Aplikasi Kamus Bahasa Arab dengan Metode yang Menyenangkan dan Interaktif

Aplikasi Kamus Bahasa Arab

Aplikasi Kamus Bahasa Arab dengan Metode yang Menyenangkan dan Interaktif – Banyak masyarakat Indonesia terutama umat Muslim yang tertarik mempelajari Bahasa Arab. Sudah banyak sekolah yang memasukkan Bahasa Arab sebagai mata pelajarannya. Pada era modern seperti sekarang, hadir opsi lain untuk mempelajarinya berupa aplikasi kamus Bahasa Arab. Dari hp, pengguna bisa belajar kapan saja dengan mudah. Ada banyak apps yang dapat membantu penggunanya menguasai Bahasa Arab. Simak ulasannya berikut ini:

Aplikasi Kamus Bahasa Arab dengan Metode yang Menyenangkan dan Interaktif

1. Kamus Arab Indonesia

Aplikasi Kamus Bahasa Arab

Aplikasi berukuran 24 MB ini bisa menjadi pilihan bagus untuk mempelajari Bahasa Arab. Fiturnya interaktif dan lengkap untuk pengguna pemula hingga yang lebih berpengalaman. Pada aplikasi ini terdapat tujuh jenis Kamus Arab dengan total mencapai 200 ribu kosa kata. Beberapa di antaranya seperti kamus al-Munawwir, lisanun Arab,  kamus Al Qur’an, dan lain sebagainya. Terjemahan dalam kamus ini berupa kata, bukan dalam bentuk kalimat. Mengungguli Play Store dengan rata-rata nilai 4.6, apps ini sudah diunduh sampai sejuta kali.

2. Belajar Bahasa Arab Praktis

Aplikasi Kamus Bahasa Arab

Aplikasi kamus Bahasa Arab dari Darussalam Learning Center ini cocok bagi pengguna yang ingin belajar menerapkan pemahamannya dalam bentuk kalimat dan pengucapan. Selain kosa kata, di sini pengguna juga busa mempelajari percakapan sehari-hari dengan pelafalan yang tepat. Keunggulan aplikasi berukuran 11 MB ini yaitu adanya gambar dan terjemahan langsung yang bisa memudahkan proses belajar.

3. Almaany

Aplikasi Kamus Bahasa Arab

Dirilis sejak tahun 2016, Almaany berhasil mendapatkan lebih dari 500 ribu pengguna dengan rata-rata nilai 4.6. Apps berukuran 18 MB ini memiliki jumlah terjemahan yang sangat banyak dan tidak kalah dari aplikasi sejenis yang sudah terlebih dahulu populer. Pengguna bisa menerjemahkan Bahasa Arab menuju Indonesia, dan begitu juga sebaliknya. Almaany bisa digunakan tanpa harus terkoneksi dengan internet (offline).

4. Duolingo

Belajar bisa dilakukan dengan menyenangkan, contohnya di aplikasi berukuran 18 MB ini. Duolingo menawarkan metode belajar yang dilengkapi permainan sederhana untuk membantu penggunanya mengingat materi sambil mengasah keterampilannya. Ada tantangan yang diberikan setiap hari untuk mengetahui sejauh mana kemampuan berbahasa Arab yang telah dicapai. Duolingo memfokuskan pembelajarannya di kosa kata, cara pelafalan disertai audio, hingga games penuh tantangan.

5. Learn Arabic Speak Arabic

Learn Arabic merupakan salah satu aplikasi kamus Bahasa Arab dengan penilaian tertinggi yaitu 4.7. Apps ini bisa digunakan untuk berbagai kalangan, baik yang masih belajar maupun tingkat mahir seperti pebisnis dan traveler. Apps ini dapat mengarahkan penggunanya untuk belajar Bahasa Arab dengan lebih efisien. Ada latihan khusus penguatan kosakata penting, membentuk kalimat, latihan percakapan, dan fitur unggulan lainnya.

6. Aplikasi Kamus Bahasa Arab, Belajar Bahasa Arab + Suara

Ingin mengenalkan Bahasa Arab dengan anak-anak sejak dini? Aplikasi dari Solite Kids ini patut dicoba. Melalui aplikasi ini anak akan diajak belajar dengan disertai gambar hingga suara yang interaktif sehingga menarik perhatian anak. Mengenal nama benda di sekitar, menyebutkan nama anggota tubuh, dan masih banyak lagi aktivitas yang dapat membantu anak melafalkan Bahasa Arab.

Apps dengan ukuran 16 MB ini juga menyediakan permainan yang digunakan untuk mengasah kemampuan anak. Selain sebagai selingan, anak juga tetap bisa mengingat kembali apa yang sudah dipelajarinya.

Demikianlah pembahasan seputar aplikasi kamus Bahasa Arab yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Banyaknya masyarakat yang diharuskan berada di rumah seperti sekarang bisa membuka kesempatan untuk belajar hal baru, termasuk Bahasa Arab. Manfaatkan kecanggihan aplikasi untuk menambah pengetahuan hingga mempraktikkannya sehingga dapat bermanfaat di kemudian hari.

Baca Juga : 7 Aplikasi Kamus Bahasa Inggris Terbaik 2021

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − eight =