8 Cara Bayar Pajak Motor Secara Online, Tanpa Ke Samsat

Cara Bayar Pajak Motor Secara Online, Tanpa Ke Samsat Terbaru 2022 – Membayar pajak motor merupakan salah satu kewajiban warga negara yang memiliki sepeda motor. Oleh karenanya, jika memiliki kendaraan bermotor pun mempunyai keharusan untuk membayar pajaknya setiap tahun. Untuk mempermudah pemilik kini terdapat sistem yang memungkinkan  membayarnya secara online.

Cara Membayar Pajak Motor Secara Online

Apa yang Dimaksud dengan Pajak Motor?

Pajak motor merupakan pajak atas kepemilikan atau penguasaan kendaraan bermotor roda dua maupun lainnya.  Pembayarannya dilaksanakan setiap tahun sesuai dengan waktu kepemilikannya. Besaran jumlahnya sesuai dengan kalkulasi ya dimiliki oleh pihak penghitung pajak.

Jatuh tempo pembayaran pajaknya dalam suatu masing pajak yaitu maksimal 15 hari setelah berakhirnya masa pajak.  Oleh karena itu jangan sampai terlambat untuk melakukan pembayaran pajak motor karena akan dikenai denda yang nilainya cukup lumayan.  Jika mungkin bayarlah sebelum jatuh.

Cara Bayar Pajak Motor Secara Online

Umumnya membayar pajak dilakukan secara offline artinya Anda datang ke kantor pajak setempat yaitu Samsat untuk kendaraan bermotor. Namun, kini dikembangkan salah satu aplikasi yang memudahkan agar penggunanya tidak perlu menghabiskan waktu untuk melakukan proses tersebut.

Untuk membayar pajak kendaraan secara online maka sekarang dapat menggunakan layanan e-samsat sehingga tidak perlu lagi repot mendatangi kantor Samsat terdekat. Samsat online nasional atau Samolnas merupakan aplikasi yang bisa digunakan oleh pemilik kendaraan bermotor untuk membayar pajak STNK secara online di seluruh Indonesia.

Langkah-Langkah Cara Bayar Pajak Motor Secara Online

Untuk dapat membayar pajak motor secara online maka anda wajib memiliki telepon genggam berbasis Android. Sebab sampai saat ini belum dikembangkan aplikasi tersebut dalam versi iOS-nya. Lalu unduhlah melalui Google Play Store dan segera pasang di dalam sistem smartphone.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Langsung masuk ke dalam aplikasi tersebut
  2. Klik Mulai
  3. Pilihlah Menu Pendaftaran
  4. Anda kemudian akan melihat beberapa kolom yang harus diisikan data-data penting seperti nomor polisi kendaraan,  nomor STNK,  serta nomor rangka kendaraan.  Isilah sesuai dengan data yang ada.
  5.  Jika sudah, tekan Lanjut
  6. Kemudian Anda akan mendapatkan kode bayar di mana sistem akan memperlihatkan SKPP elektronik. Kode bayar ini hanya berlaku selama 2 jam, sehingga Anda harus segera melakukan pembayarannya.  Pilihannya dapat menggunakan internet banking atau mesin ATM yang terdekat.
  7. Anda dapat memilih beberapa bank yang sudah bekerja sama dengan samolnas yaitu ATM BCA, Mandiri, BRI, CIMB Niaga , Permata Bank,  serta BNI. Untuk mempermudah juga tersedia pilihan membayarnya menggunakan Tokopedia serta Bukalapak.
  8. Jika transaksi pembayaran telah Anda lakukan, maka selanjutnya sistem akan mengirimkan E-TBPKB serta e-pengesahan STNK melalui email pribadi yang telah didaftarkan ke Samolnas. Dua berkas elektronik itu hanya memiliki masa aktif hingga 30 hari sejak dikirimkan ke anda.

Selanjutnya Anda harus memperoleh bentuk fisiknya dalam kurun waktu 30 hari.  Umumnya pihak Samsat akan mengirimkan ke alamat yang ada di STNK yang memakan sekitar 7 hari.

Penggunaan Aplikasi Pembayaran Pajak Motor Online

Tidak hanya dapat digunakan untuk membayar pajak STNK tetapi juga beberapa biaya yang berkaitan dengan kepemilikan kendaraan bermotor.  Antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pembayaran online Pajak Kendaraan Bermotor
  • Pengesahan tahunan Pajak Kendaraan Bermotor secara online
  • PNBP
  • Pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan),
  • SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan)

Dengan adanya kemudahan itu tentu saja kini tidak ada alasan terjadinya penunggakan pembayaran pajak kendaraan bermotor karena kesulitan untuk mengunjungi kantor Samsat terdekat.  Tinggal pastikanlah bahwa seluruh data yang dibutuhkan telah disiapkan sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan.

Fitur Penting yang Ada Pada Samolnas

Karena Samolnas merupakan aplikasi pembayaran pajak motor online yang baru Maka mungkin saja Anda belum mengenal fitur-fiturnya.  Oleh karenanya simak pembahasan di bawah ini ini untuk memudahkan mengoperasikannya.

  1. Pendaftaran:  merupakan fitur agar Anda dapat melakukan pendaftaran Penetapan pajak SWDKLLJ, PKB, STNK. Juga untuk memperoleh kode bayar pajak.
  2. Info pajak.  Pada fitur ini Anda dapat memperoleh besaran pajak PKB dan SWDKLLJ kendaraan bermotor yang akan dibayarkan pada masa pajak tersebut. Bersama dengan tunggakan pajak, jika ada.
  3. Info proses. Pada menu ini Anda dapat memperoleh sampai mana progress pembayaran pajak anda
  4. E-TBPKB. Fitur ini akan menunjukkan bukti pembayaran pajak yang telah anda lakukan melalui berbagai merchant yang bekerjasama dengan Samolnas
  5. e -Pengesahan STNK. Fitur Ini menunjukkan bukti pengesahan STNK pada pemilik kendaraan yang diberikan secara elektronik
  6. Pindah Bukti. Menu ini berguna jika Anda hendak memindahkan e-TBPKB dan e-Pengesahan STNK dari satu perangkat ke yang lainnya
  7. Pengaduan. Fitur yang paling menarik adalah adanya menu pengaduan di mana Anda bisa memberikan saran dan kritik atau kesulitan yang dihadapi ketika melakukan proses pembayaran pajak motor secara online
  8. Panduan. Fitur pada panduan akan membantu Anda untuk melakukan proses Pembayaran pajak secara online.

Hal-Hal yang Baru Tentang Pembayaran Pajak Motor Online

Beberapa hal yang Anda harus ketahui selama menggunakan Samolnas. Bisa jadi Tidak ditemukannya data kendaraan karena adanya beberapa masalah yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

  1. Anda hanya dapat membayarkan pajak melalui Sampolnas untuk perpanjangan STNK setahun. Catatannya adalah tidak boleh ada tidak ada keterlambatan pembayaran pajak lebih dari setahun. Jika ada maka mau tidak mau harus mengunjungi Samsat terdekat.
  2. Pembayaran pajak kendaraan bermotor serta SWDKLLJ dapat Anda lakukan 3 bulan sebelum jatuh tempo untuk menghindari keterlambatan yang mengakibatkan denda.
  3. Data kendaraan bermotor yang akan ditampilkan pada aplikasi tersebut akan sesuai dengan yang telah di input. Oleh karenanya, jika membeli motor second, maka segera ubahlah seluruh identitas pemilik kendaraan tersebut agar sesuai dengan surat identitas pribadi.
  4. Pastikanlah bahwa kendaraan yang akan anda bayar pajaknya tidak memiliki halangan dalam masalah pidana maupun perdata.  Sebab jika itu terjadi maka seluruh data kendaraan bermotor tersebut tidak akan terlihat karena terblokir. Untuk mengatasi hal tersebut segera kunjungi kantor Samsat terdekat.
  5. Jika Anda melihat bahwa seluruh identitas tersebut tidak sesuai dengan yang tertera di STNK maka Segera lakukan konfirmasi ke call center Samsat terdekat.  Sebab seluruh bukti fisiknya nanti akan dikirimkan ke alamat yang sudah didaftarkan. Sehingga menjadi sulit jika proses sudah dijalankan oleh sistem.
  6. Selanjutnya setelah menerima bukti fisik pengesahan berupa stiker, maka harus segera menempelkannya pada kolom pengesahan STNK. Sesuaikan dengan tahun pembayaran pajak tersebut.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Samolnas

Ada banyak keuntungan jika Anda menggunakan aplikasi samolnas untuk membayar pajak motor secara online.  Terlebih lagi di masa pandemi ini yang masih membutuhkan ketertiban dan taat pada protokol kesehatan.  Benefit itu antara lain adalah:

1. Menghemat waktu

Anda tidak perlu lagi mengunjungi kantor Samsat terdekat untuk membayar pajak yang umumnya membutuhkan waktu 1 sampai 2 jam.  Sehingga tidak perlu meluangkan waktu khusus atau mengajukan izin ke kantor.

2. Mudah untuk Mengaksesnya

Penggunaan Samolnas sangatlah mudah karena tinggal mendownloadnya saja pada Google Play Store ke smartphone yang berbasis Android.  Bahkan developernya merancang seluruh aplikasi tersebut termasuk user friendly sehingga amat mudah untuk dioperasikan.

Selain itu pula Anda dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja selama jaringan internet ada.  Juga  memiliki waktu selama 2 jam untuk melakukan pembayaran melalui berbagai macam merchant yang bekerjasama dengan Samolnas.

3. Bekerjasama dengan Banyak Merchant Pembayaran

Dengan membayar pajak menggunakan aplikasi online ini maka anda tidak perlu lagi membawa uang cash ketika akan membayarnya. Pasalnya, proses pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam ATM bank yang bekerjasama dengan Samolnas.

Anda dapat memanfaatkan ATM Mandiri BCA, BRI,  BNI, Permata Bank, serta CIMB Niaga. Diketahui bahwa seluruh mesin ATM bank tersebut amat mudah untuk ditemukan pada kantor cabangnya atau minimarket terdekat.  Bahkan Anda tidak perlu keluar rumah karena ada juga fasilitas pembayaran menggunakan marketplace.

Jika memiliki akun Tokopedia serta Bukalapak, maka di situ sudah tersedia fasilitas pembayaran pajak kendaraan bermotor.  Atau memanfaatkan aplikasi internet banking yang biasanya di fasilitasi oleh bank tersebut.  Sehingga waktu yang diberikan selama 2 jam cukup untuk memproses pembayarannya.

Dengan adanya cara bayar pajak motor secara online maka kini tak ada alasan bahwa Anda mengalami kesulitan untuk melakukannya. Segera bayar pajak tersebut Sebelum jatuh tempo untuk menghindari denda yang nilainya cukup.

Baca Juga: Cara Cek STNK Online Pada Smartphone Masing-masing

Intinya hindarilah anda melakukan keterlambatan dalam membayar pajak sepeda motor mu. Jika terlambat biasanya akan mendapatkan sanksi, yang berupa denda. Jika anda tidak ingin mendapat denda, maka jangan sampai terlambat membayar pajak motor.

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: yasin badarudin