Mengatasi Android Tidak Bisa Diroot

Cara_Untuk_Mengatasi_Android_Yang_Tidak_Bisa_Diroot

Cara Untuk Mengatasi Android Yang Tidak Bisa Diroot – Seperti yang bisa Anda lihat bahwa ponsel pintar berbasis Android merupakan perangkat yang sangat populer di mana perangkat mungil ini telah digunakan oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan perangkat berbasis Android memiliki fungsi yang sangat beragam sehingga akan sangat membantu aktivitas keseharian. Apabila Anda adalah seorang pengguna Android, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah root, namun apakah Anda sudah mengerti pengertian dari root itu sendiri?

Root merupakan suatu proses yang akan mengijinkan para pengguna perangkat Android baik itu smartphone ataupun tablet untuk mendapatkan hak akses penuh terhadap perangkatnya tersebut. Setelah melakukan proses root, maka Anda akan bisa melakukan berbagai hal mulai dari menghapus aplikasi bawaan hingga meningkatkan performa smartphone. Namun terkadang ada beberapa smartphone Android yang tidak bisa diroot, namun Anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini akan kami ulas cara untuk mengatasi Android yang tidak bisa diroot.

Cara Untuk Mengatasi Android Yang Tidak Bisa Diroot

Cara Untuk Mengatasi Android Yang Tidak Bisa Diroot

Unduh File Update Rooting

Apabila smartphone Android yang Anda miliki tidak bisa diroot, maka Anda bisa mengunduh file update rooting yang biasanya memiliki format zip. Perlu Anda ketahui bahwa walaupun Anda tidak membutuhkan aplikasi root, namun Anda akan membutuhkan file ini guna memulai proses root. Anda bisa mencari file update rooting untuk Android di beberapa situs ataupun forum yang membahas mengenai Android, pastikanlah file yang Anda unduh tidak mengalami kerusakan.

Masukkan ke Micro SD dan Matikan Android

Setelah Anda selesai mengunduh file update rooting, maka langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memasukkan atau memindahkan file tersebut ke Micro SD, Anda bisa memindahkannya di luar folder dengan tujuan agar lebih mudah untuk mencarinya pada saat proses root berlangsung. Setelah dipindahkan, maka Anda harus mematikan smartphons Android terlebih dahulu karena proses rooting bisa dimulai jika smartphone Android dalam kondisi mati.

Masuk ke Menu Recovery Dengan Menekan 3 Tombol

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah masuk ke menu recovery, Anda bisa masuk ke dalam menu recovery di Android dengan cara menekan 3 tombol tertentu yakni tombol power, tombol volume atas, dan tombol volume bawah. Anda bisa menekan tombol power terlebih dahulu, kemudian tekanlah tombol volume atas dan tombol volume bawah secara bersamaan. Anda tidak boleh melepaskan ketiga tombol tersebut hingga tampilan recovery muncul.

Lakukan Pemasangan File Rooting dan Restart

Jika tampilan menu recovery  Android telah muncul di layar smartphone, maka Anda bisa masuk ke menu recovery tersebut dan melakukan penginstalan file rooting yang telah diunduh sebelumnya. Anda bisa memilih file rooting berformat zip yang tadi telah dipindahkan ke Micro SD dan tunggulah hingga proses penginstalan tersebut selesai. Setelah proses penginstalan file rooting selesai, maka Anda bisa menahan tombol power dan melakukan restart atau reboot.

Jika smartphone Android yang Anda miliki tidak bisa diroot, maka tidak ada salahnya apabila Anda melakukan beberapa cara yang telah diulas pada artikel di atas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca Juga: Alasan Smartphone Android Perlu Diroot

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *