Spotify: Aplikasi Streaming Lagu dan Fitur-Fitur Unggulannya

Spotify

Siapa yang tidak kenal dengan Spotify? Aplikasi streaming lagu yang satu ini menjadi andalan banyak orang untuk mendengarkan musik secara online. Tidak hanya streaming, Anda juga dapat memutar file lagu yang ada di smartphone Anda. Masih bingung ingin menginstalnya? Simak reviewnya di bawah ini.

Apa Itu Spotify?

Spotify merupakan aplikasi smartphone didirikan oleh perusahaan bernama sama yang pertama kali didirikan pada tanggal 24 April 2006 di Swedia. Aplikasi ini merupakan layanan streaming musik dan podcast yang produknya pertama kali dirilis pada tanggal 7 Oktober 2008.

Tampilannya identik dengan warna hijau yang juga menjadi ciri khasnya. Seiring dengan update yang diberikan, Spotify selalu memberikan fitur-fitur terbaru, tambahan lagu baru, dan penampilan yang semakin kekinian.

Fitur Unggulan Spotify

  • Streaming Musik

Ini adalah fitur utama yang dihadirkan oleh Spotify kepada para penggunanya. Dengan fitur ini, Anda dapat melakukan streaming kepada jutaan musik yang diupload ke Spotify. Semua genre musik ada di sini, mulai dari rock, pop, jazz, dan sebagainya. Musik yang ada di aplikasi ini juga dapat dikategorikan berdasarkan negara, contohnya musik K-Pop, J-Pop, dan lainnya.

  • Streaming Podcast

Podcast atau disebut juga siniar merupakan berkas digital berbentuk audio yang menerbitkan isi konten yang biasanya berisi obrolan-obrolan. Kini podcast berkembang tidak hanya dari file audio saja tetapi juga berupa video. Namun di Spotify, podcast hanya tersedia dalam bentuk rekaman suara. Anda dapat mendengar podcast dari banyak pengguna aplikasi tersebut dengan beragam topik hiburan dan inspiratif bersama suara berkualitas tinggi.

  • Gratis

Siapa yang tidak suka dengan gratisan? Yup, Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan fitur lebih lengkap dan bebas iklan, Anda dapat melakukan upgrade ke versi PRO. Meski begitu, kami merasa Spotify sudah sangat bagus meskipun itu di versi free.

  • Temukan Artis Favorite

Tidak hanya dibagi berdasarkan genre atau lainnya, aplikasi ini juga membagi banyak lagu berdasarkan artisnya. Contohnya, diva Indonesia yaitu Rossa tersedia di aplikasi ini dan Anda dapat melihat semua daftar lagu miliknya dan memutarnya. Tidak asal buat, tampilan album, mini-album, singgle-album, dan produk lain dari si artis tersebut dipajang dengan sangat rapi dan terverifikasi. Jadi tidak sembarangan lagu yang bisa masuk ke aplikasi ini, harus disetujui oleh penyanyi tersebut. Karena itu, kualitasnya pasti terjaga.

  • Selalu Ada Musik Baru

Spotify adalah salah satu aplikasi streaming musik terbesar saat ini. Dengan begitu banyak penyanyi yang menggunakan Spotify sebagai media pemutaran lagu mereka dengan jutaan pengguna aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah menemukan lagu rilisan terbaru di Spotify.

  • Fitur Search dan Pembagian Lagu

Dengan begitu banyak lagu yang tersedia di Spotify, aplikasi ini memiliki fitur pencarian untuk memudahkan pengguna. Anda dapat mencari lagu berdasarkan artis, judul lagu, atau podcast. Di bagian pencarian juga terdapat tab “Genre Teratas Kamu” yang menampilkan genre apa saja yang sering Anda buka. Di bawahnya terdapat tab “Jelajahi Semua” yang menampilkan pembagian-pembagian musik berdasarkan kesukaan seperti K-Pop, Rilis Baru, Dibuat Untukmu, Olahraga, Mood, dan lainnya.

Ada dua versi pada Spotify, gratis dan PRO. Menurut kami, versi gratis sangat bagus dengan fitur-fitur yang sekiranya sudah cukup untuk streaming musik dan podcast sehari-hari. Ketersediaan lagu, baik lagu lama atau terbaru, sangat mengesankan.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 × five =