Mudah! Begini Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Acer yang Ngambek

Mudah! Begini Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Acer yang Ngambek – Zaman sudah semakin canggih dan apa-apa serba dilingkupi teknologi. Tak dapat dipungkiri maraknya teknologi seperti penggunaan laptop. Kini artikel ini cara memperbaiki touchpad laptop Acer.

Di mana sering kali begitu banyak orang mengalami kendala di touchpad dan segera ingin berganti laptop untuk mengatasinya. Nah! Padahal masalah pada touchpad laptop masih bisa diatasi dengan cara menemukan solusinya tanpa harus mahal-mahal langsung beli laptop.

Sayangnya masih minim pengetahuan orang untuk mengatasi masalah seperti ini. Oleh karenanya, kami hadirkan artikel berikut ini untuk memberitahukan solusi tepat cara memperbaiki touchpad laptop acer yang rusak.

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Acer Rusak

Memiliki laptop tetapi tidak bisa digunakan memang sedikit merepotkan. Sering kali membuat kita enggan untuk memperbaikinya sebab disangka kerusakannya parah. Padahal jika laptop Anda memiliki masalah bukan berarti keseluruhannya bermasalah.

Bisa jadi kursor tidak tampak, maka kerusakannya bisa pula dari touchpadnya. So, jika Anda mengalami masalah demikian yang dibutuhkan adalah cara memperbaiki touchpad laptop Acer, misalkan laptop Anda merknya memang Acer.

Akan tetapi, jika merk lain maka Anda bisa mencari tahunya terlebih dahulu. Tidak perlu terburu-buru memperbaiki keseluruhannya, sebab jika diketahui rusaknya tidak parah Anda hanya akan membuang biaya.

Sebab Touchpad Laptop Acer Rusak

Anda memiliki laptop tetapi touchpadnya rusak? Maka cara memperbaiki touchpad laptop acer yang rusak sangat dinantikan. Akan tetapi, sebelum mengetahui bagaimana cara memperbaikinya sebaiknya Anda tahu dulu apa yang menjadi sebab touchpad di laptop rusak.

1. Laptop Habis Diinstall Ulang

Saat menginstall ulang OS di laptop itu artinya Anda memulai ulang segala sesuatu yang ada di laptop. Hal ini termasuk dengan instalasi driver di dalam laptop juga teruninstall. Sehingga laptop akan terasa baru kembali.

Barang kali Anda telah melakukan instalasi laptop, maka drivernya lupa tidak terinstall, maka cara memperbaiki touchpad laptop acer yang bermasalah dengan menginstallnya terlebih dahulu.

2. Ketersediaan Aturan yang Berubah

Tidak dapat dipungkiri kemungkinan touchpad laptop Anda bermasalah adalah adanya aturan yang berubah. Yuos! Perubahan aturan pada driver memang akan membuat touchpad Anda bekerja sesuai perintahnya.

3. Driver Telah Kadaluarsa

Tidak menutup kemungkinan masalah touchpad Anda juga disebabkan oleh driver yang sudah using. Untuk masalah seperti ini pasti Anda sudah paham kan cara mempervaiki touchpad laptop acer yang rusak?

4. Ketidakcocokan pada Driver

Ada kemungkinan driver laptop Anda yang dipasangkan ternyata tidak cocok dengan penggunaan touchpadnya. Siapa sangka? Masalah seperti ini ternyata bisa saja terjadi. Nah! Untuk mengatasi hal seperti ini, Anda harus install driver yang cocok.

5. Kerusakan Fisik di Bagian Touchpad

Nah! Kalau kerusakan fisik pada laptop juga tidak menutup kemungkinan akan menjadi masalah touchpad Anda. Cara memperbaiki touchpad laptop acer seperti ini kemungkinan besar merogoh kocek yang lumayan banyak tuh.

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Acer Mudah

Jika sudah mengetahui segala hal yang membuat toychpad laptop Anda rusak, tunggu apa lagi? Kini saatnya Anda melakukan perbaikan. Di mana perbaikan tersebut juga membutuhkan pengetahuan. Untuk solusinya, simak ringkasan berikut sampai selesai.

1. Mengatur Ulang Settingan yang Telah Berlaku

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, salah satu penyebab touchpad laptop Anda bermasalah kemungkinan terbesarnya adalah settingannya yang berubah. Nah! Cara memperbaiki touchpad laptop acer seperti ini mudah saja.

Asalkan Anda tahu aturannya, maka masalah ini akan segera teratasi. So, memang tidak menutup kemungkinan aturan touchpad suatu waktu dapat berubah. Misalkan kitanya yang tidak senagaj menekan sesuatu, dan lain sebagainya.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan pula terdapat aturan dalam touchpad laptop Anda yang didisable. Maka cara memperbaiki touchpad laptop acer yang seperti ini Anda tinggal masuk ke device manager -> mice and other ponting device.

Di sana nantinya Anda cek, apakah statusnya didisable atau tidak. Jika didisable silakan ubah menjadi enable. Bagaimana hasilnya?

2. Driver Belum Diinstal

Tahukah Anda? Agar bagian-bagian dalam computer berfungsi dengan baik maka caranya adalah dengan menginstall drivernya. Menginstall driver akan membantu kontrolisasi dalam perangkat sebagai cara memperbaiki touchpad laptop acer.

Selain itu, misalkan driver touchpad laptop Anda sudah using sebaiknya segera diganti dengan yang baru. Sebab jika tidak diganti maka akan menimbulkan masalah. Meski masalah tersebut sedikit, tetapi lama-kelamaan bisa menimbulkan masalah besar.

3. Melakukan Update Driver

Inilah salah satu cara memperbaiki touchpad laptop acer yang sering dilupakan. Sudah melakukan cek kesana kemari tetapi tidak menemukan masalahnya? Bisa jadi memang driver Anda sebaiknya diintsall ulang.

Ada beberapa kemungkinan mengapa driver harus diinstall ulang. Jika bukan karena rusak atau ketidak cocokan pada driver ada kemungkinan driver belum diupdate. Maka agar kinerjanya lancar driver harus selalu diupdate.

4. Gunakan Driver yang Cocok

Kemungkinan lainnya masalah pada touchpad karena drivernya yang tidak cocok. Cara memperbaiki touchpad laptop acer seperti ini adalah dengan menggantinya dengan driver yang cocok.

Kemungkinannya Anda telah melakukan instalasi driver dan berhasil. Namun, belum tentu driver tersebut cocok. Sehingga untuk mengatasi masalah ini Anda harus melakukan install ulang driver untuk touchpad laptopnya.

Agar tidak bolak-balik melakukan install karena selalu mengalami salah driver, cara memperbaiki touchpad laptop acer kami sarankan agar Anda install drivernya dari DVD. Jika demikian, driver sudah pasti asl dan cocok.

Perlu Anda ketahui, harga driver touchpad laptop terbilang lumayan mahal. Sehingga tidak Anda tidak memiliki DVD drivernya kami sarankan untuk mendownloadnya di website resmi merk laptop Anda.

5. Melakukan Restart

Ada kemungkinan touchpad laptop And atidak berfungsi sebagaimana mestinya karena disebabkan oleh bug. Cara memperbaiki touchpad laptop acer yang terkena masalah seperti ini terbilang cukup mudah.

Anda tinggal melakukan restart pada laptop untuk mengatasinya. Namun, kami sangat menyarankan agar Anda tidak hanya memperbaiki maslaahnya saja, melainkan juga mencari tahu penyebabnya.

Untuk masalah bug pada touchpad laptop biasanya disebabkan oleh data yang berlebihan. Entah berupa penuhnya memory atau tersedia sampah yang sudah menumpuk. Maka hal ini menimbulkan bug. Cara memperbaiki touchpad laptop acer pun diperlukan.

Jika sudah demikian, maka Anda tinggal menghapus data-datanya saja sehingga memungkinkan untuk membuat ruang simpan pada laptop jadi lebih lega. Jika ruang simpan laptop lebih lega, maka kemungkinan gerak si system juga tidak terbatas.

Karena pergerakannya tidak terbatas, kemungkinan terbesarnya system akan berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Nah! Jika Anda sudah menemukan cara memperbaiki touchpad laptop acer ini, beruntunglah.

Begitu banyak yang belum tahu bagaimana cara memperbaikinya sehingga mengira laptop mereka rusak. Maka itulah cara memperbaiki touchpad laptop acer yang rusak.

Baca Juga :

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

ten − five =