Cara Cek Sertifikat Vaksin di Aplikasi Pedulilindungi

Cara Cek Sertifikat Vaksin

Cara Cek Sertifikat Vaksin di Aplikasi Pedulilindungi – Bagaimana cara cek sertifikat vaksin di aplikasi pedulilindungi ? Untuk bisa membuktikan seseorang yang telah mendapat vaksin kini setiap orang harus mendapat sertifikatnya.

Saat ini pemerintah RI terus menggencarkan perlawanan terhadap penyebaran virus covid-19 yang hingga sekarang masih terus berlangsung.

Selain wajib pakai masker dan wajib jaga jarak, kini setiap orang yang ingin pergi mengunjungi tempat umum harus sudah vaksin.

Hal memiliki tujuan untuk memutus terjadinya penularan virus supaya bisa lebih efektif lagi. Mulai dari tempat perbelanjaan seperti mal, minimarket, bioskop, hingga kafe akan mulai berlaku harus sudah vaksin dulu baru boleh masuk ke lokasi tujuan.

Nah, untuk bisa membuktikan dan memudahkan pihak keamanan yang bersangkutan mengetahui apakah seseorang sudah vaksin apa belum maka dibutuhkan sertifikat sebagai bukti yang kuat.

Pada awalnya sertifikat vaksin memang tidak ada, dan jika ada maka hanya menggunakan kertas fisik saja. Namun sekarang sertifikat itu harus sudah terdaftar di aplikasi pedulilindungi.

Sebab jika tidak maka pihak satpam biasanya akan melarang anda masuk ke tempat tujuan.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini akan membahas bagaimana cara cek sertifikat vaksin melalui aplikasi pedulilindungi.

Cara cek sertifikat vaksin di aplikasi pedulilindungi

Untuk anda yang belum mempunyai aplikasi pedulilindungi sebaiknya download dan install terlebih dahulu. Melalui google play store anda bisa cari aplikasi ini dengan kata kunci “pedulilindungi”. (tanpa menggunakan spasi).

Secara praktis kini semua orang bisa mengetahui status positif negative melalui aplikasi bagus ini. Adapun aplikasi pedulilindungi ini hanya bisa berjalan dengan baik pada sistem operasi Android versi 5 keatas.

Jadi untuk yang masih pake Android 4.0 sudah tidak bisa lagi dan jalan satu-satunya yaitu dengan upgrade OS ke versi 5 atau ganti HP keluaran terbaru.

Saat pertama kali membuka aplikasi pedulilindungi maka anda harus membuat akun baru terlebih dahulu. Daftarkan nama lengkap anda sesuai nama yang ada di KTP agar proses pembuatan akun berhasil.

Masukan kode otp dan ikuti proses pendaftaran hingga selesai yang hanya memakan waktu sebentar saja. Apabila sudah buat akun maka anda bisa langsung login dengan user yang telah anda buat tadi.

Mengecek sertifikat Vaksinasi

Cara Cek Sertifikat Vaksin

Setelah login ke aplikasi pedulilindungi maka anda akan melihat banyak sekali pilihan menu pada halaman awal.

App serba guna ini selain bisa mengecek vaksin juga bisa untuk faskes lain yang akan diupdate berkala. Jadi pastinya app ini akan punya banyak peran dalam masa mendatang.

Silahkan cari menu Sertifikat yang biasanya terdapat paling atas layar sendiri. Setelah itu akan muncul status anda apakah sudah vaksin atau belum.

Menu ini berguna untuk mengecek terupdate apakah anda sudah resmi terdaftar dalam sistem atau belum.

Klik tombol download jika anda ingin menyimpan sertifikat tersebut, selesai. Pada prinsipnya cara cek sertifikat vaksin di aplikasi pedulilindungi hanya seperti itu saja.

Sangat simpel, dan untuk anda yang baru saja melakukan vaksin entah itu baru satu kali atau dua kali maka biasanya ada jeda. Apabila belum muncul di sistem aplikasi pedulilindungi maka biasanya baru akan muncul setelah 7 harian.

Dan jika setelah lewat 7 hari masih belum juga muncul maka anda bisa menghubungi 119 untuk mendapatkan bantuan dari satgas.

Demikian sekilas pembahasan mengenai cara cek sertifikat agar anda bisa bebas bepergian ke mana saja.

Baca Juga : Cara Kerja Aplikasi Pedulilindungi

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

20 − 7 =