Cara Bermain Free Fire di Smart TV

Cara Bermain Free Fire di Smart TV

Pasti beberapa dari kalian belum tahu mengenai Cara bermain Free Fire di smart tv. Padahal sebenarnya, hal ini tengah banyak diperbincangkan oleh para gamers. Penasaran? Simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Seperti diketahui, Free Fire merupakan sebuah game yang memiliki genre battle royale. Kemudian game ini sangat populer dan dimainkan oleh berbagai kalangan. Hal ini dikarenakan game ini mempunyai fitur keren dan menarik. Selain itu, game FF juga bisa dimainkan pada ponsel Android dan iOS. Sehingga, pengguna dari game ini juga semakin banyak saja.

Sebenarnya, game Free Fire hampir mirip dengan game PUBG Mobile. Namun di Free Fire, terdapat cukup banyak keunikan dibanding dengan rivalnya tersebut. Salah satunya adalah, kamu bisa bermain di Smart TV. Apakah  kamu pernah mendengar hal tersebut.

Jika belum, kamu bisa mencobanya. Sebab sangat seru sekali bisa bermain Free Fire yang ditayangkan di layar TV. Sehingga membuat game yang kamu mainkan menjadi lebih besar. Apalagi jika kamu adalah pro player, sudah jelas bahwa permainanku akan dilihat oleh teman dan keluargamu.

Terdapat beberapa cara untuk memainkan game Free Fire di layar TV, salah satunya adalah dengan menggunakan emulator PC. Sebenarnya ada banyak sih, cuma agar bisa worth it hanya bisa disebutkan beberapa saja. Bagaimana, kalian sudah penasaran? Maka dari itu, simak penjelasan lebih detailnya di bawah ini.

Bermain Free Fire di Smart Tv

Memang, bermain game merupakan hal yang sangat mengasyikkan. Namun bagaimana dengan bermain layar besar? Sudah pasti, hal seperti ini memudahkanmu dalam bemain game. Apalagi game tersebut kamu mainkan di layar TV, jelas membuat tampilan game menjadi lebih besar.

Mengingat saat ini layar tv juga sudah beragam dan besar-besar. Sehingga kamu bisa bermain pada layar tersebut. Kemudian Cara bermain Free Fire di smart tv tidak cukup rumit. Kuncinya hanya satu, kamu harus teliti dan waspada dalam sebuah tutorial, maka dengan demikian kamu bisa bermain game FF di smart TV.

Di bawah ini merupakan tutorial agar kamu bisa bermain game di smart tv. Sebenarnya tak hanya Free Fire saja, melainkan hampir semua game bisa kamu mainkan dengan smart TV. Menarik sekali bukan? Simak ulasan mengenai cara-caranya di bawah ini

Cara Bermain Free Fire di Smart TV

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, bahwa untuk bisa bermain game FF atau apapun di smart TV, maka syaratnya harus teliti. Sebab jika tidak, maka usaha tersebut akan sia-sia saja. Maka dari itu, kamu perlu menyimak dengan cermat dan teliti mengenai tutorial di bawah ini. Diantaranya adalah seperti berikut :

Menggunakan Dongle HDMI

Pertama adalah dengan menggunakan Dongle HDMI. Alat tersebut adalah sebuah gadget yang digunakan untuk mentransfer layar smartphone ke smart TV. Terdapat sejumlah model Dongle HDMI yang biasa digunaka, seperti Chromecast, Xiaomi Mi Box, dan Apple TV.

Apabila kamu menggunakan Chromecast, maka kamu install terlebih dahulu aplikasi Google Home pada perangkat kamu. Kemudian sambungkan Chromecast tersebut dan smartphone kamu menggunakan jaringan WiFi yang sama.

Gunakan Fitur “Screen Share”

Ketika kamu ingin bermain FF di smart TV, kamu bisa menggunakan ponsel kamu dengan memakai fitur Miracrast Protocol. Cara bermain Free Fire di smart tv yang kedua ini cukup susah, sebab tidak semua ponsel mempunyai fitur ini.

Kemudian untuk mengecek fitur tersebut apakah ada atau tidak, caranya buka “Broadcast Settingg”. Jika ponsel kamu sistem Android 5.0 ke atas, kemungkinan besar bisa menemukan fitur ini di menu ‘Notification’.

Sebenarnya fitur ini mempunyai nama yang berbeda-beda dari setiap perangkat, misalnya saja “Screen Share”, “Transmit”, atau “Smart View”. Lalu kamu klik saja tombol tersebut, pilih “Select Smart TV”. Sebagai catatan, ketika kamu ingin Smart TV maka harus dalam keadaan menyala dan terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

Gunakan PC dengan Emulator BlueStacks

Setelah itu terdapat cara lain bermain FF di layar TV, salah satunya adalah dengan menggunakan opsi “Screen Transmission” pada PC. Kamu bisa menggunakan emulator BlueStacks, lalu kamu bermain di PC dan kemudian menyalurkannya ke smart TV. Bingung? Berikut tutorialnya :

  • Pertama, kamu download dan Install BlueStacks di PC kamu,
  • Buka aplikasi BlueStacks, lalu masuk ke Google Play dan download Free Fire,
  • Kemudian buka game Free Fire, dan klik icon Windows toolbar dan pilih “Connect”,
  • Setelah itu kamu pilih Smart TV yang tersambung dengan jaringan Wi-Fi yang sama dengan PC kamu,

Sebenarnya selain itu, kamu bisa menghubugkan tayangan permainan Free Fire secara langsung dari PC ke layar TV. Cara ini adalah dengan menggunakan kabel HDMI. Caranya sangat mudah, kamu sambungkan antara PC dan TV dengan menggunakan kabel HDMI, setelah itu kamu buka Free Fire pada emulator BlueStacks.

Menggunakan Jaringan Wifi

Ketika kamu ingin bermain Free Fire di smart tv, kamu bisa menggunakan cara yang mudah. Cara bermain Free Fire di smart tv adalah masuk ke dalam jaringan WiFi yang sama dengan smartphone. Apabila smart Tv milikmu sudah kompatible dengan Digital Living Network Alliance atau Protocol DLNA, maka prosesnya menjadi sangat mudah. Simak tutorialnya di bawah ini :

  • Pertama, kamu download Aplikasi yang sesuai dan menginstalnya di perangkat Android. Beberapa aplikasi untuk melakukan transmisi data melalui DLNA diantaranya adalah :

Apliaksi Plex : merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengirimkan film, video, audio dan file multimedia lainnya. Aplikasi ini bisa kamu temukan di “Play Store” secara gratis.

AllConnect : sama halnya dengan Plex, aplikasi AllConnect merupakan sebuah aplikasi lain yang ditujukan untuk transmisi konten multimedia. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis. Sehingga, aplikasi ini sangat berguna untuk menjalin kontak antara ponsel dan Smart TV.

BubbleUPnP : kamu bisa menemukan aplikasi di Play Store secara gratis. Aplikasi ini bisa bekerja dengan sempurna menggunakan DLNA atau Chromecast agar bisa streaming ke Smart TV.

  • Setelah kamu memilih Aplikasi di atas, lalu download aplikasinya,
  • Kemudian kamu download juga game Free Fire di Play Store secara gratis,
  • Lalu setelah proses install game selesai, kemudian kamu bisa mengaksesnya untuk mengirimkan konten ini menggunakan Aplikasi “Plex”,
  • Setelah aplikasi dan perangkat seluler siap, maka kamu sudah bisa mengirim konten ke Smart TV dengan menggunakan Aplikasi (Plex, AllConnect atau BubbleuPnP), namun dalam hal ini, aplikasi yang kamu gunakan adalah aplikasi “Plex”,

Akhir Kata

Demikian mengenai Cara bermain Free Fire di smart tv dengan mudah. Caranya memang sedikit rumit, maka dari itu kamu harus cermat dan teliti. Sehingga membuat kemungkinan bisa bermain di smart tv menjadi lebih besar. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga: Cara Berlangganan Mola TV

5/5 - (456 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

3 × four =