Pilihan Cara Transfer Kuota Telkomsel ke Sesama Pengguna

Cara Transfer Kuota Telkomsel

Pilihan Cara Transfer Kuota Telkomsel ke Sesama Pengguna – Konsumsi kuota di masyarakat saat ini memang semakin tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan kuota tersebut banyak pengguna yang memilih memakai kartu provider dari Telkomsel. Selain pilihan paket kuotanya beragam Telkomsel juga menawarkan kemudahan transfer kuota. Kali ini akan dibahas cara transfer kuota Telkomsel ke sesama pengguna dengan mudah dan cepat.

Cara Transfer Kuota Telkomsel

Akses kuota internet saat ini memang semakin mudah. Berbagai kartu provider menyediakan kemudahan bagi pengguna internet untuk membeli kuota dengan mudah dan cepat. Bahkan transfer kuota ke sesama pengguna kini semakin mudah untuk dilakukan. Berikut adalah 4 pilihan cara transfer kuota Telkomsel ke sesama pengguna lain secara praktis:

1. Gunakan Kode Dial

Cara pertama yang bisa dilakukan saat ingin transfer kuota ke sesama pelanggan Telkomsel adalah dengan menggunakan kode dial khusus. Cara ini sangat praktis karena pengguna tak perlu mengakses aplikasi atau situs apapun. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Buka dial number yang ada di handphone.
  • Ketikkan kode dial *500*2# pada kolom yang tersedia.
  • Klik OK atau tekan opsi panggil.
  • Tunggu sampai muncul pop up menu lalu ketik angka 1 untuk melakukan transfer kuota internet.
  • Setelah itu akan muncul pop up menu lainnya dimana pengguna akan diminta memasukkan nomor tujuan yang ingin ditransfer.
  • Klik opsi kirim.
  • Masukkan jumlah kuota internet yang ingin dikirimkan kepada pengguna lain.
  • Lakukan konfirmasi transfer kuota dengan mengetik angka 1.
  • Tunggu sampai proses selesai.

Perlu diketahui bahwa cara transfer kuota dengan kode dial ini akan membutuhkan biaya. Pengguna harus membayar sebanyak Rp5.000,00 setiap kali transaksi. Selain syarat biaya, ada juga syarat minimal masa aktif kuota yang ditransfer. Pengirim minimal harus memiliki kuota dengan masa aktif 4 hari sementara kuota yang dikirimkan minimal punya masa aktif 3 hari.

Setelah mengikuti langkah-langkah yang sudah disebutkan tadi maka pengguna tinggal menunggu proses transfer selesai. Nantinya akan datang SMS notifikasi yang menyebutkan bahwa proses transfer sudah berhasil dilakukan. SMS notifikasi juga akan dikirimkan kepada penerima transfer.

2. Cara Transfer Kuota Telkomsel, Gunakan Aplikasi

Selain menggunakan kode dial, pengguna juga bisa melakukan transfer kuota dengan memakai aplikasi MyTelkomsel. Aplikasi ini sangat penting untuk dimiliki oleh pelanggan Telkomsel jadi silahkan unduh dulu jika belum punya. Berikut adalah cara transfer kuota Telkomsel dengan menggunakan aplikasi:

  • Buka aplikasi lalu daftarkan nomor Telkomsel yang digunakan.
  • Langsung masuk ke menu dashboard atau tampilan home.
  • Pilih opsi Beri Hadiah.
  • Akan muncul beberapa pilihan pada menu, langsung klik opsi Transfer Kuota.
  • Masukkan nomor tujuan penerima transfer.
  • Masukkan jumlah kuota yang akan ditransfer.
  • Tunggu sampai muncul notifikasi bahwa proses transfer telah berhasil.

Sama seperti cara sebelumnya, proses transfer menggunakan aplikasi ini juga memiliki notifikasi khusus. Notifikasi berupa SMS dan tidak hanya diterima oleh pihak pengirim. Notifikasi juga akan diterima oleh pengguna yang menerima transfer kuota tersebut. Cara transfer lewat aplikasi ini banyak diminati karena tergolong praktis dan bisa lebih cepat.

3. Transfer Lewat USSD

Cara Transfer Kuota Telkomsel

Pilihan cara transfer kuota berikutnya adalah melalui kode USSD. Cara ini ternyata jauh lebih praktis hanya saja banyak orang yang tidak terlalu akrab dengan kode USSD tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:

  • Buka dial up pada ponsel.
  • Ketikkan angka dial *363# lalu klik opsi OK atau panggil.
  • Akan muncul menu pop up, langsung pilih Paket Lainnya.
  • Muncul pop up lainnya, pilih opsi jenis paket internet yang akan dikirimkan.
  • Langsung masukkan nomor telepon tujuan yang akan ditransfer kuota.
  • Muncul pilihan menu harian, mingguan, atau bulanan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.
  • Tunggu sampai proses selesai dan SMS notifikasi akan dikirimkan.

Setelah SMS notifikasi diterima maka kuota internet langsung bisa digunakan. Ini menjadi salah satu pilihan cara transfer kuota yang praktis karena bisa disesuaikan juga dengan kebutuhan penerima. Pastikan untuk memilih jenis paket kuota yang tepat sesuai kebutuhan pemakaian agar bisa digunakan secara optimal.

4. Cara Transfer Kuota Telkomsel, Transfer Lewat Layanan SMS

Cara Transfer Kuota Telkomsel

Pengiriman kuota ke sesama pengguna Telkomsel juga bisa dilakukan dengan memakai layanan SMS. Prosesnya dibagi menjadi dua pilihan yaitu pengiriman kuota 100 MB dan 1 GB. Berikut adalah cara  transfer kuota Telkomsel 100 MB lewat SMS:

  • Masuk ke menu pesan yang ada di smartphone dan klik Tulis Pesan.
  • Ketikkan TRF (spasi) 100 (spasi) nomor telepon tujuan.
  • Kirim pesan ke nomor 3636.
  • Tunggu SMS konfirmasi lalu balas dengan YA.
  • Tunggu SMS notifikasi yang menandakan bahwa proses transfer kuota internet sudah berhasil dilakukan.

Proses untuk pengiriman kuota Telkomsel 1 GB lewat SMS juga sama. Perbedaannya terletak pada pesan SMS yang diketikkan. Untuk transfer kuota 1 GB ke sesama pengguna Telkomsel lewat SMS, pesan yang diketikkan adalah TRF (spasi) 1000 (spasi) nomor telepon tujuan. Selebihnya proses yang harus diikuti sama saja dengan langkah sebelumnya.

Pilihan cara transfer kuota lewat SMS ini cukup jarang digunakan jika dibandingkan dengan cara-cara lainnya. Hal ini mungkin disebabkan oleh proses yang kurang praktis. Selain itu pilihan jumlah kuota yang ditransfer juga terbatas sehingga tidak fleksibel.

Syarat Transfer

Sebelum melakukan transfer, pastikan memenuhi syarat dan ketentuan terlebih dahulu. Proses transfer tidak akan berhasil jika pengguna tidak memenuhi ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak Telkomsel. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

1. Punya Pulsa

Syarat pertama, pengguna tentu saja harus memiliki pulsa karena nantinya ada biaya transfer yang diambil dari pulsa tersebut. Pengguna minimal harus menyediakan pulsa Rp6.000,00. Biaya transfer kuota yang ditetapkan oleh pihak Telkomsel adalah Rp5.000,00 setiap kali transaksi. Pengguna juga harus punya saldo pulsa minimal Rp1.000,00 tersisa setelah transfer.

2. Nomor Masih Aktif

Syarat berikutnya yang harus dipenuhi adalah nomor Telkomsel yang digunakan masih aktif. Pastikan juga bahwa nomor yang akan ditransfer merupakan bagian dari provider Telkomsel. Ada beberapa jenis kartu yang masuk ke provider ini yakni Simpati, Kartu Halo, juga AS. Salah satu pengguna dari nomor ini bisa menggunakan cara transfer seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

3. Punya Kuota Internet Aktif

Pengguna yang ingin melakukan transfer kuota tentu saja harus memiliki kuota internet yang mencukupi. Kuota internet tersebut juga harus aktif sehingga bisa digunakan. Jadi, sebelum melakukan transfer silahkan lakukan pemeriksaan total kuota yang dimiliki. Kuota yang dapat dikirim minimal 50 MB dan maksimal 500 MB sekali transaksi.

4. Tidak Melebihi Batas Transaksi

Syarat berikutnya adalah mematuhi batas transaksi. Pengguna hanya bisa melakukan transfer kuota maksimal 3 GB per hari. Jika sekali transfer maksimal 500 GB, maka dalam satu hari pengguna dapat melakukan transfer kuota sebanyak 6 kali. Jadi pastikan untuk mengikuti aturan batas kuota transfer tersebut.

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai cara transfer kuota Telkomsel. Ada beberapa pilihan cara yang bisa digunakan, silakan pilih cara yang dirasa paling praktis. Cek dulu status nomor, pulsa, dan ketersediaan kuota yang bisa ditransfer.

Baca Juga : Setting APN Telkomsel 4G

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

thirteen − 7 =