Cara Mengecek FUP Indihome

Cara Mengecek FUP Indihome 2021

Cara Mengecek FUP Indihome – FUP adalah singkatan dari fair usage policy kebijakan yang digunakan secara internasional oleh penyedia broadband dari semua jenis internet untuk memastikan bahwa setiap pelanggan menggunakan kuota internet sesuai porsinya.

Ketika pengguna internet menggunakan data kuota dalam jumlah besar, pengguna lain di jaringan yang sama dapat terpengaruh. Untuk mencegah pengaruh negatif karena pengguna yang boros, maka penyedia akan membatasi kecepatan data bandwidth. Aktivitas online yang dapat melanggar FUP termasuk streaming konten berkualitas tinggi untuk jangka waktu yang lama, mengirim atau menerima file data yang sangat besar, dll.

Penyedia jaringan menerapkan FUP untuk memastikan bahwa setiap orang dapat menikmati fasilitas internet sesuai biaya yang mereka keluarkan. Adanya FUP juga memudahkan penyedia jasa internet untuk memantau penggunaan internet Anda dan jika Anda melampaui batas penggunaan wajar, mereka dapat membatasi kecepatan jaringan Anda hingga bulan/akhir siklus penagihan berikutnya.

Cara Mengecek FUP Indihome, Fungsi, dan guna FUP

Cara Mengecek FUP Indihome 2021 - Fungsi dan Guna FUP

Kebijakan FUP membatasi jumlah unduhan yang dapat Anda lakukan dalam sebulan sebagai bagian dari kontrak broadband Anda. Ini berbeda dari batasan data, dan tidak akan membatasi penggunaan umum, seperti streaming film atau mengunduh musik. Melainkan mengacu pada penggunaan bandwidth yang sangat intensif yang dapat memiliki efek negatif pada pengguna lain yang membayar untuk layanan yang sama.

Pembatasan berbagi file

Torrenting yang juga dikenal sebagai file sharing, melibatkan pengunduhan bit file, seperti film, kemudian berbagi bit dengan orang lain untuk membentuk file lengkap – dan salinan ilegal. Secara teknis bukan aktivitas ilegal karena Anda hanya mengunduh satu bit file (walaupun ini dapat diperdebatkan), ini juga menggunakan banyak bandwidth, yang mempengaruhi pengalaman pengguna lain.

Batasan pada pengunduhan kapasitas besar

Bahkan mengunduh atau memindahkan file dalam jumlah yang sangat besar secara legal ke sistem cadangan dapat memperlambat koneksi untuk pengguna lain. Pengunduhan file bert akan dianggap sebagai penggunaan yang tidak adil dan akan mengakibatkan pembatasan kecepatan ditempatkan pada Anda oleh penyedia Anda.

Apa yang akan terjadi jika Anda melanggar FUP?

Penggunaan internet sehari-hari, yang menggunakan broadband untuk mengunduh dan mengunggah banyak konten setiap saat, Anda bisa saja terkena pelanggaran FUP.

Jika Anda telah melanggar FUP Anda mungkin mengalami:

  • Kecepatan unduh Anda menjadi lebih lambat selama beberapa waktu.
  • Anda dapat dikenakan biaya tambahan untuk penggunaan tambahan
  • Layanan broadband Anda mungkin terputus sepenuhnya
  • Koneksi Anda terputus sepenuhnya oleh penyedia Anda hanya terjadi dalam kasus yang sangat ekstrim. Untungnya ada cara untuk menghindari pelanggaran kebijakan penggunaan wajar dan mengajukan banding atas keputusan jika yang terburuk terjadi.

Cara Mengontrol Penggunaan Wi-Fi

Jika Anda adalah pengguna broadband rata-rata, kemungkinan besar kecepatan internet Anda stabil dan tidak akan mendapat sanksi dari provider. Salah satu cara untuk menghindari konsumsi broadband yang berlebihan adalah dengan memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya jika Anda seorang youtuber/ vlogger/ atau blogger yang sangat bergantung pada internet dalam kegiatan sehari-hari Anda bisa memilih paket kuota internet berkapasitas besar, contohnya diatas 30 GB dalam sebulan.

Di Indonesia paket internet berkapasitas besar biasanya mendapat potongan lebih murah dibandingkan Anda harus membeli kuota kapasitas rendah berkali-kali. Paketnya beragam, berdasarkan kecepatan Mbps yang diterapkan. Selain membeli paket internet yang sesuai, Anda juga bisa melakukan berbagai cara agar penggunaan wifi tidak melanggar FUP dengan cara:

Mengakses Control Admin

Cara terbaik untuk menghentikan seseorang mengakses internet melalui Wi-Fi Anda adalah dengan mencegah mereka masuk melalui router Anda. Pertama-tama Anda bisa memulainya dengan menetapkan kata sandi yang panjang, memiliki angka, dan sedikit rumit. Anda juga harus menerapkan enkripsi WPA2. Jangan lupa untuk menonaktifkan SSID Broadcast, agar sinyal Wifi sulit ditemukan.

Metode yang lebih memakan waktu, tetapi sangat efektif, adalah memblokir akses ke semua perangkat kecuali yang Anda daftarkan di pengaturan kontrol akses router. Komputer, tablet, dan ponsel cerdas semuanya memiliki pengenal unik, yang dipasang di perangkat oleh pabrikan. Ini disebut alamat fisik, atau alamat MAC. Berbagai macam cara ini mungkin bisa memakan waktu, jika Anda memiliki banyak komputer atau perputaran karyawan yang tinggi di kantor Anda. Untuk menemukan alamat fisik PC Windows, buka Command Prompt, ketik “ipconfig /all” dan tekan Enter.

Mengaktifkan Akses Tamu

Metode umum untuk mengontrol penggunaan akses internet Anda adalah dengan mengaktifkan akses Tamu terlebih dahulu di router. Cara ini sangat ideal terutama jika Anda memiliki Wifi di kedai kopi atau untuk bisnis lain yang mungkin memiliki banyak orang yang menggunakan Wifi Anda untuk waktu yang singkat. Pada dasarnya, jaringan tamu (guest signal) adalah jaringan terpisah yang dibuat agar Anda dapat mengatur batasan untuk tamu tetapi itu tidak akan mempengaruhi karyawan Anda.

Misalnya, Anda dapat mengubah kata sandi setiap hari atau Anda dapat menggunakan alat lain, seperti pembatasan bandwidth untuk memastikan bahwa tamu tidak memanfaatkan layanan Anda. Karyawan juga memiliki porsi jaringannya sendiri sehingga pengunjung tidak terpengaruh. Manfaat keamanan tambahan adalah bahwa jaringan tamu membuat komputer karyawan tidak dapat diakses oleh tamu Anda.

Mengaktifkan Filter Internet

Jika karyawan menghabiskan terlalu banyak waktu di media sosial dan di YouTube, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memblokir situs web ini di router Anda, jika opsi itu tersedia.

Membatasi Jam Penggunaan

Sebagian besar router dengan kontrol orang tua memberi Anda opsi untuk membatasi akses internet ke jam tertentu. Jika perusahaan Anda buka hanya selama jam kerja, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memblokir semua akses internet di malam hari dan di akhir pekan.

Membatasi penggunaan Bandwidth

Pembatasan penggunaan bandwidth tidak mencegah siapa pun mengakses internet, tetapi memperlambat mereka. Jika router Anda memberi Anda opsi ini, cukup seret penggeser ke level yang sesuai. Ini mungkin memerlukan beberapa percobaan dan kesalahan, jadi coba tandai setengah jalan dan uji di beberapa situs web lalu sesuaikan, sesuai kebutuhan.

Cek FUP Indihome

Cara mengecek FUP Indihome bisa melalui berbagai cara. Seperti lewat SMS, website resmi dan aplikasi Indihome. Fasilitas ini memudahkan pengguna untuk mengecek porsi internet Anda dalam jangka waktu tertentu sehingga Anda bisa mengontrol dengan baik kuota internet yang semestinya digunakan.

Cara Mengecek FUP Indihome Lewat SMS

Anda bisa mengecek FUP lewat sms. Sebelum mengecek, Anda harus memastikan bahwa nomor ponsel Anda terdaftar pada sistem Indihome. Ketika Anda sudah yakin bahwa nomor ponsel sudah terdaftar, Anda bisa melakukan langkah berikut:

  1. Ketik ISP(spasi)IH(spasi)kode area + nomor telepon indihome.
  2. Kirim teks pesan tersebut ke nomor customer service Indihome 99108
  3. Setiap pengiriman pesan dikenakan 350 rupiah/ sms.
  4. Tunggu beberapa menit.
  5. Kemudian Anda akan dikirim detail paket.

Cara Mengecek FUP Indihome Melalui Website Indihome

Selain dengan sms, Anda bisa mengakses website resmi indihome. Cara ini termasuk hemat karena Anda tidak perlu mengeluakan pulsa sepersenpun.

  1. Ketik situs halaman indihome.co.id pada browser PC/ smartphone Anda.
  2. Login dengan akun yang Anda buat saat mendaftarkan indihome.
  3. Pilih menu masuk.
  4. Pilih login, setelah itu Anda bisa klik status langganan.
  5. Setelah itu page akan menunjukkan FUP yang Anda dapatkan dari paket yang dipilih.

Cara Mengecek FUP Indihome Lewat Aplikasi MyIndihome

Selain mengakses website dan kirim sms, mengecek FUP juga bisa dilakukan dengan aplikasi smartphone. Ada bisa mencari aplikasi MyIndihome pada app store yang tersedia di ponsel Anda. Setelah itu baru mengikuti langkah berikut:

  1. Login akun sesuai yang didaftarkan.
  2. Pilih menu pemakaian.
  3. Page baru akan menunjukkan angka pemakaian internet dan batas FUP dengan detail.

Baca Juga : Settingan APN Indosat 4G

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *