10 Aplikasi Pengganti Canva, Fiturnya Tak Kalah Lengkap

Aplikasi Pengganti Canva, Alternatif Software Desain yang Patut Kamu Coba! – Seperti yang telah diketahui bahwa dunia desain saat ini tidak terlepas juga dari aplikasi atau software bernama Canva. Selain penggunaannya yang terbilang mudah, fitur-fitur yang disediakan pun tak kalah canggih dengan software lainnya.

Namun, banyak dari kamu yang mengeluhkan adanya fitur premium yang bisa berlebih di dalam aplikasi tersebut. Tak jarang hal tersebut juga mengganggu proses desain kamu dan membuat pekerjaan kamu tersendat, apabila kamu menggunakan aplikasi canva secara gratis. 

Akan tetapi, nyatanya ada aplikasi lain yang bisa menjadi alternatif pengganti Canva yang tak banyak orang tahu. Berbagai fitur dan juga template serta grafis yang di tawarkan juga tak kalah menarik dan beragamnya jika disandingkan dengan canva.

Berikut ini ada beberapa software ataupun website yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif pengganti canva dengan kualitas desain yang mumpuni. 

Daftar Aplikasi Pengganti Canva Terbaru

1. Polotno Studio

Bagi kamu yang ingin mencoba membuat desain dan tanpa repot-repot meng-install softwarenya, kamu bisa coba situs satu ini. Polotno Studio ini bisa kamu akses di browser dengan alamat website berupa studio.polotno.com. 

Setelah kamu memasuki laman web tersebut, kamu akan diarahkan langsung ke halaman studio dengan kanvas berwarna putih. Pada bagian kiri kanvas, terdapat beberapa fitur yang bisa kamu gunakan seperti templates, text, photos, icon, shapes, layers hingga QR Code. 

Jika dilihat dari segi penataan fitur web ini memang sekilas mirip sekali dengan Canva. Namun, kamu patut tenang karena website ini jauh lebih minimalis dan lebih ringan dari pada canva.

Selain itu, kamu juga bisa mengunggah foto-foto maupun ikon yang nantinya akan kamu gunakan untuk kebutuhan desain kamu. Atau kamu juga bisa mengambil foto dan icon yang disediakan oleh web itu sendiri. 

Kamu bebas menggunakannya karena foto dan ikon tersebut sudah bebas lisensi dan diambil dari website yang jelas seperti Unsplash untu foto-fotonya. Sedangkan ikon-ikon yang disediakan diambil dari Iconfinder, Flaticon dan Noun Project. Semuanya pun bisa kamu akses secara gratis. 

2. Pablo

Kamu mencari situs yang mudah digunakan bahkan lebih mudah dari aplikasi sekelas Canva? Situs ini bisa menjadi pilihan kamu dalam mendesain. Memang dari segi tampilan pablo ini jauh lebih sederhana ketimbang Canva.

Namun, untuk mendesain, kamu tak perlu khawatir karena fitur yang ditawarkan oleh Pablo juga tak kalah lengkap. Ada template jika kamu ingin menggunakan template yang sudah disediakan. Mulai dari template quotes, pengumuman, promosi dan masih banyak lagi lainnya.

Software ini juga memungkinkan kamu terhubung secara langsung ke sosial media sehingga dengan mudah kamu bisa mengubah posisi teks dan elemen-elemen lainnya hanya dengan satu klik saja. 

Software online ini sangat bisa kamu gunakan sebagai alternatif dalam desain marketing seperti iklan social media ataupun postingan desain lainnya.

3. Crello

Crello merupakan satu diantara banyaknya alternatif software desain yang bisa kamu gunakan sebagai aplikasi pengganti canva. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengakses lebih dari ratusan template desain. 

Hasil desain yang kamu buat juga akan memiliki kualitas tinggi layaknya para professional desain. Kamu bisa menggunakan software ini untuk berbagai kebutuhan desain kamu seperti untuk pemasaran, acara dan banyak lagi lainnya.

Kamu juga bisa menggunakan berbagai jenis format yang disediakan seperti untuk desain poster, cetakan, sertifikat dan masih banyak lainnya. Dan tentu saja semuanya bisa kamu akses secara gratis.

4. Designbold

Designbold bisa menjadi cara sederhana kamu dalam melakukan desain. Kamu bisa melakukan berbagai macam desain di software ini dengan mudah dan menyenangkan. 

Cara penggunaannya pun mudah, kamu hanya perlu drag and drop elemen-elemen yang kamu pilih dan terdapat pintasan keyboard yang disediakan untuk memudahkan apabila ada pengeditan yang cukup rumit.

Tak hanya membuat desain, kamu juga bisa mengedit foto-foto yang kamu punya menggunakan filter-filter yang disediakan. Tak hanya filter saja, ada juga fitur edit foto lainnya yang bisa dengan mudah kamu gunakan untuk hasil editing yang lebih professional. 

Dengan designbold, desian kamu juga lebih fleksibel karena terdapat jutaan foto dan puluhan template yang bisa kamu digunakan untuk menyempurnakan desain kamu. 

5. Fotor

Bagi Sebagian orang, fotor ini hanya dianggap sebagai software untuk editing foto saja. Nyatanya, aplikasi ini bisa memenuhi segala kebutuhan desain kamu dengan mudah dan tentu saja secara gratis. 

Secara basic aplikasi ini memang bisa  digunakan untuk mengedit foto mulai dari membuat kolase foto hingga mengedit foto agar terlihat pas dan sesuai dengan tema desain yang digunakan. 

Tak hanya sekedar mengedit foto, di fotor kamu juga bisa melakukan desain seperti kebutuhan Youtube, wallpaper, facebook sampul dan beraneka ragam postingan untuk kebutuhan marketing social media lainnya. 

Software ini sangat mudah untuk diinstall dan memiliki berbagai macam versi mulai dari website yang bisa kamu akses secara online hingga versi software khusus untuk windows hingga Mac OS.

6. Snappa

Snappa merupakan software desain grafis yang bisa kamu akses secara online. Tanpa photoshop kamu bisa melakukan desain untuk kebutuhan media social, blog bahkan iklan sekalipun. 

Snappa juga menyediakan berbagai infografis yang bisa kamu akses dengan sekali klik. Ada banyak template juga yang bisa kamu gunakan untuk membuat desain kamu menjadi lebih menarik. 

Ada stok foto beresolusi tinggi yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan desain kamu. Tak perlu khawatir, semuanya bisa kamu akses gratis secara langsung di snappa. Snappa ini juga tersedia dalam 3 versi mulai dari versi website, windows hingga macintosh. 

Software ini juga kerap kali banyak digunakan oleh para freelancers, startups, SMEs hingga beberapa agensi besar. 

7. Visme

Visme bisa dibilang cukup menjadi aplikasi yang bisa bersaing dengan canva. Dengan menggunakan visme akan membuat kamu menjadi desainer yang berbeda. Bahkan, aplikasi ini juga sudah digunakan oleh pengguna IBM, General Dynamics, Accenture hingga lebih dari 4,5 juta pengguna lainnya juga menggunakan Visme.

Visme mampu membuat karya kamu menjadi lebih menarik dan tidka membosankan. Tak hanya itu, visme juga memiliki fitur otomatisasi yang akan memudahkan kamu dalam hal penerbitan dan mengatur waktu untuk keefektifan konten yang kamu buat.

Jadi bisa dibilang Visme mampu bekerja sama untuk kamu yang memiliki bisnis dalam dunia desain.

8. Easil

Easil merupakan software desain grafis yang bisa kamu gunakan juga untuk mengoptimalkan pemasaran. Software ini juga menyediakan berbagai template yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan desain kamu.

Easil juga sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar, menengah dan perusahaan kecil dalam menjalankan aplikasinya. 

9. Design Wizard

Design Wizard adalah alat desain grafis online yang memungkinkan pengguna membuat, berbagi, dan mengunduh gambar dengan mudah dalam hitungan menit.

Semua fitur Design Wizard gratis, memungkinkan Anda untuk mengakses perpustakaan lebih dari 1 juta salinan gambar gratis dan 15.000 template sehingga Anda dapat membuat, berbagi, atau mengunduh desain khusus untuk penggunaan sosial, bisnis, atau sehari-hari.

10. Adobe Spark

Adobe Spark merupakan aplikasi kreatif Online dan platform yang sudah terintegrasi. Dengan platform ini, kamu bisa membuat dan menyesuaikan segala jenis visual dengan berbagai fitur yang interaktif.

Aplikasi yang dibuat sejak Mei 2016 ini memiliki 3 pokok fitur desain yang terpisah yaitu postingan (Desain Grafis), Halaman (Desain Web), hingga video. Terdapat pula penyimpanan online berupa cloud. Jadi kamu tidak perlu repot-repot membuka desain kamu di penyimpanan offline. 

Baca Juga : 17 Situs Convert Video YouTube Ke MP3, MP4 dan Lainnya

Dengan 10 aplikasi di atas bisa kamu gunakan sebagai pengganti dari Canva. Dalam aplikasi edit foto tersebut fitur juga tidak kalah lengkap, ada beberapa malah yang lebih lengkap dari pada Canva sendiri.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 − 1 =