Cara Edit Foto di Lightroom Ala Selebgram dengan Dark And Cool Vibe

Cara Edit Foto di Lightroom

Cara Edit Foto di Lightroom Ala Selebgram dengan Dark And Cool Vibe – Lightroom banyak menjadi pilihan orang sebagai aplikasi edit foto untuk menciptakan foto dengan efek yang keren. Bahkan banyak selebgram yang menggunakan aplikasi ini untuk foto-fotonya. Tidak heran jika banyak orang mencari cara edit foto di Lightroom ala selebgram. Salah satu keunggulan dari aplikasi Lightroom ini adalah menciptakan foto dengan kesan Dark dan Cool.

Dark and Cool vibe memang sering kali digunakan oleh para instagram untuk memberikan kesan lebih elegan pada foto. Karena vibenya yang misterius dan gelap, agar para pengguna sekalian bisa menciptakan foto keren seperti para selebgram dengan vibe dark and cool. Berikut ini adalah langkah-langkah editing dengan Lightroom:

Cara Edit Foto di Lightroom Ala Selebgram dengan Dark And Cool Vibe

1. Mengatur Cahaya Pada Foto

Menu pertama yang diedit untuk menciptakan kesan dark and cool pada foto adalah Cahaya atau Light jika Lightroom menggunakan pengaturan Bahasa Inggris. Pada kolom Cahaya atau Light ini akan ada banyak fitur lainnya seperti pencahayaan, kontras, highlight dan lain-lain. Namun untuk menciptakan kesan dark and cool vibe.

Hanya fitur eksposur atau pencahayaan saja yang perlu diedit sampai angka +0.20.Namun untuk foto yang backlight atau mungkin lebih terang pencahayaan. Bisa ditambahkan untuk mengurangi kesan kilap pada foto.

2. Atur Pewarnaan Pada Foto

Sama seperti pada fitur cahaya, pada menu Warna atau Color juga akan banyak fitur seperti vibrance atau saturasi dan temperatur atau suhu. Namun untuk menciptakan kesan dark and cool, pengguna hanya perlu fokus pada vibrance atau saturasi saja. Tidak ada angka yang tepat untuk menentukan saturasi ini. Namun, pastikan angka saturasi diturunkan sampai warna terkesan lebih gelap dari sebelumnya. Sebaiknya jangan diturunkan terlalu jauh hingga objek tidak kelihatan hal ini juga harus disesuaikan dengan posisi objek dalam foto, ya!

3. Memberikan Efek

Cara Edit Foto di Lightroom

cara edit foto di lightroom ala selebgram selanjutnya adalah mengatur bagian efek. Sama seperti menu sebelumnya, menu Efek atau Effect memiliki fitur-fitur di dalamnya seperti tekstur atau texture, kejernihan atau clarity, efek kabut atau dehaze, titik tengah, dan sebagainya.  Untuk menciptakan vibe dark and cool, pengguna tidak perlu mengedit semua fitur yang ada.

Pengguna hanya perlu memperhatikan fitur dehaze atau titik kabut, texture atau tekstur, dan kejernihan atau clarity saja. Sama seperti menu color atau warna tidak ada angka yang tepat untuk menu ini. Namun lebih baik angka di bawah naik dan disesuaikan dengan kondisi cahaya pada foto.

4. Cara Edit Foto di Lightroom, Beri Efek Dark dengan Split Tone

Menu selanjutnya adalah split tone yang bisa dibilang sebagai menu yang paling krusial untuk menciptakan efek darknya. Karena split tone ini yang bertanggung jawab untuk memberikan kesan gelap dengan menu Highlight dan Shadow atau bayangannya. Sesuaikan angka highlight dan shadow sampai ke tingkatan dark yang diinginkan oleh pengguna.

5. Menyelesaikan dengan Menu Detail

Menu terakhir dalam menciptakan vibe dark and cool adalah menu detail di mana di dalamnya ada fitur color noise reduction dan noise reduction. Fitur ini memiliki fungsi untuk membersihkan foto dari efek berlebihan dari editan yang sebelumnya dilakukan. Melalui fitur ini foto yang diedit bisa terlihat lebih bersih dan hasilnya menjadi lebih natural.

Itulah cara edit foto di lightroom ala selebgram untuk menciptakan kesan dark and cool. Cara ini sangat cocok untuk dilakukan pada foto-foto yang memang gelap dan terkesan kurang cahaya. Sekarang foto-foto orang biasa bisa terlihat sekeren foto postingan selebgram.

Baca Juga : Aplikasi Edit Foto Terbaik

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *