Cara membuat barcode / QR code sendiri di HP

Cara membuat barcode

Cara membuat barcode / QR code sendiri di HP – Cara membuat barcode / QR code sendiri di HP yang praktis dan mudah menggunakan pilihan situs terbaik. Buat anda yang belum tahu kehadiran QR code sebenarnya ini menjadi populer berkat negeri sakura.

Nippon atau negara Jepang memang terkenal karena kerja keras dan inovasinya yang bisa berkontribusi bagi dunia internasional. Telah banyak perusahaan Jepang yang kini bergantung dengan teknologi QR code dalam setiap transaksinya.

Hal ini tentu juga berlaku pada negeri panda atau Tiongkok yang kini sudah banyak mengejar ketinggalan pada sektor teknologi. Kita tahu bersama bahwa pada awal kemunculannya memang menggunakan bar code yang biasa ada pada barang-barang supermarket.

Namun dengan kehadiran QR code yang lebih baru dari bar code memiliki kelebihan sendiri pada zaman modern ini.

Pengertian QR Code dan bedanya dengan bar code

Cara membuat barcode

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa bar code memang lebih dahulu ada jauh sebelum kemunculan QR code. Terutama pada era digitalisasi ini yang semakin membutuhkan QR code untuk keamanan dalam bertransaksi.

Perbedaan mencolok antara kedua jenis code tersebut yaitu pada bar code hanya menggunakan satu dimensi sedangkan QR code sudah dua dimensi.

Tujuan kemunculan dari QR code sendiri menawarkan keunggulan terutama pada bagian respon scan yang lebih cepat dari bar code. Arti QR tidak lain adalah quick response yang bisa menghemat waktu terutama pada bagian pekerja pabrik.

Kini bukan lagi negara Jepang saja melainkan hampir seluruh negara termasuk Indonesia juga mulai mengikuti menggunakan QR code.

Tentunya ada banyak sekali manfaat QR code yang semula terbatas hanya untuk beberapa keperluan saja. Sekarang sudah merambat ke berbagai bidang dalam aspek kehidupan manusia.

Apa fungsi dari QR code ?

Belanja online kini jauh lebih digemari oleh banyak orang dari pada belanja offline. Apalagi karena keterbatasan sosial akibat wabah covid membuat orang semakin terdorong untuk belanja online.

Jika pada awalnya belanja online hanya untuk barang-barang tertentu saja. Kini sudah ke berbagai macam belanjaan seperti tas, sepatu, baju, elektronik, hingga berbagai macam kuliner.

Kemunculan start up yang berhasil menciptakan aplikasi Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dll berhasil menarik banyak orang untuk lebih suka belanja online.

Seiring dengan meningkatnya trend ini maka e-wallet atau dompet digital juga semakin populer digunakan oleh masyarakat luas. Nah, untuk anda yang sudah sering belanja online menggunakan marketplace raksasa pastinya sudah paham dengan e-wallet bukan ?

Sebut saja DANA yang merupakan e-wallet sekaligus pembayaran utama pada marketplace bukalapak serta merchat yang telah secara resmi bekerja sama dengannya.

Di Tiongkok sendiri sudah sangat umum sekali orang belanja apa saja lalu bayar menggunakan e-wallet dengan QR code seperti wechat.

Begitu pula di Indonesia yang kini juga saat ingin bayar pastinya jauh lebih praktis tinggal gunakan dompet digital ketimbang uang tunai.

Melalu dompet digital anda bisa bayar dengan uang pas tanpa perlu repot menaruh uang kembalian yang bisa memenuhi dompet atau saku celana yang sudah sempit.

Kegunaan QR code yang kini sudah umum di jumpai

Beberapa cafe serta minimarket dan merchant lainnya sudah mulai memasang QR code untuk mempermudah pelanggan melakukan pembayaran.

Cukup dengan scan QR code dengan menggunakan kamera HP yang berjalan pada aplikasi e-wallet atau sejenisnya maka sudah bisa bertransaksi secara cepat.

Sangat praktis sekali bukan ? Dan saldo dari pembeli pun secara otomatis akan terpotong dan berpindah ke saldo penjual saat itu juga secara real time.

Bahkan tidak ada biaya transfer yang muluk-muluk asalkan sama-sama menggunakan e-wallet dari perusahaan yang sama. Selain untuk kepentingan jual beli, kehadiran QR code juga berguna untuk tempat umum lainnya.

Sebut saja aplikasi pedulilindungi yang belum lama ini muncul akibat pandemi covid-19. Pemerintah RI berencana meniru negara lain seperti Tiongkok agar bisa melacak orang positif covid dengan menggunakan aplikasi online.

Alhasil kini tempat-tempat umum mulai terlihat poster atau gambar berupa QR code tempat buat scan sebelum anda masuk dan keluar.

Target sasarannya seperti minimarket, supermarket, cafe, dan tempat umum lainnya yang berpotensi menimbulkan kerumuman. Berkat adanya sistem QR code ini maka orang-orang tinggal menggunakan kamera HP nya untuk mengidentifikasi diri secara praktis dan cepat.

Cara membuat barcode / QR code sendiri di HP

Nah, jika anda butuh atau ingin membuat QR code sendiri maka caranya sebenarnya sangat mudah sekali. Yang pasti tidak perlu buat manual karena kini sudah banyak aplikasi serta layanan dari situs untuk generator QR code secara gratis.

Ada beberapa website yang kini masih aktif dan bisa anda pakai untuk membuat QR code sendiri hanya dengan cara copy paste saja.

Anda bisa pilih dan gunakan salah satu dari situs generator QR code berikut ini.

https://qrcode.kaywa.com/

https://www.qrstuff.com/

https://goqr.me/

https://www.visualead.com/

Tidak perlu bingung untuk menggunakan web generator QR code yang mana karena semuanya sudah pasti bisa menghasilkan kode 100 persen unik.

Selain menggunakan keempat situs tersebut masih ada cari lain yaitu dengan menggunakan aplikasi Android yang bernama QR Code Generator.

Silahkan buka google play store anda dan ketik kata kunci QR Code Generator untuk menemukan file apk. Download dan install file apk tersebut ke HP Android anda.

Dan jika sudah maka jalankan QR Code Generator untuk buat yang baru khusus untuk anda. Terdapat banyak macam tipe yang bisa anda pilih menyesuaikan QR code masing-masing.

Contohnya saja seperti teks, email, url, SMS, WiFi dan lainnya. Anda bisa secara bebas cukup pilih salah satunya saja untuk dibuatkan QR code dengan klik tombol generate.

Tunggu beberapa saat dan setelah itu muncul gambar QR code yang bisa anda simpan atau cetak tergantung menyesuaikan kebutuhan anda saat itu.

Sebenarnya masih banyak sekali aplikasi serupa yang fungsinya untuk membuat QR code unik baik secara gratis maupun berbayar. Anda bisa cari sendiri melalui play store atau mesin pencarian pada situs google.

Cara membuat barcode, Kesimpulan

QR Code kini menjadi solusi tepat untuk memenuhi kebutuhan modern yang semakin kompleks terutama pada jaman yang sudah serba teknologi sekarang ini.

Anda tidak perlu khawatir karena QR code tidaklah dengan domain pada situs atau website yang memiliki kadarluarsa. Pada QR code tidak akan terjadi kadaluarsa sehingga bisa berlaku kapan saja tanpa batasan waktu.

Sebab pada prinsipnya QR code itu sendiri merupakan data yang anda masukan sebelumnya saat ingin membuat lalu berubah menjadi code yang tidak bisa terbaca manusia.

Dengan pola yang kompleks dan rumit menjadikan QR code mampu menyimpan lebih banyak informasi ketimbang bar code yang hanya satu dimensi saja.

Terdapat banyak manfaat yang semakin luas lagi seiring dengan perkembangan teknologi, terutama era 5G yang kini sudah nyata hadir.

Baca Juga : Cara Cek Barcode Menggunakan Aplikasi QR ? Barcode Scanner

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *