3 Cara Memulihkan File Dokumen Microsoft Word, Ketahui Penyebabnya

Cara Memulihkan File Dokumen Microsoft Word

Cara Memulihkan File Dokumen Microsoft Word, Ketahui Penyebabnya – Kehilangan file penting memang sangat menyebalkan, apalagi file tersebut termasuk sangat penting dan harus dikirimkan sebelum lewat deadline. Jadi, solusi utamanya adalah memulihkan file dokumen Microsoft Word. Sehingga file tersebut bisa kembali tanpa harus mengetik lagi.

Namun, sebelum membahas tentang cara memulihkan file yang sudah terlanjur hilang. Ketahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Sehingga ke depannya bisa menghindari supaya file tidak hilang lagi.

Penyebab File Microsoft Word Hilang

Bukan tidak mungkin file akan hilang sendiri meski tanpa campur tangan orang lain. Itu bisa terjadi baik di android, PC, dan laptop. Adapun penyebab data hilang bisa simak berikut ini.

1. Tidak sengaja terhapus

Kemungkinan pertama dokumen hilang adalah tidak sengaja terhapus. Penyebab yang satu ini berasal dari faktor pengguna. Mungkin saja ketika membersihkan file yang sudah tidak diperlukan lagi, dan tidak sengaja menghapus data penting tersebut.

Atau bisa saja ketika menghapus file dengan jumlah yang banyak, dokumen penting tersebut ikut terhapus juga. Oleh karena itu, pastikan sebelumnya sudah pernah menghapus data atau tidak.

2. Terhapus oleh penghapus sampah

Semakin hari akan semakin banyak file sampah dan cache. Maka pihak produsen sudah menyediakan aplikasi penghapus sampah bawaan. Penghapus sampah bawaan tersebut lebih agresif dibandingkan dengan penghapus sampah yang diunduh di Google Play Store. Bahkan yang bawaan tergolong lebih agresif.

Agresif artinya bisa menghapus data dan file yang sudah diunduh di internet. masih belum diketahui kenapa file-file tersebut ikut terhapus  meskipun itu bukanlah sampah. Oleh sebab itu, pastikan terlebih sebelum menghapus file. Jangan sampai file penting juga ikut terhapus. Serta lihat aplikasi pembersih sampah yang digunakan.

3. Tersimpan pada memori internal

Penyebab terakhir adalah file belum tersimpan di memori telepon atau memori internal. Misalnya saja ingin melakukan penghapusan menyeluruh tetapi lupa memindahkan file penting yang ada di memori telpon ke memory eksternal.

Oleh karena itu, ketika melakukan penghapusan. Maka seluruh file yang ada memori internal akan terhapus.

Itulah 3 penyebab file atau dokumen hilang. Padahal file tersebut tidak sengaja terhapus. Jika file tersebut sangat penting, maka perlu mengetahui cara memulihkan file dokumen Mincrosoft Word.

Cara Memulihkan File Dokumen Micarosoft Word

Microsoft Word merupakan salah satu perangkat lunak yang paling banyak dipakai dibandingkan dengan platform lainnya. Tapi, terkadang pengguna tidak sengaja menutup file, padahal file tersebut belum sempat tersimpan.

Pastinya pengguna kebanyakan akan panik, karena akan berpikir kalau dokumen pekerjaannya akan hilang dan belum sempat disimpan. Untungnya ada dua cara memulihkan file dokumen Microsoft Word. Berikut caranya.

1. Memulihkan File Microsoft Word dengan Temporary File

Cara pertama untuk memulihkan file dokumen Microsoft Word yang belum sempat tersimpan adalah dengan memakai fitur Temporary File.  Fitur yang satu ini berguna untuk menyimpan sementara dokumen yang ada di Microsoft Word.

Jadi, file tersebut akan otomatis tersimpan ketika PC atau laptop mati mendadak. Ada satu syarat supaya bisa memakai fitur Temporary File. Pengguna harus menyalakan fitur AutoSave yang ada di Microsoft Word. Jika tidak menyalakan fitur tersebut, maka Microsoft akan bingung untuk menyimpan file.

Cara memulihkan file di Word dengan cara ini tidaklah sulit. Pengguna bisa langsung memulihkan file, begitu file hilang karena tidak tersimpan. Adapun caranya bisa ikuti berikut ini.

  1. Buka Microsoft Word pada PC atau laptop yang sedang dipakai.
  2. Klik menu File pada tampailan pertama di Microsoft word.
  3. Lanjutkan dengan klik menu Info, lalu Manage Document yang ada di menu tersebut.
  4. Kemudian pilih fitur recover Unsaved Document yang ada dalam menu.
  5. Akan muncul di bawahnya beberapa dokumen yang belum tersimpan.
  6. Pilih dokumen yang akan dipulihkan, lalu dokumen tersebut akan terbuka pada halaman Microsoft Word yang baru.

Cara yang satu ini terbilang mudah untuk mengembalikan file yang tidak tersimpan di Word. Fitur Temporary File sendiri sudah ada pada berbagai macam versi Microsoft Word. Jika memakai Microsoft Word 2003 ke atas, pasti sudah memiliki fitur satu ini.

2 Memulihkan File Microsoft Word dengan Fitur AutoRecover

Cara selanjutnya untuk memulihkan file dokumen Microsoft word adalah dengan memakai fitur AutoRecover. Sebenarnya fitur tersebut tidak jauh berbeda dengan Temporary File.

Fitur AutoRecover merupakan pengembangan dari fitur Temporary File. Fitur yang satu ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna Microsoft Word 2010 ke atas. Sedangkan versi dibawahnya tidak akan bisa memakai fitur AutoRecover.

Pada dasarnya fitur AutoRecover ini akan membuat file yang tertutup tanpa sempat tersimpan akan muncul kembali secara langsung. Begitu pengguna membukan kembali Microsoft Word, maka file tersebut akan muncul. Namun ada kalanya juga tidak akan muncul.

Jika file tidak muncul, maka tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan berikut ini.

  1. Buka Microsoft word yang ada di perangkat.
  2. Buka File Explorer yang ada pada tampilan awal Word.
  3. Kemudian cari file dokumen dengan ekstensi .asd, lalu copy file tersebut.
  4. Gunakan fitur Open untuk membuka file yang sudah ditemukan.

Kemungkinan ketika memakai cara mengembalikan file yang belum tersimpan yang ini akan muncul file error. Padahal sudah membukanya memakai fitur Open. Tidak perlu panik ketika file tidak bisa terbuka.

Pengguna bisa melakukan berulang kali cara di atas. Oleh karena itu, gunakan selalu fitur Open dan Repair juga. Tujuannya supaya file tersebut diperbaiki ketika membukanya.

Itulah 2 cara memulihkan file dokumen Microsoft Word ketika tidak sempat tersimpan. Jika cara pertama tidak berhasil, maka bisa menggunakan cara kedua. Ingat, kedua cara tersebut hanya bisa diterapkan di PC dan laptop. Sedangkan untuk ponsel akan ada caranya tersendiri.

3. Memulihkan File Microsoft Word yang Hilang di Ponsel

Memulihkan data atau file yang hilang Smartphone tidak semudah memulihkan data di PC atau laptop. Ketika pengguna smartphone menghapus file, maka file tersebut akan terhapus secara total.

Kini tidak perlu khawati, karena sudah ada cara untuk mengembalikan file yang hilang tersebut. Ada banyak aplikasi yang bisa ditemukan di Google Play Store yang bisa membantu. Apa saja aplikasinya? Berikut ulasannya.

  1. Aplikasi Dumpster – Recycle Bin

Fungsinya sama dengan Recycle Bin yang ada di PC. Aplikasi Dumpster bisa membantu untuk mengembalikan file yang sudah terhapus di smartphone. Pemakaian aplikasi tersebut sangat mudah. Tanpa perlu Root dan bisa dilakukan secara offline.

  1. Aplikasi Recover Deleted Photos

Aplikasi yang satu ini ditujukan untuk mengembalikan file foto yang terhapus. Caranya cukup mudah, yaitu hanya melakukan canning terhadap folder dimana folder tersebut awalnya tempat foto yang terhapus tadi.

  1. Aplikasi Undeleter Recover File dan Data

Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi sejenisnya. Dapat melakukan pemindaian data yang pernah terhapus atau dihapus. Baik yang ada di memor smartphone atau memori tambahan. Aplikasi ini bisa memulihkan data berupa foto, video, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 10 Kumpulan Situs Online Untuk Mengubah File MS Word ke PDF, Gampang Pakainya

Itulah penjelasan lengkap tentang cara memulihkan file dokumen Microsoft Word dan penyebab hilangnya file tersebut. Sekarang tidak perlu panik ketika tidak sengaja terhapus, karena ada cara mudah untuk mengembalikannya.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin