Cara Melacak Nomor HP yang Tidak Dikenal Dengan Menggunakan TrueCaller

Cara Melacak Nomor HP yang Tidak Dikenal Dengan Menggunakan TrueCaller – Truecaller merupakan salah satu aplikasi yang kini sedang trend untuk mengetahui nomor tidak dikenal. Sehingga ada banyak orang yang mencari cara menggunakan Truecaller untuk mengetahui nomor yang tidak dikenal tersebut. Apalagi nomor itu selalu mengganggu. Tentu saja sangat menyebalkan.

Pemakaian smartphone memang sudah meluas. Adanya smartphone memiliki sisi positif dan negatif. Salah satu sisi negatifnya yaitu adanya nomor tidak dikenal yang sering kali mengganggu. Namun, kini tidak lagi penasaran jika ada nomor tidak dikenal. Karena sudah ada aplikasi yang bisa melacak nomor tersebut.

Apa Itu Aplikasi Truecaller?

Sebelum membahas tentang cara menggunakan Truecaller. Sebaiknya mengetahui seperti apa aplikasi tersebut. Aplikasi Truecaller merupakan aplikasi yang berasal dari perusahaan Swedia. Aplikasi tersebut memiliki pengguna lebih dari 85 juta.

Truecaller bisa memberikan informasi tentang nomor yang tidak dikenal yang sedang melakukan spam. Hanya dengan memakai aplikasi tersebut sudah bisa mengetahui history nomor tersebut. Menakjubkan bukan!

Namun perlu diketahui kalau semua informasi tersebut merupakan hasil dari pengguna lainnya. Artinya jika tidak ada yang pernah melaporkan tentang nomor yang tidak dikenal. Maka tidak akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. .

Manfaat dan Cara Kerja Aplikasi Truecaller

Truecaller merupakan salah satu aplikasi yang memberikan layanan caller ID dan spam blocking. Aplikasi tersebut bisa membantu untuk mengidentifikasi panggilan yang masuk dan bisa memblokir panggilan yang tidak diinginkan. Jadi, tidak perlu mengganti nomor jika ingin menghindari nomor pengganggu.

Ada banyak pengguna yang memakai aplikasi Truecaller. Tentu saja tujuannya kebanyakan untuk melacak panggilan spam. Meskipun demikian, pastinya penasaran bagaimana cara kerja dari aplikasi yang sangat menakjubkan tersebut.

Cara kerja aplikasi Truecaller sebenarnya sangat sederhana. Aplikasi tersebut hanya memakai daftar kontak atau mengambil informasi kontak dari seluruh pengguna yang memakainya.

Dari data yang terkumpul dari banyak orang yang sudah mengunduh Truecaller, maka bisa menyelidiki nomor-nomor yang tidak dikenal yang sudah menjadi pengganggu. Sebagai perjanjian akhir telah memakai aplikasi Truecaller, aplikasi tersebut meminta akses ke dalam buku alamat atau kontak pengguna smartphone.

Hasil dari data tersebut akan diunggah oleh aplikasi menuju server perusahaan. Sesudah melakukan beberapa algoritma pencocokan. Maka data tersebut bisa tersedia oleh pengguna yang benar-benar menelepon.

Perlu diketahui kalau login Truecaller hanya mengizinkan memakai Facebook, Yahoo atau Gmail supaya bisa mengakses aplikasi tersebut. jika tidak memilikinya, maka tidak akan bisa terhubung dengan database yang ada di Truecaller.

Alasannya bahwa Facebook, Yahoo, dan Gmail merupakan media sosial yang paling banyak digunakan yang berisi nomor telepon dan detail kontak yang tidak sedikit jumlahnya.

Artinya ketika pengguna memakai salah satu jejaring sosial tersebut, pastinya seluruh kontak yang ada di ponsel akan diunggah ke server Truecaller dengan aman. Itu berlaku untuk aplikasi Truecaller di ponsel maupun situs.

Ketika pengguna mencari nomor tidak dikenal memakai aplikasi Truecaller, ID yang terkait dengan nomor tersebut akan tampil di layar. Jadi, semua orang yang mengenal dan menyimpan nomor pengguna akan berakhir masuk dalam database aplikasi Truecaller.

Lebih dari itu, aplikasi Truecaller juga bisa melakukan pemblokiran panggilan nomor yang sudah terdeteksi spam. Jadi, jangan khawatir lagi diteror dari nomor tidak dikenal. Karena Truecaller bisa membantu memblokir nomor tersebut agar tidak terus-terusan mengganggu.

Cara Melacak Nomor HP Menggunakan Truecaller

Setelah mengetahui apa saja yang bisa didapatkan ketika memakai aplikasi Truecaller. Kini saatnya penjabaran cara menggunakan Truecaller. Ada dua versi aplikasi Truecaller, yaitu versi aplikasi download dan versi web.

1. Cara Menggunakan Truecaller Versi Aplikasi

Di bawah ini cara menggunakan Truecaller versi aplikasi.

  • Download terlebih dahulu aplikasi Truecaller di Google Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi Truecaller dengan memberikan izin akses aplikasi dengan klik Allow di dalam aplikasinya.
  • Kemudian masukkan nomor smartphone pengguna dengan klik Continue.
  • Selanjutnya pengguna akan diminta untuk membuat profil Truecaller. Pengguna bisa membuat profil dengan menggunakan dari akun pilihan. Seperti Facebook, Gmail, atau lainnya. Bisa juga membuatnya secara manual di aplikasi Truecaller.
  • Sesudah membuka aplikasi, pengguna sudah bisa melihat nomor tidak dikenal yang sudah mengganggu pada daftar panggilan atau daftar SMS yang sudah diterima.
  • Jika ingin melacaknya, pengguna bisa memakai menu Contacts di dalam aplikasi Truecaller, kemudian masukkan nomor HP yang ingin dilacak untuk mengetahui pemilik nomor tersebut.

2. Cara Menggunakan Truecaller Versi Web

Cara di atas dipakai ketika memakai aplikasi dalam versi download di Google Play Store. Namun akan berbeda ketika memakai aplikasi tersebut dalam bentuk web. Berikut langkah-langkah cara menggunakan Truecaller versi web.

  • Buka situs resmi aplikasi Truecaller yang ada di web browser, seperti Google Chrome, Opera Mini, dan lain sebagainya.
  • Pada situs tersebut, pengguna harus mengisi kode telepon Indonesia yaitu +62.
  • Sama caranya dengan versi aplikasi download. Yaitu masuk dengan akun Google atau lainnya.
  • Sesudah berhasil mengirimkan nomor telepon pada kolom pencarian, kini saatnya memasukkan nomor telepon spam yang sering mengganggu pada kolom pencarian.
  • Jika sudah mengetik nomor tersebut, lanjutkan dengan klik Search. Tunggu beberapa saat sampai muncul identitas dari nomor tersebut.

Cara menggunakan Truecaller kedua biasanya dipilih bagi pengguna yang malas melakukan download aplikasi dari Google Play Store atau App Store. Perlu diketahui, meskipun berada pada platform yang berbeda, data base di dalamnya juga sangat banyak.

Jadi, jangan khawatir ketika ingin mendeteksi nomor yang tidak dikenal. Pengguna tinggal memakai aplikasi tersebut, maka akan terkuak identitas dari nomor spam itu.

Spesifikasi dan Fitur yang Ada di Dalam Truecaller

Pastinya penasaran dengan isi dari aplikasi Truecaller. Pasalnya ada 4 menu di dalamnya. Bukan hanya cara menggunakan Truecaller saja. Namun, juga ada spesifikasi lainnya yang harus diketahui oleh pengguna. Sehingga bisa memaksimalkan penggunaannya.

1. Pengirim pesan cerdas

  • Bisa mengobrol secara gratis dengan teman atau keluarga di Truecaller.
  •  Otomatis bisa melakukan identifikasi setiap SMS yang tidak dikenal.
  •  Otomatis bisa melakukan pemblokiran spam dan SMA pemasaran.
  • Memblokir sesuai dengan nama dan seri nomor.

2. Pemutar nomor yang canggih

  • Menjadi ID penelepon terbaik sedunia dan bisa mengetahui siapa saja yang menelepon.
  •  Blokir spam dan pemasaran lewat telepon.
  • Bisa melihat nama dari nomor tidak dikenal pada riwayat pemanggilan.
  • Bisa melakukan rekaman panggilan telepon penting dan menyimpannya pada ponsel yang digunakan.
  • Pengirim pesan flash yang bisa berbagi lokasi, emoji dan status dalam sekejap kepada seluruh teman pengguna.
  • Bisa melakukan pencadangan riwayat telepon, kontak, pesan, dan pengaturan ke dalam Google Drive.

3. Truecaller Premium

Merupakan tingkatan yang lebih tinggi, adapun fiturnya tentu saja berbeda.

  • Bisa mengetahui siapa saja yang bisa melihat profil pengguna.
  •  Bisa merekam panggilan.
  • Terdapat menu yang dapat melihat profil secara privat.
  • Bisa mendapatkan lencana Premium pada profil pengguna.
  • Bisa melakukan 30 permintaan kontak dalam waktu sebulan.
  • Tanpa terganggu adanya iklan.

4. Truecaller Gold

Ada beberapa tambahan fitur yang berbeda dibandingkan dengan Premium. Yaitu ID penelepon menjadi Gold dan mendapatkan dukungan prioritas paling tinggi.

Itulah beberapa spesifikasi dari aplikasi Truecaller yang harus diketahui oleh penggunanya. Adapun fiturnya bukan hanya bisa melakukan identifikasi nomor-nomor telepon yang tidak dikenal saja. Namun juga ada lainnya.

Aplikasi Truecaller juga bisa melakukan penyelamatan dari penelepon pengganggu dengan kemampuan yang bisa mendeteksi adanya spam. Bahkan aplikasi tersebut diklaim mempunyai direktori besar bagi penelepon yang sudah masuk dalam kategori spam.

Selain itu, truecaller juga bisa menambahkan daftar hitam nomor nomor tertentu yang sudah menjadi spam. Adanya cara tersebut, pengguna bisa memilih tidak diberitahu sama sekali. Menakjubkan bukan!

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Truecaller

Setiap aplikasi pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Sama seperti dengan aplikasi Truecaller. Namun, meski begitu tidak menghalangi banyaknya pengguna yang ingin memakai aplikasi Truecaller.

Kelebihan Truecaller Dapat Melacak Nomor HP

  1. Memungkinkan pengguna bisa menemukan lokasi ponsel dari nomor yang tidak dikenal tersebut ketika memakai pencarian nomor telepon.
  2. Di dalam aplikasi Truecaller terdapat menu Siapa yang Bisa Melihat Profil Saya, menu tersebut berfungsi untuk mengetahui siapa saja yang bisa melacak nomor pengguna.
  3. Pengguna bisa mengetahui informasi penelepon hanya dengan memakai nomor teleponnya.
  4. Pengguna bisa memblokir nomor spam tersebut dengan mendaftarkan pada database Truecaller, sehingga orang lain tidak menderita dari nomor tersebut.

Kekurangan Truecaller

  1. ID penelepon tidak bisa berfungsi pada semua area.
  2. Memakai aplikasi Truecaller membutuhkan koneksi internet stabil supaya bisa berfungsi.
  3. Belum ada jaminan keamanan informasi.
  4. Termasuk aplikasi yang melanggar privasi.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan memakai aplikasi Truecaller. Meskipun begitu, pengguna bisa memakai aplikasi tersebut dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan saja.

Meskipun aplikasi tersebut terbilang aman, namun tidak ada salahnya menaruh curiga pada aplikasi. Karena aplikasi Truecaller mengambil semua data kontak yang ada di ponsel pengguna.

Cara Download Aplikasi Truecaller

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Bahwa aplikasi Truecaller bisa dipakai memakai ponsel atau komputer. Sehingga ada beberapa cara berbeda pada setiap versinya. Berikut beberapa cara tepat untuk download aplikasi Truecaller.

Cara download Truecaller di Android

  1.  Download aplikasi Truecaller di Google Play Store.
  2.  Daftarkan diri dengan memakai akun Gmail atau Facebook untuk melakukan login.
  3. Jika sudah melakukan pendaftaran, maka pihak aplikasi tersebut akan menghubungi pengguna untuk melakukan konfirmasi proses pendaftaran.
  4. Ketika selesai mendaftar dan berhasil masuk, maka pengguna bisa melihat 4 macam menu utama, yaitu calls, search, block, dan contact.
  5. Pengguna bisa memilih salah satu menu search jika ingin melakukan pelacakan nomor atau nama.
  6. Ketika nomor yang dicari tidak muncul, maka pengguna bisa menarinya dengan memakai fitur web.
  7. Tapi jika pengguna bisa menemukan nomor tersebut, maka akan mendapatkan alamat dan lokasinya sehingga bisa langsung melakukan blokir dan tidak akan mengganggu.

Cara Download Aplikasi Truecaller Melalui iPhone

Selain melalui Android, ternyata aplikasi Truecaller juga bisa diunduh melalui iPhone. Caranya hampir sama dengan download melalui Android. Perbedaannya, pengguna harus install melalui App store.

Cara Download aplikasi Truecaller di PC

  1.  Buka situs resmi Truecaller dari browser yang ada di PC atau laptop.
  2. Selanjutnya pilih salah satu negara dari menu drop down, pilih negara sesuai dengan tempat tinggal pengguna. Misalnya saja Indonesia memakai +62.
  3. Kemudian masukkan nomor telepon yang ingin dicari dan klik pada kolom pencarian.
  4. Lalu akan muncul pop up yang akan meminta pengguna untuk mendaftarkan diri untuk mengetahui informasi nomor ponsel yang ingin dicari.
  5. Jika memakai akun Gmail atau Microsoft akan bisa langsung terhubung dengan Truecaller.
  6. Sudah melakukan pendaftaran maka pengguna sudah bisa mendapatkan rincian nomor yang sedang dicari. Tenang saja informasi tersebut memiliki nilai 90 persen akurat.

Baca Juga: 7 Cara Cek Penerima BSU Ketenagakerjaan Terbaru 2022

Bagaimana, tertarik untuk memakai aplikasi Truecaller? Bahkan cara menggunakan Truecaller sudah dijabarkan di atas. Kini tidak perlu khawatir lagi jika ada nomor tidak dikenal terus-terusan mengganggu kenyamanan. Adanya Truecaller bisa memberikan informasi tentang nomor tersebut dan melakukan pemblokiran.

Jadi sudah tahu kan manfaat dari aplikasi tersebut? Truecaller memang pada beberapa bulan terakhir masuk dalam daftar aplikasi yang perlu kamu install.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin