Penyebab Koneksi Internet Melambat

Penyebab Koneksi Internet Melambat

Penyebab Koneksi Internet Melambat Secara Umum di Android – Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan perangkat mungil bernama smartphone, pasalnya smartphone terutama yang bersistem operasi Android merupakan perangkat yang sangat populer di seluruh dunia. Smartphone Android memang telah digunakan oleh hampir setiap orang, bahkan perangkat ini seolah telah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat yang hidup di era teknologi informasi seperti sekarang ini, hal ini dikarenakan smartphone Android memiliki fungsi yang sangat beragam.

Anda telah bisa melakukan berbagai macam hal melalui smartphone Android, seperti misalnya mencari informasi di internet. Berselancar di dunia maya menggunakan smartphone Android memang sangatlah praktis karena Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja Anda mau, apalagi kini hampir semua smartphone telah mendukung jaringn 4G LTE yang menawarkan kecepatan tinggi. Namun terkadang Anda dibuat jengkel karena koneksi yang lambat, berikut ini akan kami ulas penyebab koneksi internet melambat secara umum di Android.

Penyebab Koneksi Internet Melambat

Penyebab Koneksi Internet Melambat 2

  1. Jaringan Yang Tidak Stabil

Salah satu hal yang sering menjadi penyebab koneksi internet menjadi lambat adalah karena jaringan yang tidak stabil, hal ini biasanya dialami pada saat Anda berada di suatu lokasi yang cukup terpencil seperti misalnya di hutan, di puncak gunung, dan sebagainya. Selain lokasi, keadaan cuaca yang buruk juga akan bisa menyebabkan jaringan menjadi tidak stabil sehingga mempengaruhi koneksi internet menjadi lambat, hal ini tentu saja tidak bisa Anda hindarkan.

  1. Banyak Aplikasi Yang Berjalan di Latar Belakang

Sebagian besar pengguna Android seringkali lupa menutup aplikasi setelah selesai menggunakannya di mana aplikasi-aplikasi tersebut akan tetap berjalan di latar belakang. Perlu Anda ketahui bahwa semakin banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, maka hal ini akan bisa membuat koneksi internet Anda menjadi lambat, oleh karena itu sebaiknya Anda segera menutup aplikasi yang telah digunakan.

  1. Cache Yang Menumpuk

Hal berikutnya yang juga bisa menyebabkan koneksi internet melambat di perangkat Android adalah karena cache yang menumpuk, perlu Anda ketahui bahwa cache atau file sampah menjadi salah satu penyebab utama lambatnya koneksi internet. Selain itu file sampah yang menumpuk juga bisa mempengaruhi kinerja smartphone secara keseluruhan, oleh karena itulah maka Anda harus menghapus cache secara berkala.

  1. Salah Setting Jaringan

Jika koneksi internet Anda terasa lambat, maka Anda tidak perlu merasa panik karena salah setting jaringan ternyata juga bisa menjadi penyebab lambatnya koneksi internet di Android. Ada banyak pengguna Android yang tidak menyadari kesalahan ini di mana mereka secara sengaja ataupun tidak sengaja telah mengubah pengaturan VPN, proxy, password, username, dan pengaturan lainnya.

  1. Serangan Virus

Jika Anda sudah memeriksa keempat hal di atas, namun koneksi internet di perangkat Android Anda tetap lambat, maka bisa jadi perangkat tersebut telah terserang virus ataupun malware. Perlu Anda ketahui bahwa serangan virus jahat ataupun malware juga menjadi salah satu penyebab utama mengapa koneksi menjadi lambat, oleh karena itu Anda sebaiknya memasang anti virus.

Apabila Anda merasakan koneksi internet yang lambat pada perangkat Android, maka Anda bisa memeriksa beberapa penyebabnya yang telah diulas di atas.

Baca Juga : Cara Mengatasi HP Yang Sering Lag.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *