Cara Mengganti Background Video Tanpa Green Screen di Android Menggunakan Aplikasi

Cara Mengganti Background Video

Cara Mengganti Background Video Tanpa Green Screen di Android Menggunakan Aplikasi – Dunia konten kreatif semakin berkembang. Kini sedang tren membuat beragam konten menarik dengan modal video maupun foto tertentu. Dalam editing video terkadang ingin menghapus background baik karena background tersebut mengganggu atau justru hendak membuat video menarik dengan mengganti background asli dengan background lain. Umumnya untuk melakukan hal itu perlu bantuan green screen. Tetapi ada cara mengganti background video tanpa green screen di android, seperti dengan memakai aplikasi ini:

Cara Mengganti Background Video Tanpa Green Screen di Android Menggunakan Aplikasi

1. Memakai Kinemaster

Cara Mengganti Background Video

Cara mengganti background video tanpa green screen di android bisa memakai kinemaster. Untuk mengoperasikannya terbilang mudah dan cepat tanpa ribet. Menghapus suatu latar belakang video di kinemaster bisa degan mengaktifkan layer dengan klik pada media browser lalu klik layer.

Setelah tahap tersebut langkah menghilangkan latar belakang video cukup dengan mengatur chroma key. Atur transparansi pada batas maksimum. Dengan demikian background akan hilang keseluruhan namun jika ingin mengganti warna, pengguna dapat mengganti warna pada bagian layer. Tunggu proses hingga selesai, maka background sudah berhasil diganti.

2. Memakai Aplikasi Filmora

Cara Mengganti Background Video

Aplikasi lain yang bisa digunakan adalah filmora. Filmora versi android tak kalah bagus dengan versi PC-nya. Untuk menghapus background, langkah pertama klik fitur advanced edit lalu pada bagian effect klik clip transparent. Atur transparansi sampai 100%, maka latar belakang akan hilang dan bisa digantikan dengan gambar atau video lain.

3. Menggunakan Aplikasi Power Director

Power director menjadi list aplikasi dengan fitur menghapus latar belakang selanjutnya. Memanfaatkan aplikasi ini untuk mengubah latar belakang video sangat efektif. Untuk melakukannya import video lalu gunakan chroma key untuk membuat latar belakang menjadi transparan dan tidak terlihat. Tunggu sampai proses selesai maka latar belakang sudah dapat diganti dengan latar belakang yang lain.

4. Cara Mengganti Background Video, Memakai Viva Video

Viva video memang mempunyai banyak fitur yang bisa dipakai untuk editing video. Aplikasi yang satu ini terbilang popular dan ramah digunakan untuk pemula dalam hal editing, termasuk untuk mengganti latar belakang video. Cara mengganti background video tanpa green screen di android memakai viva video cukup simple.

Sebelumnya terlebih dahulu import file lalu pilih edit. Selanjutnya tekan pada bagian background yang hendak dihilangkan hingga muncul pengaturan mengenai transparansi background. Ukur transparansi sampai latar belakang terlihat transparan. Untuk memasukkan background lain, ulangi cara tadi untuk memasukkan latar belakang yang baru.

5. Memakai Aplikasi Capcut

Capcut juga masuk daftar aplikasi android yang bisa dipakai untuk menghapus background. Fitur ini sangat dibutuhkan terutama untuk membuat konten yang menarik dengan mengkombinasikan latar belakang dalam sebuah video untuk mendapatkan hasil video yang kreatif. Cara menghapus background memakai capcup ada dua cara. Pertama buat proyek baru pada aplikasi tersebut lalu impor video atau gambar untuk latar belakang video yang baru. Selanjutnya klik overlay untuk mengimpor video yang akan dihapus backgroundnya, kemudian pilih hapus latar belakang.

Kedua, cara ini digunakan apabila background yang dihilangkan berupa warna-warna solid. Cara ini memakai chroma key dalam menghapus background. Untuk menghilangkannya gunakan chroma key lalu tarik tingkat transparan latar belakang sampai latar belakang hilang.

Itu tadi beberapa cara mengganti background video tanpa green screen di android. Dengan memanfaatkan aplikasi di atas mengedit video bisa lebih mudah dan cepat. Cara ini juga terbilang efektif karena bisa digunakan tanpa perlu menggunakan bantuan green screen.

Baca Juga : Cara Hapus Background Foto Online

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

fifteen − five =