9 Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi dengan Mudah

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

9 Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi dengan Mudah – Keyboard adalah perangkat yang sangat penting dan harus ada dalam perangkat laptop. Tanpa keyboard, laptop tidak akan bisa digunakan secara maksimal. Karena tidak bisa digunakan untuk mengetik. Terkadang, permasalahan keyboard sering terjadi. Namun ternyata, cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi bukanlah hal yang sulit.

Cara Mengatasi Keyboard Tidak Berfungsi Secara Mandiri

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Ada beberapa penyebab hal ini bisa terjadi. Mulai dari beberapa pengaturan yang membuat keyboard tidak bisa dipakai, karena ada debu, driver yang rusak, dan masih banyak lagi. Setiap permasalahan pasti memiliki solusi yang berbeda-beda. Bagi yang masih bingung cara mengatasinya, di bawah ini akan diberikan uraiannya secara jelas:

1. Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi, Cek Num Lock

Tombol Num Lock adalah tombol yang digunakan untuk mengubah keyboard biasa menjadi keyboard numerik. Jika tombol ini dinyalakan, maka keyboard biasa akan menonaktifkan beberapa tombolnya. Jika seperti ini, biasanya pengguna mengira keyboard biasa sudah rusak dan tidak bisa dipakai lagi untuk kedepannya.

Padahal permasalahan seperti ini timbul dari kesalahan sepele. Terkadang, tombol Num Lock tidak sengaja dipencet oleh pengguna. Untuk mengatasinya hanya perlu menonaktifkan tombol tersebut. Bisa gunakan tombol “Fn” + “NumLk”. Pencet tombol tersebut secara bersamaan untuk mematikan fitur Numlock-nya.

2. Restart Perangkat

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Jika permasalahannya bukan ada di tombol Numlock-nya, maka langkah lainnya yang bisa diaplikasikan adalah dengan memulai ulang (restart) perangkat. Langkah ini memang ampuh untuk dipakai menyelesaikan berbagai masalah. Salah satunya adalah mengembalikan keyboard yang bermasalah seperti semua.

Mulai ulang laptop seperti biasa, kemudian coba keyboardnya lagi setelah berhasil dinyalakan. Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi yang kedua ini tergolong cara yang sangat mudah. Maka dari itu langsung saja coba cara ini jika cara pada poin satu tidak membuahkan hasil dalam praktiknya.

3. Restore Perangkat

Metode lain yang bisa diaplikasikan adalah me-restore perangkat yang digunakan. Jika memanfaatkan metode ini, maka keyboard akan kembali pada penggunaan umumnya. Karena biasanya, keyboard yang tidak bisa dipakai mengalami kendala pada sistemnya yang lemot. Sehingga perlu untuk di-restore dengan cara tertentu.

Cara untuk melakukan restore juga berbeda-beda. Jika memakai Windows 7 atau 8, bisa masuk ke menu “Start” dan langsung menuju menu “Recovery”. Hal ini juga berlaku pada Windows lain di atas Windows 8. Namun jika menggunakan Windows XP, maka harus masuk menu “All Program” dan pergi ke menu “System Restore”.

4. Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi, Perbaiki Driver-nya

Permasalahan lain yang menyebabkan keyboard tidak bisa dipakai adalah driver-nya yang bermasalah. Cara mengeceknya adalah dengan masuk ke menu “Device manager”. Jika pada driver keyboard ada logo segitiga dengan warna kuning, artinya driver sedang bermasalah. Maka dari itu harus segera dicari solusinya.

Sebagai solusi mudahnya, pengguna bisa langsung mengunduh driver keyboard yang ada di situs resminya. Setelah berhasil terunduh, maka instal di perangkat. Setelah selesai, maka keyboard sudah bisa digunakan seperti biasa. Proses pengunduhan hingga pemasangan ini tidak terlalu lama dan tidak perlu dilakukan oleh teknisi ahli.

5. Ganti Layout Keyboard-nya

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi berikutnya adalah dengan mengubah layout keyboard. Jika menggunakan metode ini, ada beberapa urutan langkah yang harus diaplikasikan dengan baik. Berikut adalah cara mengganti layout keyboard yang sedang mengalami masalah dalam penggunaannya:

  • Masuk menu “Start”.
  • Ketikkan menu “Language” di tempat pencarian.
  • Pilih bahasa sesuai yang digunakan dalam perangkat.
  • Masuk pada menu “Options”, kemudian pilih bagian “US QWERTY”.
  • Lakukan penghapusan beberapa layout keyboard yang sudah tidak dipakai.
  • Jika sudah, maka simpan perubahan dan keyboard sudah bisa dipakai seperti semula.

6. Bersihkan Keyboard  Dari Kotoran

Tidak bisa dipungkiri jika keyboard laptop adalah tempat paling mudah bersarangnya kotoran. Karena hal inilah, terkadang keyboard tidak bisa dipakai dengan lancar. Agar bisa kembali seperti semula, maka harus dilakukan pembersihan. Sebelum melakukan pembersihan ini, maka harus ada beberapa langkah yang diperhatikan. Berikut diantaranya:

  • Laptop harus mati.
  • Letakkan laptop menjadi miring 90 derajat.
  • Goyang-goyang laptop sampai kotoran yang bersarang bisa keluar.
  • Lakukan pembersihan bagian bawahnya dengan trik jitu, yaitu dengan selotip.
  • Aplikasikan cara ini beberapa kali hingga kotoran hilang sepenuhnya.

7. Cek Bagian Konektornya

Selain semua cara di atas, cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi adalah dengan mengecek konektornya. Letak konektor ini ada di dalam laptop. Sehingga harus dilakukan pembongkaran perlahan untuk mengeceknya. Pastikan tidak ada kesalahan letak pemasangan pada konektor ini.

Jika konektor tertekuk, terlipat, atau bahkan tidak terpasang dengan baik, maka keyboard tidak akan bisa dipakai. Meski sudah dibersihkan atau instal ulang driver, masalahnya akan tetap sama. Maka dari itu, perlu juga dilakukan pengecekan pada konektornya juga. Jika memanfaatkan metode ini, maka harus memiliki keahlian membongkar laptop.

8. Gunakan Keyboard Terpisah

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi lain adalah memakai keyboard eksternal. Naik yang menggunakan kabel USB, atau yang berjenis wireless. Dengan menggunakan keyboard jenis ini, maka keyboard asli sudah tidak perlu dimanfaatkan lagi. Metode ini tergolong cepat mengatasi masalah keyboard yang tidak berfungsi.

Namun, kekurangan memakai metode ini adalah penggunaan alat yang tidak efektif. Apabila laptop akan dibawa, maka arus membawa keyboard eksternalnya juga. Hal ini mungkin bisa menyulitkan beberapa orang. Jadi jika merasa kesusahan dengan metode ini, bisa beralih ke metode lain di bawah ini.

9. Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi, Pakai On Screen Keyboard

Apabila semua cara di atas sudah tidak memberi pengaruh baik pada keyboard, maka alternatif lain adalah menggunakan On Screen Keyboard. Dengan menggunakan keyboard jenis ini, maka pengguna harus membagi layar laptop untuk menampilkan On Screen Keyboard-nya. Metode ini sangat mudah untuk dipakai.

Caranya dengan masuk ke menu “Start”, kemudian masuk ke menu “Program”. Setelah itu, pergi ke bagian “Accessories” dan dilanjutkan ke “Accessibility”. Terakhir, pilih bagian “On Screen Keyboard” untuk mengakhiri proses. Dengan demikian, On Screen Keyboard sudah bisa dipakai dan dimanfaatkan dengan baik.

Cara Mengatasi dengan Membawa Keyboard ke Service

Metode terakhir yang bisa dijadikan solusi adalah membawa laptop ke tempat service. Cara ini bisa dilakukan jika semua cara di atas sudah tidak memberi solusi dan pengguna kesusahan menggunakan On Screen Keyboard. Jika kendalanya ada di keyboard, biasanya perbaikannya tidak terlalu lama.

Namun jika ternyata permasalahannya runyam dan keyboard tidak bisa diperbaiki lagi, maka biasanya orang yang memperbaiki akan menyarankan untuk mengganti. Jika memang harus diganti dengan yang baru, maka lakukan saja penggantian ke keyboard yang baru. Tapi jika masih bisa diperbaiki, maka minta untuk dilakukan perbaikan saja.

Itulah beragam cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi dengan berbagai metode. Setiap metode difungsikan untuk permasalahan yang berbeda-beda. Jika memang diharuskan, maka coba saja semua cara dari urutan yang pertama. Apabila masih belum bisa, lanjutkan dengan cara kedua dan seterusnya.

Baca Juga : Inilah Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Kotor

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published.

one × two =