Lupa Kode Akses BCA, Lakukan Cara Ini untuk Mengatasinya!

Cara Mengatasinya Lupa Kode Akses BCA

Cara Mengatasinya Lupa Kode Akses BCA – Kode akses sendiri biasanya berisikan kombinasi-kombinasi angka rahasia yang hanya dimiliki oleh nasah yang sudah mengaktifkan layanan BCA saja. Tentu saja, hal ini tidak jauh dari yang Namanya lupa kode akses, karena terkadang kamu mengisikan angka atau kode akses yang terkesan rumit.

Lupa kode akses BCA, terkadang memang akan sangat memusingkan dan membuat panik terutama untuk kamu yang menggunakan kartu bank BCA. Hal ini biasanya ditandai dengan tidak bisa melakukan login, apalagi jika kamu mencobanya dan sudah mencapai batas kesalahan memasukkan kode akses 3 kali.

Namun, kamu tak perlu khawatir, karena hal tersebut bisa kamu atasi hanya dalam satu genggaman. Berkat kemajuan teknologi yang ada, kamu bisa dipermudah dengan berbagai pengurusan dalam perbankan tanpa harus repot-repot ke bank.

Jadi kamu tidak perlu merasa panik karena adanya masalah satu ini.

Lantas apa sajakah cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi lupa kode akses BCA ini? Dan bagaimanakah cara untuk membuatnya atau menggantinya dengan kode akses yang baru?

Cara Mengatasi Lupa Kode Akses Bca dengan M-Banking BCA

Untuk mengatasi lupa kode akses bca sendiri sebenarnya tidaklah begitu rumit. Hanya saja, kamu perlu bersabar dalam pelaksanaan prosesnya jika menggunakan system aplikasi. Terutama jika kamu lupa kode akses bca tanpa kartu.

Berikut adalah beberapa cara-cara yang bisa kamu gunakan untuk mengganti kode akses BCA.

  • Bukalah aplikasi BCA mobile, jika kamu lupa kode akses bca dalam keadaan tidak mempunyai kartu atmnya, kamu bisa mencoba dengan membuka aplikasi bca mobile. Apabila kamu mengalami kegagalan penginputan kode akses hingga tiga kali, secara otomatis kamu akan mendapatkan pesan pop-up yang meminta untuk verifikasi.
  • Cukup tekan saja tombol verifikasi. Atau jika memang masih belum terverifikasi dengan baik, kamu bisa menekan tanda seru yang ada di pojok kanan atas lalu tekan verifikasi ulang.
  • Masukkan nomor kartu atm BCA, pada kolom selanjutnya, kamu akan diarahkan menuju pengisian nomor kartu atm. Biasanya jumlah digit dari nomor kartu atm tersebut adalah 16 digit.
  • Pastikan sebelum menekan tombol OK, nomor yang kamu masukkan sudah benar. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengecekan ulang untuk menghindari kesalahan Kembali.
  • Kirim Pesan lewat SMS. Langkah selannjutnya kamu secara otomatis akan membuka aplikasi sms dan dimintai untuk mengirimkan pesan singkat yang sudah mereka siapkan. Jadi, kamu hanya perlu mengirimnya saja. Namun, pastikan juga pulsa yang kamu miliki cukup untuk mengirim pesan.
  • Buat Kode Akses BCA, setelah proses pengiriman pesan, kamu akan diarahkan menuju halaman untuk membuat atau mengganti kode akses yang lama ke kode akses yang baru. Di sini, kamu hanya perlu mengisikan kode akses yang baru sebanyak dua kali saja.
  • Perlu diingat bahwa saat pengisian kode akses, jangan gunakan kode akses yang rumit tapi juga tidak yang mudah, namun bisa kamu ingat dengan baik. Setelahnya, kamu sudah bisa melakukan transaksi secara bebas di atm BCA kamu.

Mengatasi Lupa Kode Akses BCA dengan Halo BCA

Cara kedua yang bisa kamu gunakan jika lupa akan kode akses BCA kamu, bisa dengan menghubungi Halo BCA. Cara ini juga bisa untuk menyiasati permasalahan kamu tanpa harus datang langsung ke kantor bank yang bersangkutan. Bagaimanakah tahap-tahapnya? Berikut beberapa tahap atau langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menghubungi Halo BCA.

  • Hubungi Call Center BCA, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi Halo BCA atau call center BCA. Call center BCA ini biasanya bisa kamu dapatkan di website official dari bank BCA. Setelahnya kamu akan dipandu untuk melakukan reset kode secara manual.
  • Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan, biasanya jika berhubungan dengan pergantian kode akses atau pun pin pada atm bank dibutuhkan dokumen pendukung yang dibutuhkan seperti buku rekening, kartu atm atau KTP. Namun, jika kamu tidak memiliki kartunya, pihak customer services akan meminta KTP yang digunakan dan nomor rekening yang digunakan.
  • Sampaikan permasalahan kamu, ketika kamu sudah terhubung melalui sambungan telepon, sampaikanlah permasalahan kamu secara detail kepada Call Center BCA. Setelahnya mereka akan meminta kamu untuk melakukan verifikasi data dan identitas kamu.
  • Ikuti prosesnya, biasanya setelah mengutarakan permasalahan kamu, aka nada serangkaian proses lainnya yang berlangsung dan tidak akan sama antara pelanggan satu dengan lainnya. Kamu hanya perlu mengikutinya saja hingga proses tersebut selesai.

Tips dan Cara Terhindar dari Lupa Kode Akses BCA

Setelah kamu dapat mengatasi permasalahan lupa kode akses BCA, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar terhindar dari lupa akses Kembali. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan tips-tips dibawah ini, diantaranya adalah:

  • Gunakan Kode Akses yang Mudah Diingat. Menggunakan kode akses yang mudah untuk kamu ingat bisa menjadi salah satu tips agar kamu terhindar dari lupa kode akses Kembali. Namun, perlu untuk kamu ingat bahwa kamu tidak bisa menggunakan tanggal lahir kamu ataupun menggunakan data-data yang mudah dikenal banyak orang seperti nomor ponsel, nomor rekening atau nomor alamat rumah.
  • Untuk membuat kamu semakin mengingat kode akses kamu, sebaiknya gunakan suku kata tertentu yang mudah kamu ingat dan bisa berkaitan erat dengan kode akses.
  • Catatlah Kode Akses, mencatat kode akses juga bisa menjadi opsi kamu dalam menjaga agar tidak terhindar dari lupa kode akses. Namun, perlu kamu ingat bahwa tidak bisa sembarang mencatta kode akses yang kamu gunakan. Pastikan hanya kamu yang mengetahui tempat dimana kamu mencatat kode akses tersebut.
  • Gantilah Kode Akses Secara Berkala, untuk keamanan yang bersifat jangka Panjang dan memudahkan kamu agar terhindar dari lupa kode akses, kamu bisa mencoba dengan mengganti secara berkala kode akses yang kamu gunakan.
  • Semakin sering kamu melakukan ganti kode akses, maka keamanan akun kamu akan lebih terjamin, meskipun terkadang hal tersebut akan terasa merepotkan jika dilakukan berulang-ulang.
  • Kodekan kata-kata menjadi angka, jika kamu memiliki kata-kata yang mudah untuk diingat, maka kamu bisa menggunakan kata-kata tersebut sebagai kode akses agar kamu tidak mudah lupa. Namun, kamu harus mengubahnya menjadi angka terlebih dahulu agar bisa tersamarkan dan kamu akan tetap aman saat menggunakan kata tersbeut sebagai kode akses.
  • Lakukan Cek Mutasi Secara Berkala, melakukan cek mutase secara berkala juga bisa menjadi pilihan kamu agar terhindar dari lupa kode akses. Meskipun tidak terlalu sering, pastikan kamu melakukannya tiga kali dalam satu bulan agar kamu tetap bisa memastikan kode akses yang kamu gunakan benar dan akun kamu terjamin keamanannya.

Dapat kita simpulkan bahwa mengatasi lupa kode akses BCA sangatlah mudah. Karena kini, pelanggan tidak harus datang ke kantor bank cabang untuk menyelesaikan masalah. Yang terpenting, nomor ponsel yang terdaftar di BCA Mobile Banking masih aktif sehingga kamu dapat menerima SMS verifikasi untuk menggantikan kode akses sebelumnya.

Jika dalam proses ganti kode akses yang terlupa masih gagal, kamu disarankan untuk menghubungi secara langsung Halo BCA melalui 1500888 atau WhatsApp 0811500998. Jangan lupa juga untuk melihat halaman FAQ yang disediakan di bagian bawah website bank terkait.

Baca Juga: 10 Cara Transfer BCA ke DANA Terbaru 2022

Ada plus minus ketika kita sering menggonta-ganti kode akses BCA dari segi keamanan bagus, namun disisi lain akan sering lupa kode akses BCA tersebut.

5/5 - (2483 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

thirteen − nine =