11 Cara Mengubah Username di Instagram Terbaru 2022

Cara Mengubah Username di Instagram, Mudah dan Cepat – Cara mengubah username di Instagram sering dilakukan oleh penggunanya. Ada banyak alasan di belakangnya, salah satunya supaya mempermudah orang lain untuk mencarinya. Bisa juga untuk bersembunyi dari pengguna lainnya.

Bagaimanapun alasannya, mengganti username di IG sangat mudah. bisa melakukannya pada versi aplikasi atau juga bisa lewat website media sosial. Namun sebelum membahas tentang cara tersebut, simak beberapa penjelasan tentang Instagram.

Mengubah Username di Instagram

Apa Itu Instagram?

Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang bisa berbagi foto atau video. Selain itu, pengguna juga bisa mengambil foto, mengambil video, menrapkan beberapa fitur di dalamnya, serta aktivitas menarik lainnya.

Instagram merupakan perpaduan antara kata, instan dan telegram. Kata instan berdasarkan nama insta yang berarti kamera polaroid. Pada masa cemerlangnya terkenal dengan sebutan foto instan.

Oleh karena itu, Instagram berarti menampilkan foto-foto secara langsung, layaknya polaroid di dlam tampilannya. Adapun kata telegram mengacu pada sebuah alat yang bisa mengirimkan informasi kepada semua orang dengan cepat.

Awalnya aplikasi Instagram hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone saja. Namun sejak Facebook secara resmi mengambil alih tahun 2012, Instagram sudah mulai bisa dipakai oleh semua tipe ponsel.

Oleh karena itu, logo dari Instagram juga berubah menjadi gambar kamera polaroid yang memiliki arti sebuah aplikasi berbagi foto dan video. Sampai sekarang ada banyak pengguna Instagram yang aktif. Bukan hanya bisa berbagi foro dan video saja, ada juga fitur menarik lainnya yang patut dicoba.

Fitur Menarik dalam Instagram

Semakin lama semakin banyak pengguna Instagram. Tentunya semakin meningkat pelayanannya dengan adanya fitur-fitur menarik dan istimewa. Berikut fitur-fitur yang bisa ditemukan di Instagram yang sayang untuk dilewatkan.

1. Berbagi foto dan video

Termasuk fitur paling utama dari Instagram. Yaitu bisa berbagi foto dan video dengan pengguna lainnya. Foto yang akan diunggah bisa diambil dari galeri atau bisa langsung ambil dari fitur kamera di Instagram.

Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan caption dan filter pada foto tersebut. bukan hanya itu saja, pengguna bisa melakukan tag pengguna lainnya yang terlibat dalam foto.

Bukan hanya bisa mengunggah foto saja, pengguna juga bisa melakukan efek atau filter yang sudah disediakan. Hal tersebut termasuk paling menarik dibandingkan lainnya.

2. Komentar dan like

Sangat menyenangkan ketika mengunggah foto dan video lebih banyak yang menyukainya. Pada Instagram, pengguna juga bisa melakukannya, caranya dengan fitur tanda suka. Tandanya hampir sama dengan milik Facebook.

Durasi waktu dan jumlah yang suka bisa menjadi faktor khusus kalai foto tersebut populer atau tidak. Jumlah pengikut juga bisa menjadi faktor penting supaya foto tersebut menjadi terkenal. Ketika foto tersebut terkenal, maka akan masuk pada halaman popular tersendiri.

3. Explore

Fitur yang satu ini dikenalkan oleh Instagram pada tahun 2012. Explore adalah fitur sebuah tab di dalam aplikasi yang bisa menampilkan foto-foto populer, foto yang diambil dari lokasi terdekat, dan pencarian.

Kemudian tab tersebut diperbarui pada tahun 2015. Sehingga bisa menampilkan tag atau tempat yang sedang tren, konten yang dikuratori, dan kemampuan dalam mencari lokasi.

4. Instagram Story

Tahun 2016, Instagram meluncurkan fitur terbarunya, yaitu Instagram Story. Fitur tersebut membuat penggunanya bisa mengambil foto dan video, menambahkan efek dan layer, lalu menambahkannya ke dalam kilas cerita Instagram.

Namun, sayangnya konten tersebut hanya bertahan selama 24 jam saja. Setelah itu akan hilang sepenuhnya. Fitur yang satu ini semakin berkembang. Seperti penambahan membagi lokasi, stiker, dan pemberian efek unik dan menarik pada foto atau video yang diunggah.

Tak lama kemudian di tahun sama, Instagram menambahkan fungsionalitas video. Seperti bisa melakukan live streaming langsung ke Instagram Stories. Sehingga pengguna lainnya bisa melihatnya, dan video akan berakhir setelah mengakhirinya.

5. IGTV

Merupakan fitur video vertikal yang diluncurkan oleh Instagram pada tahun 2018. Fitur tersebut  memungkinkan penggunanya bisa mengunggah video dengan durasi 10 menit dengan ukuran file 650 MB.

Khusus bagi pengguna yang sudah melakukan verifikasi dan populer akan mendapatkan izin untuk mengunggah video sampai 60 menit dengan ukuran file 5,4 GB. fitur yang satu ini akan otomatis memutar video setelah diunggah.

6. Instagram Question

Merupakan salah satu fitur Instagram yang diperkenalkan tahun 2018. Fitur tersebut memungkinkan penggunanya untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengikutnya.

Adapun cara pemakaiannya adalah ketika followernya mengajukan pertanyaan. Kemudian pertanyaan tersebut bisa diunggah ke dalam cerita atau story tanpa harus menandai pengguna yang mengajukan pertanyaan. Fitur yang satu ini cukup populer di kalangan influencer.

7. Instagram Direct

Fitur yang satu ini akan membuat penggunanya untuk berbagi foto, video, halaman hastag, dan lokasi dengan satu orang atau sekelompok kecil orang sampai 15 orang. Pengguna bisa melakukan Instagram Direct melalui ikon kotk masuk yang terletak pada pojok kanan atas aplikasi.

Itulah fitur menarik dari Instagram. Bukan hanya bisa berbagai informasi yang berbentuk foto dan video saja. Namun, ada juga manfaat lainnya.

Tujuan dan Manfaat Instagram

Seiring dengan berkembangnya teknologi, maka juga berpengaruh pada berbagai macam aplikasi. Salah satu yang berubah adalah Instagram. Dampaknya sangat luar biasa dalam kehidupan sosial. Kini bukan hanya bermanfaat sebagai media hiburan saja, ada juga manfaat lainnya.

Saling interaksi antar pengguna

Sama seperti aplikasi media sosial lainnya, Instagram juga memiliki tujuan utama. Yaitu bisa melakukan interaksi antara pengguna lainnya. mulai dari berbagi foto, video, berkirim pesan, sampai menambahkan komentar dan like. Bahkan sampai kini muncul berbagai fitur menarik yang bisa memanjakan penggunanya.

Untuk media hiburan

Selain untuk berbagi informasi, pengguna juga bisa menemukan hal menarik dan menyenangkan. Instagram kini berubah menjadi media entertainment atau hiburan yang menyesuaikan perkembangan dan perubahan masa kini.

Mencari ide kreatif dan inspirasi

Bukan hanya bisa menemukan hiburan saja. Pengguna juga bisa menemukan ide yang kreatif dan sejuta inspirasi. Misalnya membutuhkan ide untuk dekorasi rumah, maka bisa mencarinya di Instagram.

Mendapatkan rekomendasi tempat liburan

Pengguna juga bisa menemukan rekomendasi temat liburan yang menarik dan seru di dlam Instagram. Ada banyak pengguna yang memposting selama liburannya lengkap dengan tag lokasinya.

Hal tersebut tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi pengguna lainnya. sehingga bisa menemukan beberapa rekomendasi destinasi wisata yang keren. biasanya pencariannya dengan pemakaian tag pagar.

Menjadi Influencer

Menjadi seorang influencer mungkin menjadi slah satu impian bagi pengguna Instagram. Banyak yang bilang kalau menjadi Influencer hanya untuk orang tertentu saja, misalnya artis. Padahal siapa saja bisa menjadi influencer. Apalagi dia memiliki skill dan daya tarik tersendiri.

Aplikasi Instagram menjadi aplikasi sosial media yang bisa membentuk para influencer. Pengguna yang sukses menjadi influencer tentunya memiliki pemasukan baru. Entah itu dalam bentuk endorse, review produk, atau lainnya.

Bisnis online

Dari tahun ke tahun, pemakai Instagram semakin meningkat. Tentu saja itu bisa menjadi peluang untuk membuka bisnis online.

Adanya FB Ads yang juga terintegrasi dengan Instagram merupakan startegi baru bagi marketer supaya bisa menjual produk dengan cepat dan efisien. Jangan kaget, kalau ke depannya akan banyak pembei.

Instagram akan memanfaatkan semua data penggunanya. Mulai dari konten yang dilihat sampai disukai, sampai lokasi yang sudah dikunjungi. Semua penargetan bisa sesuai sangat tepat dan bisa memikat pembeli.

Kini sudah mengetahui dari tujuan dan manfaat dari adanya Intagram bagi penggunanya. Dengan semakin lama selalu ada penyempurnaan fitur. Sehingga membuat penggunanya betah untuk membuka aplikasi tersebut.

Kelebihan Instagram Untuk Bisnis

Seperti yang diketahui kalau salah satu manfaat dari Instagram adalalh bisa dijadikan ladang penghasilan tambahan, seperti bisnis online. Apalagi kemajuan teknologi semakin pesat, sehingga semua beralih ke digital. Lalu apa saka kelebihan Instagrm dalam menjalankan bisnis.

Memiliki banyak pengguna aktif

Setia harinya selalu ada peningkatan jumlah dalam pengguna Instagram. Peningkatan tersebut juga karena adanya strategi marketing yang dilakukan pebisnis online shop. Hampir semua barang daganga memakai link yang lansgsung dari petani.

Bisa mengkoneksikan dengan media Sosial

Kelebihan lainnya dari Instagram adalah bisa ditautkan denagn media sosila lainnya. sebagai strategi marketing tersebut lebih efisien, bahkan lebih hemat.

Gratis

Siapa saja paling suka yang gratisan. Sama ketika memakai Instagram. Semua fiturnya gratis. sehingga memungkinkan pengguna yang sudah melakukan bisnis bisa melakukan promosi tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Hanya dengan memakai Instagram, pengguna bisa melakukan promosi kapan saja dan dimana saja dengan bebas. Sehingga seolah-olah aplikasi tersebut menjadi surga bagi pelaku bisnis online. Sebab menawarkan keuntungan marketing tanpa biaya.

Cara Mengubah Username di Instagram

Username sangat penting untuk mencari profil pengguna melalui kolom pencarian. Bukan hanya itu saja, usename juga bisa menjadi ajang promosi. Jadi, jika ingin mengganti username Instagram menjadi unik dan menarik. bisa ikuti cara mengubah username di Instagram.

Mengganti Username Instagram Lewat Aplikasi

Bukan hanya bisa dibuka melaui website saja, Instagram juga bisa dibuka melalui aplikasinya yang sudah di download sebelumnya di ponsel. Adapun langkahnya berikut ini.

  1. Buka aplikasi Instagram dan klik akunnya.
  2. Buka lagi profil yang letaknya kanan bawah.
  3. Klik deit profil.
  4. Klik bagian kolom Name dan username.
  5. Masukkan username yang sudah tersedia.
  6. Terkahir lakukan centang hijau dan tunggu proses perubahannya menjadi username baru.

Mengubah Username Instagram Lewat Laptop

Cara mengubah username di Instagram selanjutnya melalui laptop. Cara yang satu ini harus lewat browser. Adapun caranya bisa simak berikut ini.

  1. Buka akun Instagram lewat browser.
  2. Klik profil yang letaknya kanan atas.
  3. Lanjutkan klik edit.
  4. Klik bagian kolom Username dan masukkan username yang diinginkan.
  5. Terakhir klik submit dan tunggu beberapa saat sampai proses pengubahan selesai.

Cara yang satu ini khusus yang memiliki laptop saja, bisa juga memakai PC atau perangkat lunak lainnya. Selain itu, pengguna belum bisa merubah lagi dengan jangka waktu 14 hari.

Baca Juga: 8 Cara Mendapatkan Uang di Instagram Dengan Mudah 2022

Mudah bukan cara mengubah username di Instagram melalui aplikasi atau website. Penggantian nama tersebut juga cukup mudah. Sehingga pemula juga bisa melakukannya.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin