Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Android dengan Mudah

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Android dengan Mudah – Banyak pengguna android yang saat akan menjalankan aplikasi, tetapi aplikasi itu tak bisa diakses. Aplikasi tersebut tak mampu diakses karena beberapa penyebab lain yang memungkinkan aplikasinya eror. Berikut akan dijelaskan cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android dengan mudah:

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Android dengan Mudah

1. Force Close

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka

Langkah pertama yaitu dengan cara menutup paksa atau force close. Langkah ini akan membuat aplikasi yang sudah diunduh, kembali seperti saat pertama kali dipasang. Semua data kemungkinan dapat hilang, tetapi aplikasi tersebut masih terpasang dan tidak akan hilang. Jangan khawatir, karena dengan mencoba force close, bisa membantu mengakses aplikasi lagi dengan cepat.

2. Restart Perangkat

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka

Cara yang kedua adalah cobalah untuk menyalakan atau me-restart ulang perangkat gadget terlebih dahulu. Biasanya aplikasi yang tak dapat dibuka penyebabnya adalah memori RAM yang sudah penuh sehingga tak bisa membuka aplikasi tersebut. Selain itu penyebab lainnya juga mungkin dari sistem android itu sendiri yang tak dapat berjalan baik seperti biasanya.

Menyalakan kembali perangkat android bisa menjadi contoh solusi yang gampang dan sederhana. Apabila beberapa aplikasi di android tak mampu dibuka, mungkin cara ini adalah cara yang efektif dan sering dilakukan oleh banyak orang. Cobalah langkah ini sebagai cara mengatasi Apk yang tidak bisa dibuka di android.

3. Perbarui Aplikasi

Apabila beberapa aplikasi di handphone tidak mampu diakses, cobalah memperbarui versi dari aplikasinya. Memperbarui aplikasi ke versi yang terbaru, akan menjadikan aplikasi berjalan lebih optimal daripada versi sebelumnya. Hal ini dapat dilakukan melalui Playstore dimana tempat aplikasi yang tidak bisa dibuka itu dipasang.

Caranya, pertama bukalah Playstore di android. Kedua, klik simbol tiga garis di bagian atas, pilih dan klik Apps & Game. Selanjutnya, carilah aplikasi yang mengalami eror tersebut. Kemudian, klik update dan tunggulah hingga proses perbaruan selesai.

4. Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka, Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa DibukaMembersihkan Cache

Cache adalah dokumen sementara yang dihasilkan oleh sistem dan aplikasi yang ter-install di android. File cache berguna untuk mempermudah pengguna android supaya dapat mengakses aplikasi dengan mudah dan juga cepat. Hapuslah file cache sesekali guna menghindari terjadinya penumpukan file cache di memori handphone.

Membuang file cache bisa dilakukan dengan dua cara yaitu memakai aplikasi pembersih atau dari manajemen aplikasi. Biasanya file cache yang menumpuk terlalu banyak mampu menghambat aktivitas penggunaan handphone, contohnya yaitu saat membuka sebuah aplikasi, ternyata tidak bisa diakses. Membersihkan cache dapat menjadi salah satu solusi menyelesaikan masalah tersebut.

5. Menghapus Data Aplikasi

Cara berikutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan cara menghapus atau membuang data pada aplikasi. Aplikasi yang sering dijalankan biasanya dapat menghasilkan data-data yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi, dimana data tersebut biasanya berupa cache dan sampah. Untuk itu, cobalah menghapus atau membuang data-data itu karena dapat membuat memori handphone menjadi penuh.

Data-data aplikasi itu tidak akan mengganggu isi dari aplikasi, tetapi data-data itu hanya sisa-sisa atau sampah dari aplikasi yang telah dijalankan. Penghapusan data bisa dilakukan dengan menggunakan cleaner atau melalui pengaturan dari handphone. Dengan begitu, dapat mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka menjadi dapat dijalankan secara normal kembali.

Itu dia beberapa cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android. Cobalah beberapa cara yang disebutkan diatas sehingga aplikasi bisa dijalankan lagi dengan baik. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengecek file-file yang tidak penting yang dapat menyebabkan terhambatnya aktivitas menjalankan aplikasi di handphone.

Baca Juga : Cara Menggandakan Aplikasi Di Samsung Secara Mudah Dan Simpel

5/5 - (2481 votes)

You May Also Like

About the Author: Marno22

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *