Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di Hp, Bisa Melalui 5 Aplikasi Ini

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di Hp, Bisa Melalui 5 Aplikasi Ini – Foto merupakan bagian penting dari ponsel pintar yang seringkali menjadi favorit pengguna, apalagi seiring kecanggihan teknologi membuat hp mampu menyimpan foto dalam jumlah. Masalahnya adalah, ketika sedang menghapus foto dan tanpa sengaja menghapus foto yang masih ingin disimpan. Pengguna perlu mengetahui cara mengembalikan foto yang terhapus sehingga tidak panik saat hal itu terjadi. Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk memulihkan file terhapus di hp seperti berikut ini:

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen di Hp, Bisa Melalui 5 Aplikasi Ini

1. Dumpster

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen

Ketikkan Dumpster pada kolom pencarian toko aplikasi, misalnya Play Store. Aplikasi dengan ukuran 14 MB ini sudah digunakan hingga 10 juta pengguna untuk menghindari risiko hilangnya foto terhapus. Unduh aplikasinya, kemudian buka dan pilih semua file yang perlu disimpan di Dumpster.

Pengguna bisa melakukan pengaturan sesuai yang diinginkan. Selanjutnya file yang sudah dihapus akan tertampung dalam Dumpster. File akan langsung disortir berdasarkan folder, misalnya audio, foto, word, dan sebagainya sehingga lebih mudah untuk dicari. Pilihlah file yang akan di-restore sehingga Dumpster akan melakukan recovery untuk mengembalikan file.

2. DiskDigger

Dapatkan aplikasi besutan Defiant Technologies ini melalui Play Store. Ukurannya yang sangat kecil (3.6 MB) serta kemudahannya menjadikan DiskDigger unggul dan diunduh hingga melebihi 100 juta kali. Apps yang dikhususkan untuk recovery foto terhapus ini memerlukan izin root setelah diunduh. Berikutnya carilah folder pada memori hp yang berisikan file yang telah dihapus. Tekan “Format” lalu “Ok” untuk memulai proses scanning. Setelah pemindaian berakhir, pengguna dapat memilih file yang akan dikembalikan lalu memilih tombol “Save” untuk menyimpannya.

3. Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen, Undeleter Recover File

Buka Play Store, lalu carilah apps dengan nama Undeleter Recover File. Cara mengembalikan foto yang terhapus permanen menggunakan aplikasi berukuran 17 MB ini cukup sederhana. Berikan izin untuk memberi akses root, lalu klik “Restore File”. Carilah lokasi tempat file tersimpan (bisa internal maupun eksternal).

Pengguna bisa memilih dari dua opsi. Journal Scan untuk memindai seluruh file terhapus, sedangkan pada Deep Scan perlu memilih dulu mana yang ingin di scan. Tekan tulisan “Scan”, lalu apps akan menunjukkan daftar file terhapus. Pilih mana saja yang akan di-recover, lalu tekan logo yang letaknya di kanan atas untuk menjalankan prosesnya.

4. Dr Fone

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen

Unduh aplikasi Dr Fone dari market Play Store. Apps ini cocok untuk pengguna yang tidak hanya ingin mengembalikan foto terhapus melainkan juga berbagai tindakan seperti penghapusan data, membuka kunci kartu SIM, menghilangkan lock screen, dan lain sebagainya. Oleh karena fiturnya yang sangat lengkap, pengguna perlu melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Cara menggunakannya yaitu menginstal Dr Fone di komputer. Berikutnya sambungkan dengan perangkat Android. Apabila tidak berhasil, tekan opsi “Developer option” di hp Android. Sesudah berhasil terhubung, akan ditampilkan daftar file yang telah dihapus. Proses scanning ini membutuhkan waktu sehingga semua file terhapus dapat dideteksi. Pengguna hanya perlu memilih mana yang ingin dikembalikan.

5. Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus Permanen, Restore Image

Carilah apps bernama Restore Image di Play Store. Dalam aplikasi berukuran 2.6 MB ini pengguna bisa memulihkan file foto yang terhapus. Cara mengembalikan foto yang terhapus permanen melalui Restore Image terbilang mudah dan tanpa root. Unduh aplikasinya, lalu buka dan pilih mana folder yang berisikan file foto terhapus. Selanjutnya tinggal memilih mana foto yang ingin dikembalikan. Tekan “Restore” untuk mengembalikan foto tersebut di tempat semula.

Itulah informasi tentang cara mengembalikan foto yang terhapus. Kecanggihan teknologi membuat banyak permasalahan bisa diselesaikan melalui bantuan aplikasi saja. Sekarang tidak perlu khawatir akan kehilangan foto yang berharga, karena tersedia berbagai opsi yang dapat dicoba untuk mengembalikannya.

Baca Juga : Mengembalikan Data Yang Terhapus di Android 

5/5 - (368 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 14 =