Ketentuan dan Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Lengkap

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Ketentuan dan Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Lengkap – Kadang ketika sedang belanja online di Shopee, Anda ingin membatalkan pesanan yang sudah dibuat. Fitur pembatalan pesanan memang disediakan, namun tidak semua orang bisa menggunakannya. Sebenarnya cara membatalkan pesanan di Shopee tidak sulit untuk dilakukan.

Namun Anda harus tetap mematuhi aturan yang diberlakukan oleh Shopee sebagai pihak e-commerce. Jika melanggar ketentuan yang telah ditetapkan, maka Anda tidak bisa membatalkan pesanan yang sudah berjalan.

Inilah Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Cara membatalkan pesanan di Shopee bisa dilakukan untuk semua jenis transaksi, baik transaksi regular atau COD. Agar lebih memahami bagaimana teknis untuk membatalkan pesanan, ikuti langkah langkah berikut ini.

Syarat dan Ketentuan Pembatalan

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Ada ketentuan yang harus Anda penuhi jika ingin menggunakan fitur pembatalan pesanan yang disediakan oleh Shopee, diantaranya adalah:

  • Pembeli atau penjual tidak bisa melakukan pembatalan pesanan yang sudah dikemas atau perlu dikirim salah satu saja. Jika ingin melakukan pembatalan pesanan, harus dilakukan untuk semua produk.
  • Jika produk belum dibayar, maka pihak pembeli bisa membatalkan salah satu pesanan di antara produk produk yang ingin dibeli.
  • Pengajuan pembatalan hanya boleh dilakukan satu kali saja.

Cara Membatalkan Pesanan yang Sudah Dibayar

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Jika pesanan yang Anda ingin batalkan sudah terbayar, Anda tetap bisa membatalkan pesanan. Proses pembatalan bisa dilakukan oleh kedua belah pihak, baik pihak pembeli atau penjual. Cara melakukannya juga tidak sulit, berikut adalah langkah langkahnya.

  • Masuk ke menu Saya, ada di bagian pojok kanan menu Shopee Anda.
  • Pilih opsi Dikemas.
  • Klik barang yang ingin Anda batalkan.
  • Klik Batalkan Pesanan dan lakukan konfirmasi dengan menekan menu Ya.

Proses pembatalan selesai, Anda hanya tinggal menunggu notifikasi bahwa proses pembatalan tengah diproses.

Cara Membatalkan Pesanan yang Belum Dibayar

Jika sebelumnya adalah pembatalan pesanan yang sudah terbayar, maka selanjutnya adalah pembatalan pesanan yang belum dibayar. Jika Anda membatalkan pesanan yang belum terbayar, maka status pembelian akan batal. Apabila ingin membelinya lagi, Anda harus melakukannya secara manual dengan memilih barang dan melakukan check out.

Cara melakukan pembatalan pesanan yang belum dibayar tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, berikut adalah rinciannya.

  • Masuk ke halaman Saya di pojok kanan halaman aplikasi Shopee Anda.
  • Pilih barang yang ada di status Belum Bayar.
  • Klik produk yang ingin Anda batalkan.
  • Pembatalan pesanan bisa dilakukan dengan memilih opsi Batalkan Pesanan.
  • Konfirmasi pembatalan dengan menekan opsi Ya.

Dengan memilih opsi Ya, secara otomatis pesanan akan langsung dibatalkan. Pembatalan akan langsung disetujui jika Anda melakukan pembatalan kurang dari 1 jam setelah melakukan check out. Jika sudah lebih dari satu jam, Anda harus menunggu konfirmasi dari pihak penjual.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Sistem COD

Selain bisa membatalkan pesanan Shopee yang dilakukan secara regular, pesanan dengan sistem COD juga bisa dibatalkan. Namun ada ketentuan ketika Anda ingin mengajukan pembatalan pesanan, pesanan tersebut belum dikirim oleh penjual. Jika sudah dikirim, maka pesanan tidak bisa dibatalkan.

Apabila produk pesanan Anda belum dikirim dan masih dalam tahap dikemas, Anda bisa membatalkan dengan langkah langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Shopee, pilih menu Saya.
  • Buka menu Beli, pilih menu Dikemas.
  • Cari pesanan COD yang ingin Anda batalkan.
  • Lakukan pembatalan dengan menekan Batalkan Pesanan dan lakukan konfirmasi.

Bagaimana jika barang yang Anda beli sudah dikirim? Anda tidak bisa membatalkan pesanan tersebut. Berbeda jika barang sudah sampai namun tidak sesuai dengan pesanan atau dalam keadaan cacat, maka Anda bisa meminta pengembalian barang. Namun untuk kemudahan dalam berkomunikasi, Anda disarankan untuk bertanya dulu kepada penjual, apalagi jika barang sudah dikirim.

Pembatalan Pesanan Otomatis dari Shopee

Di Shopee terdapat sistem pembatalan otomatis, ini dilakukan jika pihak penjual tidak aktif selama jangka waktu tertentu dan tidak memproses pesanan Anda. Pembatalan pesanan otomatis ini bisa dilakukan langsung tanpa harus menunggu konfirmasi dari pihak penjual. Uang yang Anda gunakan untuk membayar akan dikembalikan di jangka waktu yang sudah ditentukan.

Hal yang sama jika Anda tidak kunjung membayar pesanan yang sudah Anda buat, dalam jangka waktu 1 hari pesanan akan dibatalkan secara otomatis. Untuk membeli ulang, Anda harus melakukan check out manual seperti sebelumnya.

Apabila Anda ingin membatalkan pesanan, sebaiknya lakukan sebelum penjual menginput resi ke sistem Shopee. Dengan mengikuti aturan tersebut, maka proses pembatalan bisa dilakukan lebih mudah dan tidak membebani pihak manapun.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee, Cara Konfirmasi Pembatalan Pesanan oleh Penjual

Jika posisi Anda adalah penjual, Anda harus tahu bagaimana cara membatalkan pesanan. Caranya mudah, Anda bisa mengikuti panduan berikut ini:

  • Masuk ke menu Saya, kemudian pilih Toko Saya.
  • Masuk ke halaman Penjualan Saya.
  • Pilih barang yang ada di kondisi Perlu Dikirim.
  • Klik barang yang diajukan pembatalan oleh pembeli, klik Jawab.
  • Tuliskan alasan pembatalan dan klik Konfirmasi.
  • Proses pembatalan pesanan akan diproses, kini Anda hanya tinggal menunggu pengembalian dana yang dilakukan oleh sistem Shopee.

Apabila Anda memang tidak berkenan melakukan konfirmasi pembatalan pesanan, Anda bisa menolak permintaan pembatalan tersebut. Tuliskan alasan Anda kenapa Anda menolak pembatalan pesanan yang diajukan oleh pembeli di kolom yang tersedia.

Cara Membeli Barang yang Sudah Dibatalkan

Barang yang sudah Anda batalkan tetap bisa dibeli lagi, untuk melakukannya Anda bisa mengikuti panduan berikut:

  • Buka aplikasi Shopee, kemudian pilih menu Saya.
  • Masuk ke menu Lihat Riwayat Pemesanan.
  • Pilih opsi menu Dibatalkan.
  • Tersedia pilihan menu Beli Lagi, klik menu tersebut untuk melakukan pembelian ulang.
  • Setelahnya, Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan pembelian biasanya.

Pengembalian Dana di Shopee

Jika melakukan pembatalan pesanan dan Anda sudah membayar, maka Anda bisa mendapatkan dana Anda kembali. Pengembalian dana di Shopee dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah:

  • Transfer bank, ini dilakukan dalam jangka waktu 1 x 24 jam. Akun yang sudah melakukan aktivasi Shopeepay bisa menggunakan pilihan ini.
  • Kartu kredit, pengembalian dana menggunakan kartu kredit tergantung dengan kebijakan bank. Berkisar antara 7 sampai 14 hari, Anda bisa menanyakan hal tersebut kepada pihak bank yang bersangkutan.
  • Debit online, waktu pengembalian dana bisa mencapai 60 hari. Jika Anda ingin melakukan pengembalian debit online, disarankan untuk menghubungi pihak bank untuk konfirmasi dan langkah selanjutnya.
  • Akulaku, Anda bisa melakukan pengembalian dana menggunakan Akulaku. Butuh waktu sekitar 7-11 hari untuk menyelesaikan prosesnya.

Penjelasan mengenai cara membatalkan pesanan di Shopee diatas semoga bisa membantu Anda. Apabila menghadapi masalah, Anda bisa bertanya langsung via chat atau email dengan customer service yang dimiliki oleh Shopee. Untuk lambat atau tidaknya penagangan yang akan diberikan, tergantung dengan kebijakan dan banyak tidaknya masalah yang sedang masuk.

Baca Juga : Cara bayar ShopeePay di Indomaret dan Alternatif lainnya

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *