Ukuran Kertas F4

Ukuran-Kertas-F4

Ukuran Kertas F4 merupakan salah satu standar kertas non standar di Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, jenis kertas F4 memang cukup populer sekali digunakan dalam sebuah dokumen baik itu saat mencetak dokumen maupun ketika mengetik dokumen.  

Seperti yang telah disebutkan diatas kertas F4 adalah jenis kertas non standar yang digunakan di Asia Tenggara khususnya Indonesia dan memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran kertas A4 yang tentu tidak asing juga untuk kita dengar.  

Dalam proses pengetikan maupun print, idealnya anda akan melakukan setting manual. Hal ini dikarenakan ukuran F4 tidak terdapat dalam Microsoft Office versi manapun. Simak berikut cara setting dan ukuran F4 dalam CM, MM, Pixel, Inch.  

Standar Ukuran Kertas F4 Dalam Berbagai Satuan

Banyak sekali orang yang mengatakan bahwa ukuran kertas F4 dan legal adalah sama, padahal dalam kenyataannya, hal tersebut tidak sama karena terdapat sedikit perbedaan dimensi. Namun, walaupun hanya sedikit perbedaan, anda perlu hati-hati karena ketika di print dipastikan hasil print tersebut akan sedikut berantakan jika tidak disetting sebelumnya.  

Nah sebelum anda mengetahui bagaimana cara setting kerta F4, berikut ketahui terlebih dahulu ukuran kertas F4 dalam CM, MM, Pixel dan Inch yang sebaiknya diketahui: 

CM  MM  Pixel  Inch 
21 x 33 cm  210 x 330 mm  72 DPI = 595 x 935 pixel
96 DPI = 793 x 1247 pixel
150 DPl = 1240 x 1948 pixel
300 DPI = 2481 x 3897 pixel 
8.27 x 12.99 in 


Nah itulah ukuran kertas F4 dalam CM, MM, Pixel, Inch. Ukuran kertas F4 untuk satuan pixel sebenarnya sedikit berbeda karena adanya perbedaan dalam konfigurasi DPI atau 
dots per in. DPI merupakan jumlah titik warna dalam setiap inchi. Dots dalam grafis komputer merupakan sebuah titik warna yang disebut dengan pixel.  

Cara Menggunakan Kertas F4 di Microsoft Word 

  • Pertama, buka Microsoft Word atau bukan file dokumen yang akan anda edit.  
  • Jika file Word sudah terbuka, buka menu layout lalu klik menu size.  
  • Selanjutnya akan tampil menu drop down. Pilihlah menu paling bawah yaitu  More Pages Sizes.  
  • Berikutnya, isi kolom width (lebar) serta height (tinggi) sesuai dengan ukurran kertas F4.  
  • Arahkan pada menu Apply to lalu pilih Whole Document. Hal ini bertujuan agar setting kertas digunakan untuk semua halaman yang anda di word. Jadi, anda tidak perlu setting satu persatu.  
  • Selanjutnya klik ok dan selesai.

Baca Juga: Ukuran Kertas A3

Nah itulah cara setting kertas F4 di Microsoft Word beserta dengan ukurannya dalam berbagai satuan. Umumnya kertas F4 ini sering digunakan untuk membuat dokumen tulisan seperti surat, majalah, buku, buku gambar, skripsi dan lainnya. Semoga bermanfaat! 

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =