Tips membuat polling di WhatsApp

Tips membuat polling di WhatsApp – WhatsApp memang merupakan aplіkasі chat yang banyak dіgunakan saat іnі. Dі WhatsApp sendіrі banyak sekalі fіtur yang bіsa kіta nіkmatі saat іnі. Salah satunya adalah fіtur obrolan grup. Namun sayangnya WhatsApp tіdak memіlіkі fіtur pollіng yang bіasanya selalu ada dі aplіkasі chat laіn yang menyedіakan fіtur group chat dі dalamnya. On Lіne mіsalnya, ada fіtur pollіng, begіtu juga dі Telegram. Namun jangan khawatіr walaupun WhatsApp tіdak memіlіkі fіtur pollіng, kіta tetap bіsa mengіrіmkan pollіng dі WhatsApp dengan menggunakan aplіkasі pіhak ketіga yang bіsa kіta download dі play store.

Buat polling di WhatsApp dengan aplikasi Voliz

membuat polling di WhatsApp

Untuk membuat polling di WhatsApp kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang bisa kita unduh secara gratis di Playstore. Untuk aplikasinya, Anda bisa mencari di play store sendiri atau langsung klik link ini : play.google.com/store/apps/details?id=com.voliz. Jika Anda sudah berhasil menginstal aplikasi, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi “Voliz – Poll di WhatsApp” di ponsel Anda. Anda dapat menggeser ke samping ke titik akhir, lalu Anda akan melihat tombol “Lanjutkan”, ketuk tombol.
  2. Setelah itu Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon aktif Anda untuk menerima nomor konfirmasi pengaktifan aplikasi. Jika sudah klik send OTP.
  3. Jika sudah menerima SMS silahkan cek 6 digit kode tersebut dan isikan pada kolom yang tersedia. Setelah itu, tap tombol “Verifikasi”.
  4. Jika demikian, Anda akan dibawa ke halaman muka aplikasi. Untuk membuat polling, silahkan tekan ikon plus di tengah bawah.
  5. Setelah itu silahkan isi pertanyaan yang ingin anda tanyakan. Lalu tap “tambahkan opsi” untuk menambahkan pilihan jawaban.
  6. Setelah itu pada kolom tambah opsi, silahkan isi jawaban pertanyaan anda. Jika demikian, silahkan tap “Lanjutkan”.
  7. Sampai saat ini jajak pendapat telah dibuat, tetapi belum didistribusikan ke WhatsApp. Untuk membagikannya di WhatsApp, ketuk “ikon bagikan dengan logo WhatsApp”
  8. Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman pemilihan di WhatsApp Anda. Pilih salah satu kontak atau grup WhatsApp Anda, lalu ketuk “ikon panah” untuk mengirim.
  9. Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman chat WhatsApp Anda, tap “ikon pesawat” untuk mengirim polling. Jangan mengedit konten obrolan, agar tidak ada yang salah.
  10. Anda hanya perlu menunggu orang yang melihat jajak pendapat untuk memilihnya. Mereka perlu mengklik salah satu link di bawah setiap opsi polling.
  11. Selesai.

Jika polling sudah tidak dibutuhkan lagi, kalian bisa menonaktifkan polling di aplikasi Voliz tadi. Anda juga dapat melihat statistik hasil polling di aplikasi sebelumnya.

Cara melihat hasil, menonaktifkan, atau menghapus polling

membuat polling di WhatsApp

Anda dapat melihat hasil polling yang Anda kirimkan, tidak hanya itu, Anda juga dapat menonaktifkan polling atau bahkan menghapus polling yang Anda buat sebelumnya.

– Buka aplikasi “Voliz – Poll di WhatsApp” di smartphone Anda. Setelah berada di halaman utama aplikasi, Anda dapat mengetuk polling yang Anda buat sebelumnya.

– Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman detail polling, berikut adalah hasil polling yang Anda bagikan sebelumnya.

– Untuk menonaktifkan polling, silakan masuk ke menu ‘pengaturan’ lalu ketuk tombol navigasi untuk menonaktifkannya.

– Sedangkan untuk menghapusnya buka menu setting, lalu pilih menu “Delete poll”. Setelah itu di kotak konfirmasi, Anda tap “Hapus”.

Baca Juga : Cek Di Sini! Cara Mengetahui Kontak Whatsapp Diblokir atau Tidak

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

seven − 4 =