Cara Kerja Aplikasi Pedulilindungi

Cara Kerja Aplikasi Pedulilindungi

Cara Kerja Aplikasi Pedulilindungi – Bagaimana cara kerja aplikasi pedulilindungi dalam menangani pandemi covid-19 ? Kehadiran aplikasi pedulilindungi yang baru-baru ini muncul tentunya membuat sebagian orang bertanya-tanya tentang bagaimana cara kerjanya.

Sejak virus corona menjadi pandemi, hampir semua negara termasuk negara-negara maju ikut kewalahan dalam menanganinya. Sebab virus yang nama resminya adalah covid-19 ini sangat mudah sekali menular.

Berbeda dengan penyebaran virus HIV yang tidak melalui udara maka tidak mudah menyebar. Namun pada covid-19 ini dapat mudah sekali menular melalui udara.

Tidak hanya bersin saja tetapi juga hanya dengan bernapas dan berbicara saja sudah bisa menular dengan sangat mudahnya. Terlebih jika sampai saat ini ada yang masih bandel tidak menggunakan masker dan tidak jaga jarak.

Maka bisa anda bayangkan sendiri bagaimana virus ini sangat cepat sekali menyebar dari satu orang ke orang lainnya. Jadi sangat tidak mungkin bisa melacak penyebaran virus ini secara manual.

Sebab jika melacak manual, yaitu menanyai orang satu per satu yang terinfeksi sudah bertemu siapa saja dinilai tidak efektif lagi. Dan justru pihak satgas juga beresiko tertular saat sedang melakukan percakapan dengan orang yang positif tersebut.

Maka dari pemerintah berinisiatif untuk membuat aplikasi pelacak yang kini sudah hadir dan bernama pedulilindungi.

Cara kerja aplikasi pedulilindungi

Semua ide kreatif ini sebenarnya berasal dari keberhasilan negara Tiongkok yang berhasil menurunkan jumlah kasus harian.

Meskipun disebut-sebut negara tirai bambu ini merupakan yang pertama kali terkena virus covid-19. Namun secara mengejutkan negara inilah juga yang pertama kali berhasil mengendalikan situasi dibandingkan negara maju lainnya.

Usut punya usut ternyata negara panda ini menggunakan trik jitu dalam melacak untuk memutus transmisi penyebaran virus corona.

Mereka menggunakan aplikasi serupa yang kini juga ditiru oleh negera berkembang seperti Indonesia dan negara asean lainnya. Berdasarkan data terpercaya dari universitas john hopkins, pada awal pandemi negara Tiongkok lah yang memiliki angka penularan harian terendah.

Jika pada kebanyakan negara lain menunjukkan grafik yang naik tajam. Negara Tiongkok justru hanya naik di awal pandemi saja dan sesudahnya memiliki grafik yang datar.

Dan jikapun ada kasus positif baru dalam chart harian maka tidak lebih dari puluhan orang saja. Lalu bagaimana sebenarnya cara kerja teknologi pelacak online ini untuk mengetahui orang yang positif covid ?

Cara satgas melacak pasien positif  secara online

Cara Kerja Aplikasi Pedulilindungi

Pemerintah memang telah memiliki rencana bahwa aplikasi pedulilindungi ini nantinya akan multi fungsi. Namun untuk sekarang ini hanya fokus untuk menangani pandemi covid-19 yang hingga kini menjadi masalah besar.

Cara kerja aplikasi pedulilindungi sebenarnya sangat simpel sekali, yaitu dengan menggunakan big data serta teknologi GPS. Setiap smartphone saat ini sudah memiliki fitur GPS, jadi pihak satgas bisa melacak lokasi anda secara real time.

Kapan anda pergi, ke tempat apa dan bertemu dengan siapa saja semuanya dicatat dan disimpan menjadi big data kedalam server milik pemerintah.

Nah,  big data ini nantinya akan mencatat semua  orang melalui aplikasi tersebut guna memberitahu pihak satgas untuk melacak secara online.

Apabila ada orang yang terkonfirmasi positif covid, pihak yang berwenang tinggal melacak melalui big data tersebut. Kemana orang itu pergi, bertemu dengan siapa (dalam satu gedung), waktu, tanggal hingga jam semuanya bisa diketahui.

Keunggulan juga sangat terasa terutama jika tim pelacak ingin mencari orang hingga 1 bulan kebelakang atau bahkan lebih lama lagi.

Jadi orang yang berkontak tersebut nantinya akan dihubungi agar bisa mengkarantina diri supaya tidak menular ke orang lain.

Baca Juga : Cara Blokir Nomor XL Yang Praktis dan Mudah

5/5 - (368 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 16 =