Sensor yang Minim

Berikutnya terkait dengan minimnya sensor yang digunakan, biasanya ada beberapa sensor yang disematkan di produk Samsung, mulai dari kompas, akselerometer, hingga sensor untuk cahaya. Namun di tablet ini Anda tidak mendapatkan semua sensor tersebut, membuatnya kurang nyaman digunakan untuk aktivitas non komputasi.

Selain tidak adanya berbagai sensor tersebut, tablet ini juga tidak memiliki sensor gyro untuk bermain game. Dengan adanya sensor ini, pemain biasanya dapat mengatur orientasi dan mengarahkan karakter dengan mudah, tanpa sensor gyro, maka Anda harus mengarahkan karakter secara manual.

  • Tidak Adanya Lapisan Olephobic

Selain tidak hadirnya beragam sensor dan kualitas resolusi yang rendah, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab A7 Lite tidak hanya sampai disana. Tablet ini ternyata tidak menggunakan lapisan olephobic, padahal tanpa lapisan tersebut kotoran dan minyak dapat menempel dengan mudah.

Kartu grafis yang digunakan pun tidak memberikan pengalaman yang baik, jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih baik, Anda disarankan menggunakan launcher untuk tampilan yang lebih nyaman. Penghapusan aplikasi yang tidak digunakan juga disarankan agar tablet tidak sering mengalami lag.

  • Kamera Standar

Umumnya kamera yang dimiliki oleh Samsung memiliki standar yang cukup baik, setidaknya unggul dibandingkan dengan produsen tablet atau smartphone lainnya. Namun untuk versi Lite ini, kamera yang digunakan hanya memiliki resolusi 2 MP. Jika ingin menggunakannya untuk mengambil gambar secara simetris, Anda harus mengarahkannya ke sebelah kiri karena posisinya yang tidak pas di tengah.

Di bagian belakang, kamera yang akan Anda dapatkan adalah kamera resolusi 8 MP, kamera ini sudah dilengkapi dengan autofocus. Sedangkan untuk pengambilan video, Anda bisa mendapatkan resolusi 1080 piksel tiap 30 fps. Hasil gambarnya memang cukup baik, namun tidak sesuai dengan standar Samsung. Kamera bagian belakang bahkan tidak memiliki LED Flash untuk tampilan gambar yang lebih terang.

Itulah penjelasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Tab A7 Lite, semoga dengan informasi tersebut Anda bisa lebih bijak dalam mempertimbangkan pemakaian tablet keluaran Samsung ini. Jangan lupa pertimbangkan kebutuhan dan budget yang dimiliki, sehingga tablet bisa digunakan secara maksimal untuk berbagai aktivitas daring.

Baca Juga : Spesifikasi Samsung Galaxy M32 VS Galaxy A32

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × three =