Telegram Tidak Bisa Dibuka

Telegram Tidak Bisa Dibuka – Selain WhatssApp, Telegram adalah aplikasi chatting yang saat ini marak digunakan. Fiturnya yang dilindungi oleh Enskripsi membuat aplikasi satu ini banyak digunakan karena dirasa cukup aman. Namun kadangkala Telegram sulit digunakan karena beberapa masalah. Seperti aplikasi pada umumnya, anda juga bisa mendapati masalah menumpuknya cache, banyaknya data, sampai masalah bug yang membuat aplikasi satu ini sulit anda gunakan. Untuk mengatasi Telegram tidak bisa dibuka, anda bisa mencobanya dari cara paling sederhana.

Yakni dengan mengistirahatkan smartphone terlebih dulu. Kemudian antisipasi penyebab lainnya. misalnya jika aplikasi dirasa terlalu berat bisa jadi karena banyaknya cache sehingga Telegram susah dibuka. Maka membersihkan cache bisa menjadi solusi lain dalam mengatasi kondisi demikian. Anda pun bisa mencoba membersihkan data untuk antisipasi mudah lainnya. Jika masalah masih terjadi, maka mencopot pemasangan dan menginstall ulang adalah solusi terakhir. Berikut ulasan selengkapnya untuk tips mengatasi Telegram yang sulit dibuka. 

Tips Mengatasi Telegram Tidak Bisa Dibuka

Telegram-Yang-Tidak-Bisa-Dibuka

  1. Bersihkan Cache Aplikasi

Bisa jadi Telegram yang tidak bisa dibuka ini karena memiliki cache yang menumpuk. Maka dari itu anda tidak bisa membukanya. Anda bisa mencoba membersihkan cache aplikasi sehingga kondisinya akan normal kembali. Install aplikasi pembersih cache untuk membersihkannya secara otomatis. Atau bisa mencoba cara manual. Yakni masuk ke menu Pengaturan. Kemudian pilih Telegram dan klik Clear Cache. Restart smartphone dan gunakan Telegram seperti semula.

  1. Hapus Data

Jika cache sudah dibersihkan dan masih terdapat masalah tersebut, cobalah menghapus data aplikasi. Metode satu ini akan membuat history, setelan hingga data login hilang. Namun akan membuat Telegram menjadi lancar seperti semula. Buka Pengaturan kemudian pilih Aplikasi Yang Terinstall dan tekan menu Telegram. Tap menu Hapus Data kemudian pilih Kelola Ruang. Di bagian ini anda bisa memilih opsi mana saja yang hendak dibersihkan.

  1. Install Ulang Aplikasi

Copot pemasangan Telegram. Dengan demikian anda bisa menginstall yang baru. Bisa jadi masalah error pada aplikasi ini karena terdapat bug yang besar. Maka mencopot pemasangan adalah solusi tepat. Install Ulang aplikasi kemudian atur sedemikian rupa agar Telegram mendapatkan ruang penyimpanan yang tepat sehingga tidak memberatkan kondisi smartphone anda. 

  1. Restart Smartphone

Bisa jadi aplikasi yang tidak bisa dibuka disebabkan karena kondisi ponsel yang mengalami kinerja terlalu berat. Cobalah dengan me-restart smartphone anda untuk mengatasi Telegram yang sulit dibuka. Diamkan ponsel beberapa saat kemudian coba gunakan kembali. Cara satu ini bisa anda coba jika terdapat masalah pada aplikasi lainnya. 

Itu dia beberapa cara mudah mengatasi Telegram yang tidak bisa dibuka di android. selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Baca Juga : HP dengan NFC.

4.9/5 - (32 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *