Cara Membaca Hasil Scan QR Code Pedulilindungi

Cara Membaca Hasil Scan QR Code Pedulilindungi

Cara Membaca Hasil Scan QR Code Pedulilindungi – Ini dia cara membaca hasil scan QR code pedulilindungi yang benar. Apabila anda mengunjungi tempat-tempat umum seperti bioskop, tempat makan, pusat perbelanjaan dan lainnya kini sudah wajib melakukan scan QR code.

Beberapa daerah memang ada yang belum menjalankan prosedur protokol yang baru. Namun cepat atau lambat akan banyak tempat umum yang harus melakukan scan qr saat masuk maupun saat keluar.

Apabila tidak melakukan ini maka bisa dipastikan kalau anda tidak bisa mengakses tempat umum tersebut. Jadi mau tidak mau memang semua orang saat ini harus sudah vaksin hingga dua kali.

Dan tentu saja meskipun sudah melakukan vaksin dua kali harus tetap memakai masker hingga menutup rapat hidung dan mulut. Sebab kegunaan vaksin tersebut hanya bisa meningkatkan sistem imun tubuh saja, sedangkan penularan masih bisa terjadi.

Hanya saja pada orang yang telah melakukan vaksin akan memiliki resiko penurunan kesehatan yang lebih kecil. Sebab orang yang telah mendapat vaksin meskipun tetap bisa positif namun kondisi imunnya akan jauh lebih meningkat lagi.

Nah, untuk anda yang masih bingung cara membaca hasil  pedulilindungi maka berikut ini penjelasan lengkapnya. Silahkan simak pembahasan menarik berikut ini agar setiap melakukan scan QR melalui aplikasi pedulilindungi dapat segera membacanya dengan benar.

Cara Membaca Hasil Scan QR Code Pedulilindungi

Cara Membaca Hasil Scan QR Code Pedulilindungi

Pada tempat-tempat umum seperti mall, stasiun kereta hingga kafe-kafe kini harus wajib melakukan scan QR. Adapun hasil scan QR pada aplikasi pedulilindungi ini nantinya dapat memberitahu anda dan pihak security yang menjaga tempat umum tersebut.

Pihak developer aplikasi pedulilindungi ini menggunakan kode-kode warna pada tiap hasil scan qr nya. Tiap warna sudah tentu memiliki arti yang berbeda, dan berikut ini masing-masing penjelasan dari kode warna tersebut.

1. Warna Hijau

Apabila setelah scan qr code saat mau masuk ke tempat umum hasilnya warna hijau maka itu artinya adalah anda boleh masuk. Sebab arti dari warna hijau pada aplikasi peduli lindungi adalah anda sudah vaksin dua kali dan kondisinya negatif.

Jadi apabila pihak keamanan setempat melihat status warna hijau pada aplikasi pedulilindungi milik anda maka secara otomatis akan memperbolehkan masuk.

Hal ini sangat bermanfaat sekali untuk menyaring orang-orang sebelum melalu pintu masuk pusat perbelanjaan atau tempat umum lainnya.

Dengan demikian orang-orang yang anda temui pada ruangan yang sama sudah lebih terjamin bahwa tidak terjangkit virus covid. Sehingga bisa menurunkan penularan covid-19 secara signifikan.

2. Cara Membaca Hasil Scan QR Code Pedulilindungi, Kuning

Apabila hasil scan qr code menunjukkan warna kuning maka itu artinya adalah anda baru vaksin satu kali. Meskipun hasil test PCR menunjukkan negatif namun jika anda belum vaksin yang kedua statusnya tetap akan berwarna kuning.

Dalam status kuning ini sebenarnya anda tetap diperbolehkan untuk masuk ke pusat perbelanjaan. Namun dalam pengawasan yang ketat.

Contohnya saja anda harus bisa menunjukkan bukti pendukung bahwa anda dalam kondisi negatif.

3. Merah

Jika warnanya merah itu berarti anda terdeteksi belum vaksin dan tidak boleh masuk ke tempat umum yang anda kunjungi tersebut.

Meskipun hasil test PCR negatif namun belum vaksin maka statusnya juga tetap akan berwarna merah. Maka dari itu harus vaksin terlebih dahulu minimal satu kali baru warnanya berubah menjadi kuning.

4. Cara Membaca Hasil Scan QR Code Pedulilindungi, Hitam

Warna hitam akan muncul yang artinya blacklist. Status ini menunjukan bahwa anda positif covid-19 dan harus karantina hingga 14 hari.

Baca Juga : Cara Cek Sertifikat Vaksin di Aplikasi Pedulilindungi

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

five × 2 =