Berikut Ini Tips Membeli Laptop Untuk Keperluan Kerja Anda

Tips Membeli Laptop Untuk Keperluan Kerja Anda

Berikut Ini Tips Membeli Laptop Untuk Keperluan Kerja Anda – Kebutuhan dan keperluan bekerja khususnya untuk melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home saat ini semakin tinggi.

Maka dari itu, amatlah penting untuk mempunyai gadget seperti laptop yang dapat mencukupi kebutuhan tersebut demi menunjang kinerja dan aktifitas sehari-hari.

Namun, tidaklah mudah mencari laptop sesuai kebutuhan dengan spesifikasi tertentu apalagi kurangnya referensi mengenai hal tersebut. Tentu anda tidak ingin kesulitan bukan?

Maka dari itu anda perlu mengetahui tipsnya agar tidak kebingungan dalam mengambil keputusan untuk memilih laptop mana yang betul-betul cocok dengan anda.

Misalnya, memilih laptop yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih kecil bisa lebih baik daripada penyimpanan besar. Lho kok bisa? Kira-kira kenapa ya pertimbangan tersebut perlu dipikirkan?

Nah agar anda tidak salah membeli dan hendak memilih laptop, berikut akan dijelaskan secara detail tips membeli laptop untuk keperluan kerja.

Berikut Ini Tips Membeli Laptop Untuk Keperluan Kerja Anda

Budgeting Laptop

Tips Membeli Laptop Untuk Keperluan Kerja Anda

Sebelum membeli laptop yang cocok dan bagus untuk anda tentu anda perlu mengetahui budget yang pas dan mencukupi. Hal ini dilakukan agar usaha anda dalam mencari spesifikasi laptop tidak percuma.

Menentukan budget untuk membeli laptop menjadi hal penting supaya kemudahan didapatkan dalam mencarinya. Dengan hanya mengetik pada mesin pencarian di internet dengan, segala pilihan akan muncul didepan mata.

Sistem Operasi Laptop

Tips Membeli Laptop Untuk Keperluan Kerja Anda

Anda harus memilih OS (Operating System) yang pas karena ini bisa memberi pengaruh pada pemakaian laptop anda. Selain itu OS juga bisa menentukan aplikasi apa saja yang bisa anda gunakan.

Secara umumnya ada beberapa pilihan OS yang mungkin tidak asing bagi anda yakni ada windows, fleksibel, dan juga popular namun OS tersebut rawan terkena serangan digital.

Sedangkan OS seperti macOS salah satunya, ia sangat aman selain itu juga mewah dengan nilai prestisius namun cukup mahal dan juga hanya dimiliki oleh Apple.

Kemudian ada Chrome OS yang amat ringan tetapi kekurangannya ia tidak dapat menginstal aplikasi dalam jumlah banyak.

Ada juga Linux OS gratis namun kurang ramah terhadap pengguna (not user-friendly). Nah aplikasi tertentu tentu saja hanya dapat digunakan pada OS tertentu. Salah satu contohnya ialah Sketch yang hadir khusus untuk macOS.

Maka dari itu anda bisa mempertimbangkan dahulu mengenai tool penunjang pekerjaan anda ya jika ingin memulai memilih laptop dengan melihat sistem operasinya.

Tipe Laptopnya

Tips Membeli Laptop Untuk Keperluan Kerja Anda

Nah pada umumnya ada beberapa jenis laptop pada pasaran, seperti entry-level yang murah tetapi spesifikasi minimal. Ada pula yang premium dengan spesifikasi maksimal namun mahal.

Selain itu ada pula yang 2-in-1 dan bisa diubah menjadi tablet. Kemudian ada laptop seperti laptop bisnis yang mempunya fitur seperti camera yang canggih untuk mendukung aktifitas konferensi atau meeting serta fitur keamanan tambahan.

Pada dasarnya tipe laptop masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tipsnya anda dapat membeli laptop sesuai kebutuhan anda saja.

Misalnya jika anda tidak memerlukan kelebihan seperti layar sentuh maka pilihlah laptop yang biasa saja tanpa layar sentuh agar bisa hemat baterai laptop.

Ukuran Laptop

Laptop memiliki ukuran yang cukup bervariasi, dari yang 11 sampai 15 inci hingga 17 sampai 18 inci. Anda bisa menyesuaikan dengan ukuran mana anda lebih cocok dengan pekerjaan anda.

Ukuran laptop yang pas tentunya membuat pekerjaan anda lebih efisien dan nyaman dalam penggunaannya, jadi sesuaikanlah laptop pilihan anda dengan job description anda.

Kapasitas Penyimpanan Laptop

Setelah beranjak dari hard-disc saat ini laptop yang sekarang sudah banyak digantikan oleh SSD. SSD ialah sebuah media penyimpanan yang menggunakan rangkaian seperti sirkuit yang sudah saling terintegrasi dengan data.

Laptop yang sudah dilengkapi dengan SSD tentu saja bisa menyimpan lebih banyak data. Mengenai harganya tentu jauh lebih mahal dibandingkan laptop yang hanya dengan hard-disc saja.

Tetapi dengan keunggulan penyimpanan yang dimiliki tersebut harga yang mahal bukanlah persoalan. Belum lagi kalau file pekerjaan anda cukup besar.

Selain itu komponen yang harus dipikirkan bukan hanya soal kapasitasnya saja, karena hardware-nya juga memiliki peran besar dalam mempengaruhi kecepatan laptop anda.

Solid-State Drive (SSD) akan lebih cepat dibaca oleh komputer. Ini tentu beda dengan hard-disc drive (HDD) yakni jenis penyimpanan terdahulunya.

Oleh karena itu untuk tipsnya, belilah laptop yang jenis penyimpannya modern. Karena itu akan membuat pekerjaan anda tentu saja menjadi cepat selesai.

Walau SSD lebih mahal dari HDD, dengan uang Rp. 500.000,- anda bisa mendapatkan sekitar 1 Terabyte HDD namun 512 Gigabyte SSD saja.

Prosesor dan RAM Laptop

Selanjutnya mengenai prosesornya atau CPU yakni inti dari laptop yang akan anda beli. Karena hal ini amat mempengaruhi kecepatan laptop anda.

Semakin cepat laju proses laptop anda tentu pekerjaan anda pun akan semakin cepat terselesaikan, andapun dapat meningkatkan produktivitas kerja anda.

Pada umumnya, semakin baru prosesor tentu semakin cepat pula lajunya. Tetapi hal ini tidak perlu membuat anda semerta-merta membeli CPU yang paling up to date.

Mengapa? Karena jika memang anda tak memakai program yang berat untuk sehari-hari, anda bisa memilih yang sedang-sedang saja itu dikarenakan hal tersebut ialah satu-satunya penentu cepat atau tidaknya laptop anda.

Nah agar proses buka dan tutup datanya cepat setiap laptop memiliki Random Access Memory atau biasa disebut RAM yang mana bisa menyimpan data aplikasi untuk sementara waktu.

Jadi prosesor tidak memerlukan waktu yang lama dalam mencari data karena semuanya sudah berada di dalam RAM. Namun pada umumnya anda memerlukan RAM sekitar 8 GB.

Perkecualan jika anda seorang programmer, maka RAM yang anda butuhkan kurang lebih adalah sekitar 16 GB.

Ketahanan Baterai Laptop

Jika anda bukan tipikal orang yang suka keluar kantor karena akan kesulitan mencari colokan listrik maka anda harus memiliki laptop dengan batrai yang tahan lama.

Namun, jika anda termasuk yang sering bekerja indoor tentulah itu bukan suatu masalah bagi anda. Daya tahan baterai hanyalah sebuah bonus untuk anda.

Berbeda dengan yang sebelumnya, bagi anda yang cukup sering meeting online atau melakukan konferensi melalu video dengan rekanan kerja anda maka anda perlu memperhatikan ketahanan daya baterai laptop.

Disarankan untuk memilih laptop dengan kapasitas baterai yang besar. Karena baterai dengan kapasitas yang besar tentu saja dalam pemakaiannya bisa lebih tahan lama dan awet.

Yang terpenting anda jangan sampai tertipu dengan keterangan yang tertulis pada spesifikasi laptop. Karena ada tipe laptop yang memiliki kapasitas baterai yang cukup rendah namun daya tahannya tidak perlu dipertanyakan karena lebih lama.

Berat Sebuah Laptop Serta Ketersediaan Port-nya

Jika anda tipe orang yang menyukai efisiensi, jam terbang yang tinggi, juga sering membawa banyak barang kemana-mana dan praktis, tentu anda pasti akan mengutamakan berat dari laptop yang akan anda beli.

Ini tentu akan menjadi pertimbangan yang cukup penting bagi anda dengan tipe seperti tadi saat anda akan membeli laptop.

Pada umumnya, berat laptop biasanya lebih dari 2 kilo gram. Namun ada beberapa laptop dengan merek tertentu yang memiliki berat yang lebih ringan. Berat tersebut tentu ada yang kurang dari 2 kilo sehingga anda mudah membawanya.

Namun hal tersebut bukan tidak mungkin akan lebih mahal dari harga laptop pada umumnya, namun jika budget mencukupi anda tidak salah jika ingin membelinya jika anda memandang itu bisa lebih efisien.

Selain efisien laptop ringan dan tipis biasanya memiliki port yang lebih sedikit anda juga perlu mempertimbangkan hal ini sebelum membeli.

Malah dijaman sekarang banyak laptop yang sudah tidak memiliki lubang untuk mencolokkan kabel headset atau earphone. Jadi pilihlah sesuai kebutuhan anda apakah dari berat ataukah mungkin dari audio jack atau port laptop.

Kamera Laptop Yang Mumpuni

Kameranya tentu dapat menunjang kebutuhan anda terlebih jika anda tipikal yang sering melakukan pertemuan daring maka anda harus memilih kamera dengan resolusi yang bagus yang ada pada laptop tersebut.

Selain itu penampilan anda menjadi maksimal jika mungkin anda melakukan aktifitas seperti presentasi. Nah untuk resolusi kamera yang disarankan untuk aktifitas tersebut ialah 720 pixel kurang lebih.

Lebih tinggi dari pada itu justru akan lebih bagus hasilnya jadi anda tidak perlu jika harus memasang kamera tambahan lagi. Dalam hal mengirim dan mengupload dari hasil kamera yang clear pun akan memudahkan anda dalam bekerja.

Tips Membeli Laptop Untuk Keperluan Kerja Anda, Lakukan Seleksi Brand dan Beli Di Toko Terpercaya

Tips membeli laptop selanjutnya berkaitan dengan merek. Anda perlu mengecek garansi dan service center dalam melakukan seleksi brand-nya serta membelinya pada trusted store.

Dengan alasan ini, brand laptop juga perlu anda pertimbangkan. Jangan sampai, laptopnya murah dan spesifikasinya tinggi, namun sulit untuk diperbaiki.

Spesifikasi Khusus dan Sesuaikan Kebutuhan

Belilah laptop karena sesuai kebutuhan dan bukan ikut-ikutan trend apalagi anda menjadi korban iklan. Hal ini membuat kebermanfaatan laptop yang anda beli akan lebih maksimal dan tidak menyianyiakan uang.

Catat spesifikasi khusus apa saja yang anda butuhkan dan buat wishlist-nya yakni beberapa laptop mana yang akan akan beli dan dikerucutkan menjadi satu sehingga anda akan menemukan laptop yang anda cari selama ini.

Demikianlah cara-cara dalam memilih laptop untuk anda bekerja. Selamat menentukan pilihan dan selamat bekerja dengan nyaman dengan laptop manapun yang akan anda pilih!

Baca Juga : Simak! Beberapa Rekomendasi Laptop Core I3 Terbaik Yang Harus Anda Ketahui

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eleven + 5 =