Tips Menghilangkan Riwayat Browsing di YouTube

Menghilangkan Riwayat Browsing di YouTube

Tips Menghilangkan Riwayat Browsing di YouTube – Sebagai layanan streaming video terpopuler di dunia, YouTube memiliki berbagai macam konten yang bisa Anda tonton sesuka hati. Terkadang Anda hanya ingin mendengarkan musik, tetapi terkadang Anda ingin mengetahui sesuatu tanpa diketahui orang lain. Misalnya tentang teori konspirasi atau mungkin hal-hal sepele seperti cara membuat telur dadar. Ya, tanpa disadari, Anda sering mencari hal memalukan di internet, termasuk saat menonton video di YouTube. Suka atau tidak, jejak ini harus dihilangkan agar orang lain tidak tahu apa-apa. Soalnya, terkadang trail berupa rekomendasi video juga bisa menggambarkan video apa saja yang sudah kamu tonton sebelumnya. Jadi apa solusinya?

Sebenarnya, melihat riwayat di YouTube tidak masalah selama Anda menggunakan gadget Anda sendiri. Tetapi jika Anda membuka dan menonton YouTube dari gadget orang lain, Anda harus melakukan beberapa trik di bawah ini.

Tips Menghilangkan Riwayat Browsing di YouTube

Hapus Riwayat Tontonan

Menghilangkan Riwayat Browsing di YouTube

Histori tontonan pengguna YouTube bisa dilihat di menu ‘History’. Jadi, untuk mencegah orang lain menemukan acara Anda sebelumnya, hapus semua riwayat tontonan Anda di sana. Anda dapat melakukannya melalui aplikasi YouTube atau web.

Cara menghapus riwayat tontonan di aplikasi:

  • Ketuk gambar profil Anda di pojok kanan atas.
  • Masuk ke menu ‘Setelan’.
  • Gulir ke bawah layar dan masuk ke menu ‘Riwayat dan Privasi’.
  • Pilih dan ketuk ‘Hapus riwayat tontonan’.
  • Jangan lupa untuk menghapus riwayat penjelajahan Anda dengan mengetuk ‘Hapus riwayat penelusuran’.

Cara menghapus riwayat tontonan di web (PC):

  • Kunjungi situs Youtube.com, lalu buka tab ‘History’ di sisi kiri layar.
  • Lihat ke kanan dan pilih ‘Riwayat tontonan’.
  • Klik ‘Hapus Semua Riwayat Tontonan’.
  • Kemudian pindah ke tab ‘Riwayat pencarian’.
  • Klik ‘Hapus Semua Riwayat Pencarian’.

Melakukan hal ini tidak hanya akan menghapus semua video yang telah Anda tonton sebelumnya, tetapi juga riwayat pencarian dari semua perangkat yang terhubung ke akun Anda.

Matikan Riwayat Tontonan

Menghilangkan Riwayat Browsing di YouTube

Menonaktifkan riwayat tontonan lebih mudah daripada harus menghapusnya berulang kali. Perlu Anda ketahui bahwa Google dan YouTube menyimpan semua log pencarian akun Anda untuk melakukan berbagai penyesuaian. Untuk mematikannya, Anda hanya perlu masuk ke menu yang sama, yaitu ‘Pengaturan > Riwayat dan Privasi’ (aplikasi YouTube). Kemudian aktifkan tombol ‘Jeda riwayat tontonan’ dan ‘Jeda riwayat penelusuran’. Di web, buka tab ‘Riwayat’ di sebelah kiri layar dan klik ‘Kelola semua aktivitas’. Di bawah ‘Riwayat YouTube dijeda’, hapus centang pada kedua opsi di sana.

Hapus Rekomendasi Tampilan

Menghapus riwayat penelusuran dan penayangan Anda tidak selalu menghapus jejak rekomendasi penayangan. Video yang mirip dengan yang Anda tonton sebelumnya pasti akan lebih sering muncul di umpan Rekomendasi. Namun jika Anda tidak ingin repot dengan video yang direkomendasikan, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapusnya. Khusus untuk yang satu ini Anda perlu menggunakan browser di komputer. Kemudian unduh dan instal ekstensi Google Chrome yang disebut Hapus Video Rekomendasi YouTube. Ekstensi ini dapat digunakan untuk menghapus kolom rekomendasi, komentar pengguna lain, dan dinding saran video. Benar-benar membuat YouTube bebas dari gangguan yang tidak Anda sukai.

Menghilangkan Riwayat Browsing di YouTube, Menggunakan Mode Penyamaran

Inilah pentingnya mode penyamaran di browser internet, yang sering diremehkan oleh pengguna. Padahal, dengan mode ini Anda bisa membuka situs apapun tanpa terekam oleh mesin pencari dan orang lain. Trik ini juga wajib dicoba ketika Anda meminjam gadget teman untuk membuka YouTube. Kabar baiknya adalah bahwa YouTube juga memiliki mode penyamaran di aplikasinya. Caranya cukup masuk ke halaman Profile, lalu pilih ‘Enable Incognito Mode’. Jadi selama mode ini tidak dinonaktifkan, semua aktivitas Anda tidak akan terekam.

Baca Juga : Cara Menyimpan Video YouTube

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *