Cara Mengatasi Windows Error Recovery

Cara Mengatasi Windows Error Recovery

Cara Mengatasi Windows Error Recovery – Windows adalah sebuah sistem operasi yang dibuat langsung di bawah tangan Mcrosoft. Mayoritas Windows sudah dapat dikelompokkan pada komputer (PC) yang baru agar windows dapat menjadi sistem operasi yang paling terkenal di masa sekarang.

Dengan adanya Windows dapat membuat kegiatan sehari – hari kita menjadi lebih muda dan efektif. Contoh Windows dapat memungkinkan kita memudahkan segala sesuatu contohnya, Windows dapat digunakan untuk browsing, mengecek E- mail, meng edit foto digital, mendengarkan musik, bermain game, dan banyak lainnya. Selain untuk sehari – hari Windows juga banyak digunakan untuk kegiatan perkantoran antara lainnya, dapat menyediakan perangkat lunak yang membuat produktivitas lebih terorganisir seperti spreadsheet, Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft One Note, Microsoft Acces, Google Doc.

Windows Error Recovery adalah sebuah keadaan yang muncul dimana ketika kita mematikan/ men shutdown komputer dengan cara yang tidak sesuai dengan prosedur yang ada atau bisa juga secara paksa. Hal seperti ini adalah hal yang lumrah dan memang sering dialami oleh setiap pengguna komputer. Namun ada beberapa hal yang terjadi ketika dilakukan boot ulang ketika menuju windows, dan membuat halaman tersebut muncul secara terus menerus Windows yang lebih sering mengalami hal seperti ini di antara lainnya adalah Windows 7 dan Windows 10. Namun bukan tidak memungkinkan jika Windows Windows yang lainnya tidak dapat terkena Windows Error Recovery.

Windows 7

Cara Mengatasi Windows Error Recovery

Windows 7 adalah sebuah windows terobosan terbaru pada masanya. Kenapa windows disebut Windows terobosan pada masanya dikarenakan Windows ini adalah Windows yang mempunyai home screen terbaru dan sangat ter- update yang pada sebelumnya yaitu Windows Vista. Waktu perilisan untuk dalam pabrik Windows 7 tercatat pada tanggal 22 Juli 2009, dan mulai dirilis ke pasaran publik pada tanggal 22 Oktober 2009. Mempunya senggang waktu yang kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya yaitu, Windows Vista.

Seperti yang dikatakan tadi tidak seperti Windows Vista, Windows 7 ini sangat mempunyai banyak fitur terbaru yang dapat memudahkan penggunanya menjadi lebih nyaman. Windows 7 ini sangat lebih fokus terhadap pengembangan dasar – dasar Windows, bertujuan agar kompatibel dengan perangkat keras dan aplikasi – aplikasi komputer lainnya yang kompatibel dengan Windows Vista. Pada tahun 20008 diadakan  tes presentasi Microsoft mengenai Windows 7, Dan dinyatakan kalau Windows 7 sangat terlihat lebih fokus kepada dukungan multi touch pada layar dan mendesain ulang taskbar yang mungkin sekarang banyak orang menyebutnya Superbar yaitu sebuah sistem jaringan rumahan yang bernama HomeGroup dan meningkatkan perfoma terbarunya. Ada beberapa aplikasi standar yang pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Movie Maker, Windows Photo Gallery, Windows Mail, Windows  Calendar, dan tidak diseertakan lagi di Windows 7, yang kebanyakan disediakan oleh Microsoft secara terpisah dan sebagian dari paket Windows Live Essentials yang dapat didapatkan secara gratis.

Windows 10

Cara Mengatasi Windows Error Recovery

Seperti Windows 7, Windows 10 ini juga mengalami perubahan yang sangat signifikan. Sistem operasi ini dapat memungkinkan yang pertama dikembangkan ole Microsoft yang dinobatkan sebagai bagian keluarga dari sistem operasi Windows NT. Windows NT tersebut adalah sebuah operasi 32- bit dari Microsoft itu sendiri yang menjadikan dia sebagai leluhur sistem operasi. Operasi sistem tersebut yang pada awalnya sangat mendukung beberapa bagian platformmikroprosesor, yang awal mulanya dari intel 80x60 sampai sekarang, kemudian dihentikan pada MIPS R4X00 dan dihentikan kembali pada versi Windows 2000 Beta 3, lalu dimulai kembali di versi Windows NT 3.51 dan mengalami penghentian kembali pada versi Windows NT 4.0, serta ada di beberapa platform lain – lainnya, seperti SPRAC yang SPRAC ini sendiri tidak diperuntukkan rilis unutk umum dikarenakan dibuat oleh pihak ketiga yaitu, Intergraph, dan Clipper. Untuk saat ini sistem yang berbasis Windows NT ini hanya bisa mendukung platform intel  80×60.

Penyebab Utama Windows Error Recovery

Jika fokus pada suatu permasalahan sebuah perangkat keras atau yang bisa dikatakan sebagai komputer atau laptop yang mengalami Windows Error Recovery dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu,

DATA SYSTEM CORRUPT

Mau dimanapun perangkat kerasnya jika ada sebuah data yang korup sangat memungkinkan sebuah data sistem mengalami kerusakan dan dapat mengakibatkan proses booting terganggu. Dan sudah bisa dipastika hal ini disebabkan karena data yang tidak dapat terbaca oleh komputer.

File BCD hilang

Pada permasalahan kali ini sangat jarang diketahui oleh banyak orang dikarenakan nahwa salah satu penyebabnya ialah ada BCD yang menghilang atau mungkin rusak. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya kesalahan pada disk atau listrik atau hal – hal yang dapat menyebabkan terjadinya hal itu.

Kesalahan Hardisk

Sebuah kesalahan ini mungkin bisa jadi alasan mengapa munculnya Windows Error R      ecovery ini disebabkan oleh hardisk yang bermasalah. Misalnya adanya kerusakan pada hardisk atau kabel SATA yang longgar.

VIRUS

Cara Mengatasi Windows Error Recovery

Adapun serangan virus sangat dapat memungkinkan permasalahan ini terjadi, karena tidak hanya mempengaruhi data sistem saja tapi mempengaruhi semua isi perangkat keras tersebut. Jika dijabarkan ada banyak cara mengatasi Windows Error Recovery. Misalnya sebagai berikut.

Cara Mengatasi Windows Error Recovery

Pilih Start Windows Normally

Sudah dipastikan ketika kita berada pada sebuah halaman yang bertuliskan Windos Error Recovery  yang perlu dilakukan cara yang sangat mudah adalah dengan pilih dan tekan opsi Start Windows Normally. Terkadanga jika memilih opsi ini Windows kita akan langsung berjalabn menjadi normal kembali, Dan jika memang metode ini berhasil, maka bisa dipastikan masalah tadi muncul dikarenakan kita mematikan Windows secara yang tidak sesuai dengan prosedur yang ada atau secara paksa.

Cara Mengatasi Windows Error Recovery, Menjalankan Startup Repair

Cara Mengatasi Windows Error Recovery

Jika metode yang pertama sama saja atau tidak ada perkembangan lainnya, bisa dicoba dengan menjalankan metode Starup Repair.  Dengan menjalankan opsi ini kemungkin besar masalah ini akan terselesaikan pada Windows. Caranya hanya pilih dan tekan opsi Launch Stratup Repair lalu tunggu proses sistem yang melakukan pemindaian dan perbaikan beberapa saat lalu ikuti intruksi yang ada pada layar kemudia klih FINISH untuk restart  Windows lalu selesai.

Menggunakan SYSTEM RESTORE

Untuk opsi selanjutnya kita juga bisa menggunakan cara SYSTEM RESTORE PADA Windows untuk mengembalikan secara semula seperti biasanya. Caranya adalah tekan tombol POWER unutk menyalakan komputer kemudian saat proses booting  berjalan pilih dan tekan tombol F8 lalu pilih REPAIR YOUR COMPUTER kemudia tekan ENTER. Selanjutnya di bagian SELECT A KEYBOARD INPUT METHOD, pilih US klik NEXT. Jika di komputer anda mempunyai password , silahkan masukan kodenya tersebut lalu klik OK. Setelah itu hanya ikuti intruksi yang ada pada layar dan selesai.

MEMILIH BOOT KE LAST KNOWN GOOD CONFIGURATION

Opsi ini bisa digunakan jika memang sangat diperlukan, pertama nyalakan komputer dan pada saaat proses booting  telkan tombol F8 secara berulang, dan di bagian ADVANCED BOOT OPTIONS pilih LAST KNOWN GOOD CONFIGURATION (ADVANCED) tekan Enter, lalu tunggu proses beberapa saat dan selesai.

Cara Mengatasi Windows Error Recovery, INSTALL ULANG WINDOWS

Jika memang semua cara diatas tidak ada respon apapun pada perangkat keras kita satu – satunya opsi yaitu adalah dengan meng install ulang Windows. Metode ini metode yang sangat ampuh dan dari metode lainnya di atas. Banyak pengguna komputer mengakui bahwa satu – satunya cara untuk dari semua masalah adalah meng install ulang Windows.

Baca Juga : Ketahui Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup dan Penyebabnya di Windows 10

5/5 - (368 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + eight =